Sukses

12 Manfaat Oatmeal untuk Wajah, Cocok Dijadikan Masker

Liputan6.com, Jakarta Oatmeal adalah jenis biji-bijian yang terbuat dari air dan susu. Oat (Avena Sativa) populer sebagai bahan makanan yang bebas gluten, kayak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Tak hanya baik bagi kesehatan, karena ada segudang manfaat oatmeal untuk wajah bila dijadikan masker. 

Dalam Journal of Drugs in Dermatology, hasil penelitian menunjukkan manfaat oatmeal untuk wajah sudah lama dipercaya dan digunakan. Oatmeal telah digunakan selama berabad-abad sebagai agen penenang untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi yang berkaitan dengan berbagai dermatosis xerotik.

Apa saja manfaat oatmeal untuk wajah? Manfaat oatmeal untuk wajah adalah mampu menjaga kelembapan, mencerahkan, melindungi dari UV, mengatasi jerawat, iritasi, alergi, hingga mencegah pigmentasi kulit wajah secara alami.

Berikut Liputan6.com ulas berbagai manfaat oatmeal untuk wajah dan cara membuat maskernya dari berbagai sumber, Jumat (17/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Wajah

1. Melembapkan Wajah

Manfaat oatmeal untuk wajah adalah mampu menjaga kelembapan kulit. Beta-glukan yang dikandungnya membentuk lapisan halus pada kulit, ini membuat manfaat oatmeal untuk wajah dapat diandalkan. Oat bisa menembus jauh ke dalam kulit dan menawarkan kelembapan yang sangat dibutuhkan kulit.

2. Mencerahkan Wajah

Oatmeal memiliki asam amino di dalamnya, yang dapat meringankan bekas luka, perubahan warna kulit, dan flek hitam. Vitamin E dalam oat juga membantu memperbaiki perubahan warna kulit, membuat kulit menjadi lembab, dan bercahaya. Manfaat oatmeal untuk wajah membantu memberikan warna kulit yang merata dengan mengelupas sel kulit mati dan kotoran yang terperangkap.

3. Melindungi dari UV

Protein dalam oatmeal menjaga pelindung alami kulit. Ini membuat manfaat oatmeal untuk wajah mampu melindungi kulit dari polutan keras dan bahan kimia. Lemak pelumas dalam bantuan gandum dalam perlindungan UV. Oatmeal yang mengandung asam amino membuat manfaat oatmeal untuk wajah ini dapat memperkuat lapisan permukaan kulit sehingga tidak mudah teriritasi radikal bebas termasuk sinar matahari.

4. Mengatasi Jerawat

Manfaat oatmeal untuk wajah dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan membantu mengatasi jerawat. Oatmeal juga mengandung seng yang mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Manfaat oatmeal untuk wajah bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Manfaat oatmeal untuk wajah juga bisa mengurangi bintik-bintik dan melembutkan kulit.

5. Melindungi dari Iritasi

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Manfaat oatmeal untuk wajah ini dapat membantu mengobati gatal yang terkait dengan kulit kering dan teriritasi. PH ringan oatmeal dapat membantu mendinginkan kulit yang meradang karena iritasi.

6. Membersihkan Sel Kulit Mati

Manfaat oatmeal untuk wajah dapat bertindak sebagai pembersih alami. Oat mengandung senyawa yang disebut saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami dan menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Manfaat oatmeal untuk wajah adalah bisa membantu menghilangkan sel kulit mati tertua di permukaan terluar kulit, dan membuat kulit segar, bercahaya dan awet muda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Wajah

7. Menghilangkan Komedo

Sifat pembersihnya tak hanya mampu mengangkat sel kulit mati. Manfaat oatmeal untuk wajah bisa membuat menghilangkan komedo. Manfaat masker oatmeal mengangkat komedo dan membersihkan kulit secara menyeluruh. Manfaat oatmeal untuk wajah membantu mengurai pori-pori dan membuat kulit halus dan bersih.

8. Mencegah Pigmentasi

Nutrisi yang ada pada oatmeal dapat memudarkan pigmentasi kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Kulit sensitif yang semula kusam dan cenderung gelap, dengan manfaat oatmeal untuk wajah bisa diatasi dengan menggunakan perawatan untuk mengembalikannya menjadi lebih cerah dan muda. Memudarnya pigmentasi termasuk flek hitam tersebut, tidak memengaruhi kesehatan kulit sensitif dan kondisinya tetap sehat.

9. Menyeimbangkan PH

Manfaat oatmeal untuk wajah bisa menyimbangkan PH kulit wajah. Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan karena pH yang tinggi. Oatmeal diyakini bisa membantu menormalkan kembali pH kulit dan meredakan rasa gatal serta tak nyaman yang disebabkannya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat oatmeal untuk wajah adalah menjaga keseimbangan kulit. Kandungan oatmeal bisa bertindak sebagai buffering agent yang membantu kulit mempertahankan pH normal.

10. Mengatasi Ruam

Manfaat oatmeal untuk wajah adalah menyamankan kulit yang infeksi terutama di area wajah. Oatmeal memiliki khasiat antivirus dan bisa digunakan untuk membantu perawatan ruam kulit karena molluscum contagiosum (infeksi lapisan kulit luar). Oatmeal yang ditumbuk hingga halus dan direndam air hangat sampai mengeluarkan sarinya bisa digunakan untuk tujuan ini.

11. Meredakan Alergi

Manfaat oatmeal untuk wajah tak hanya meredakan iritasi, tetapi juga bisa menyamankan kulit yang terkena reaksi alergi. Kandungan di dalam oatmeal bisa membantu mengurangi laju pelepasan histamin dalam mastosit (sel mast) yang terdapat pada reaksi alergi.

12. Melawan Radikal Bebas

Oatmeal yang mengandung asam amino dapat memperkuat lapisan permukaan kulit sehingga tidak mudah teriritasi radikal bebas termasuk sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut, manfaat oatmeal untuk wajah bisa dijadikan krim malam. Ini bisa merangsang regenerasi sel agar kulit yang teriritasi tergantikan dengan sel kulit yang baru.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Wajah dari Oatmeal

1. Masker Oatmeal dan Kunyit

Kunyit terbukti mampu melawan jerawat dan bekasnya, mencerahkan, dan mengatasi masalah kulit lainnya. Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Campur 2 sendok makan oatmeal, 1 rimpang kunyit yang sudah diparut, dan air mawar. Campur semua bahan menjadi satu untuk mendapatkan pasta kasar. Oleskan ini pada wajah dan gosok dengan gerakan memutar lembut selama satu atau dua menit. Biarkan masker bertahan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Masker Oatmeal dan Yogurt

Tekstur lembut yogurt dianggap membantu mengunci kelembapan di kulit. Ketika yogurt dioleskan, nutrisi pada yogurt meningkatkan kadar air pada kulit. Ini membuat kulit lebih elastis dan meningkatkan kecerahan. Asam laktat yang ada dalam yogurt menghambat produksi enzim yang disebut tirosinase. Enzim ini bertanggung jawab untuk produksi melanin. Melanin menyebabkan warna kulit menjadi gelap.

Campurkan 1 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan oatmeal dalam mangkuk kecil dan aduk menjadi satu. Berikan beberapa tetes madu lalu aduk hingga larut. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Masker Oatmeal dan Lemon

Kandungan vitamin C pada buah lemon bisa membantu proses pencerahan kulit. Vitamin C bekerja untuk mengurangi produksi melanin. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk membuat area hiperpigmentasi menjadi lebih gelap. Vitamin C pada buah lemon ini dapat membantu memudarkan pigmentasi serta menghaluskan permukaan kulit dan mengurangi kekusaman. Masker wajah ini cocok untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan air dari setengah buah lemon. Tambahkan minyak zaitun secukupnya sehingga membentuk pasta yang lembab. Oleskan masker oatmealke kulit dengan menghindari area mata dan bibir. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Masker Oatmeal dan Susu

Susu mengandung vitamin yang dapat menutrisi kulit sehingga menghasilkan kulit tampak cerah bercahaya. Aplikasi susu ke kulit dapat menghambat pigmentasi kulit sehingga kulit tampak cerah dan jauh dari kusam. Susu juga membuat kulit bersih dari minyak dan kotoran. Kombinasi oatmeal dan susu juga mampu memerangi jerawat.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, masak oatmeal di dalam air. Untuk kulit kering dan normal, susu paling baik digunakan untuk memasak oatmeal. Saat oat matang dinginkan hingga sedikit hangat. Lalu tempelkan pada wajah seperti menggunakan masker. Biarkan selama sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air hangat lalu.

5. Masker Oatmeal dan Tomat

Tomat memiliki manfaat baik untuk wajah. Vitamin C dalam tomat dapat membantu merangsang produksi kolagen. Jika diaplikasikan secara topikal, vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Enzim dalam tomat juga dapat menawarkan manfaat exfoliasi kulit ketika diterapkan pada kulit. Efek ini mampu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Haluskan 1 tomat kecil hingga membentuk pasta halus. Tambahkan 2 sendok makan oatmeal. Aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan di pasta. Oleskan masker ke wajah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.