Apa itu PC di WA dan Singkatan Lainnya yang Biasa Digunakan di Aplikasi Chat

Oleh Husnul Abdi pada 18 Sep 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 18 Sep 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp, chat WA
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp, chat WA. (Photo by syifa5610 on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Apa itu PC di WA mungkin masih menjadi pertanyaan bagi beberapa orang. Penggunaan berbagai istilah di aplikasi chat memang terkadang membuat bingung banyak orang. Namun, setelah sering kali menggunakannya kamu akan terbiasa.

Bahkan, istilah-istilah tersebut sudah dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang yang kerap bersentuhan dengan aplikasi chat ini tentunya sudah tidak asing lagi. Apalagi sekarang ini istilah atau singkatan tersebut digunakan anak muda. 

Apa itu PC di WhatsApp juga digunakan pada aplikasi chat ataupun media komunikasi lainnya. Banyak orang sekarang menggunakan istilah-istilah ini karena penggunaannya yang praktis. Hal ini disebabkan karena istilah tersebut disingkat.

Walaupun disingkat orang-orang tetap memahaminya karena sudah cukup universal digunakan. Kamu tentunya juga sudah sering mendegar istilah lainnya, seperti VC, VN, PM, dan lain sebagainya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/9/2021) tentang Apa itu PC.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Singkatan yang Biasa Digunakan di Aplikasi Chat dan Media Sosial

[Fimela] Chatting
Perbesar
Ilustrasi chat | unsplash.com/@priscilladupreez

Apa itu PC

Apa itu PC di WA atau WhatsApp sudah menjadi istilah yang umum digunakan. Sebagai salah satu aplikasi chat yang populer digunakan, WhatsApp memiliki berbagai fitur yang ditawarkannya. Ada penggunaan istilah tertentu untuk menunjukkan fitur dan kegiatan yang akan dilakukan pada aplikasi chat tersebut.

Apa itu PC merupakan salah satu istilah yang sering digunakan. Jadi apa itu PC? PC adalah singkatan dari Personal Chat.  Apa itu PC lebih sering digunakan secara umum, yaitu saat seseorang ingin mengirimkan chat personal ke salah satu penguna WA lainnya.

Contoh kalimat apa itu PC adalah sebagai berikut:

- “Kalau ada masalah langsung PC aja ke aku ya, jangan di grup.”

- “Bagi yang belum mengumpulkan PR Matematika, PC ketua kelas terlebih dahulu!”

 

PM

Apa itu PC merupakan istilah yang digunakan agar seseorang langsung mengirimkan chat secara personal ke orang lain. Hal ini berbeda dengan PM. PM adalah singkatan dari Personal Message. Berbeda dengan apa itu PC, PM biasanya digunakan dalam kontek jual beli secara online.

Contohnya, saat kamu mempromosikan produk di Story WhatsApp, lalu menuliskan caption “yang minat silakan PM ya”. Penggunaan istilah PM tersebut dimaksudkan agar orang lain yang melihat dan berminat membeli, bisa menghubunginya secara langsung melalui pesan personal. Di beberapa aplikasi lainnya PM juga umum digunakan untuk mempromosikan bisnis melalui media sosial.

 

Japri

Selain PC dan PM, kamu mungkin juga sering mendengar istilah japri. Sama dengan kedua istilah sebelumnya, japri juga merupakan singkatan yang sering digunakan saat chatting maupun berkomunikasi di media sosial. Japri adalah singkatan dari jalur pribadi. Biasanya kata japri digunakan seseorang saat saling berkirim pesan secara pribadi, SMS, WhatsApp dan pesan obrolan di media sosial lainnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Singkatan yang Biasa Digunakan di Aplikasi Chat dan Media Sosial

VC

VC di WhatsApp juga sering digunakan. VC adalah singkatan dari Video Call. Istilah ini mungkin sudah tidak asing bagi pengguna WhatsApp maupun orang-orang yang aktif di media sosial. Istilah ini biasanya digunakan saa seseorang ingin mengajak orang lainnya untuk melakukan Video Call.

Contoh kalimatnya bisa seperti ini “VC yuk guys, pengen cerita”. Video Call bisa dilakukan dengan satu orang maupun bersama-sama hingga delapan orang dalam satu sesi. Selain Video Call, VC juga bisa dikenal sebagai singkatan dari Voice Call atau panggilan telepon. Jadi, kamu bisa memahaminya esuai konteks saat percakapan.

 

VN

VN menrupakan salah satu istilah yang juga sering digunakan saat menggunakan aplikasi chat WhatsApp. VN adalah singkatan dari Voice Note. Istilah ini dipakai jika seseorang ingin mengirim pesan suara melalui chat pribadi atau grup.

Pengguna yang ingin mengirimkan pesan suara, biasanya mengatakan "lagi males ngetik nih, aku balesnya VN aja ya". Penggunaan VN ini memang sangat bermanfaat saat kamu sedang malas mengetik di touchpad. Untuk mengirim pesan suara (VN), kamu hanya perlu menahan ikon mikrofon (berwarna hijau) yang berada di pojok kanan bawah kolom chat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Singkatan yang Biasa Digunakan di Aplikasi Chat dan Media Sosial

[Fimela] WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

P

Istilah P ini merupakan singkatan dari Ping yang dulunya sering dipakai pengguna BBM (BlackBerry Messenger). Penggunaan P atau Ping ini biasanya dipakai untuk menyapa orang lain atau memulai chat. Biasanya, saat seseorang menuliskan P terlebih dahulu pada kolom chat, hal ini berarti ada suatu hal yang urgent, atau harus segera dibaca. Namun di sisi lain, banyak juga yang menganggap bahwa mengetikkan huruf "P" yang digunakan untuk memanggil seseorang di kolom chat tidak sopan dan cenderung spam.

TC

Salah satu istilah yang digunakan di aplikasi chat yang juga cukup sering dipakai adalah TC. TC adalah singkatan dari Test Contact atau Test Chat. Pengunaannya dimaksudkan untuk memastikan kontak yang bersangkutan aktif atau sedang online atau tidak. Jika pengguna sedang dalam kondisi aktif, artinya pesan "TC" tersebut akan menunjukkan tanda centang 2 alias terkirim. Sebaliknya, jika kontak yang dihubungi sedang tidak aktif, maka pesan tersebut hanya akan menampilkan centang 1 saja.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya