10 Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan, Kuatkan Tulang

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 17 Sep 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2021, 09:00 WIB
Bulan Ramadhan, Kolang-Kaling Mulai Diburu
Perbesar
Pedagang menyortir kolang-kaling untuk dijual di kawasan Tanah Abang (13/4/2021). Selama Ramadan buah kolang-kaling selalu diburu oleh masyarakat. Tak heran jika pedagang musiman selalu bermunculan saat bulan suci tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kolang-kaling bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Kolang-kaling merupakan tambahan umum untuk beragam makanan dan minuman seperti es buah, kolak, es campur, es teler, dan banyak lagi. Bukan sekadar pelengkap isi makanan dan minuman penutup, manfaat kolang-kaling ternyata juga baik untuk kesehatan.

Kolang-kaling terbuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata). Biasanya pembuat kolang kaling akan membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam dan kemudian direndam air kapur selama beberapa hari. Hasilnya, biji aren ini akan berubah menjadi bentuk lonjong, putih transparan, dan licin.

Manfaat kolang-kaling hadir berkat kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Kamu bisa mendapatkan manfaat kolang-kaling dengan mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi berbagai makanan atau minuman. Salah satu manfaat kolang-kaling yang cukup terkenal adalah kemampuannya menguatkan tulang.

Manfaat kolang-kaling ini bisa memberi manfaat jangka panjang bagi kesehatan. Berikut manfaat kolang-kaling, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (17/9/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat kolang-kaling

ilustrasi tulang sehat/pexels
Perbesar
ilustrasi tulang sehat/pexels

Sehatkan tulang

Manfaat kolang-kaling dikenal untuk menguatkan tulang. Kolang kaling memiliki kandungan kalsium yang tak jauh beda dengan susu. 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan 100 gr kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Selain itu, kolang kaling juga memiliki kandungan fosfor yang juga sangat baik untuk tulang. Dalam 100 gram kolang-kaling, kamu bisa mendapatkan 243 fosfor untuk kesehatan tulang.

Cegah osteoporosis

Manfaat kolang-kaling untuk menguatkan tulang akan menghindari tulang terkena osteoporosis. Kolang kaling memiliki 91 kalsium dan 243 fosfor per 100 gram di dalamnya. Kandungan fosfor dan kalsium pada kolang kaling mampu menjaga kesehatan dan tulang menjadi lebih kuat. Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun yang membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat kolang-kaling

sendi nyeri
Perbesar
Ilustrasi sendi nyeri (Sumber: Pixabay)

Atasi radang sendi

Manfaat kolang-kaling selanjutnya adalah mengurangi sakit akibat radang sendi. Sifat antianalgesik pada kolang kaling bisa menjadi opsi obat meredakan penyakit radang sendi. Kandungan galaktomannan dalam kolang kaling bermanfaat mengurasi rasa sakit pada radang sendi. Penyakit radang sendi menyebabkan gejala sakit pada sendi dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lancakan pencernaan

Kolang kaling mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram kolang-kaling terdapat sekitar 1,6 gram serat kasar atau serat tidak larut. Manfaat kolang-kaling tentunya mampu melancarkan pencernaan. Serat tidak larut tidak bisa larut di dalam cairan. Jenis serat ini mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses, sehingga serat yang tidak larut air bermanfaat untuk penderita sembelit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat kolang-kaling

Dengan teksturnya yang kenyal, buah kolang-kaling kerap menajdi primadona saat momen ramadan tiba.
Perbesar
Dengan teksturnya yang kenyal, buah kolang-kaling kerap menajdi primadona saat momen ramadan tiba. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Hidrasi tubuh

Kolang-kaling termasuk buah yang kaya air. Manfaat kolang-kaling ini bisa membantu menambah cairan tubuh. Buah ini dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang. Kolang-kaling juga bisa membantu meredakan panas dalam tubuh. Belum lagi kandungan vitamin dan berbagai mineral di dalamnya yang menjadikan buah satu ini mampu membantu mencegah dehidrasi.

Sehatkan kulit

Manfaat kolang-kaling ternyata juga baik untuk kecantikan kulit. Saat panas menyengat, kolang-kaling sangat baik untuk kulit. Kandungan airnya yang banyak dalam membuat badan menjadi dingin. Kulit yang kering pun dapat terbantu. Sifat anti inflamasi yang terkandung juga dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit yang terbakar matahari. Manfaat kolang-kaling angat baik untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

Bahkan, secara lebih spesifik buah aren sangat kaya akan kandungan senyawa galactomannan, yaitu sejenis gula polisakarida yang dipercaya memiliki khasiat antipenuaan. Dengan begitu, manfaat kolang-kaling bagi kulit juga bisa mencegah penuaan dini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat kolang-kaling

Berburu Kolang-kaling untuk Sajian Buka Puasa Saat Ramadan
Perbesar
Pedagang menunjukkan kolang-kaling di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Memasuki bulan suci Ramadan, pedagang kolang-kaling kebanjiran pembeli. (merdeka.com/Imam Buhori)

Cegah anemia

Manfaat kolang-kaling juga mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia. Zat besi dapat memberikan manfaat untuk tubuh seperti oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida ke luar dari darah, serta untuk mengatasi rasa lelah dan anemia defisiensi zat besi. Kekurangan zat besi termasuk faktor utama anemia.

Kaya nutrisi

Kolang-kaling mengandung kadar air yang sangat tinggi mencapai 93,8% setiap 100 gr. Buah ini mengandung protein, karbohidrat, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan antiinflamasi. Manfaat kolang-kaling ini juga kaya akan vitamin B dan C.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat kolang-kaling

Bulan Ramadhan, Kolang-Kaling Mulai Diburu
Perbesar
Pedagang menyortir kolang-kaling untuk dijual di kawasan Tanah Abang (13/4/2021). Selama Ramadan buah kolang-kaling selalu diburu oleh masyarakat. Tak heran jika pedagang musiman selalu bermunculan saat bulan suci tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anti penuaan

Manfaat kolang-kaling dipercaya mampu mencegah penuaan karena memiliki sifat antiaging. Menurut jurnal Pharmacognosy Research, kandungan galactomannan dalam kolang kaling membantu proses penghambatan tirosinase lebih dari 50 persen. Kandungan tirosinase dalam kolang kaling berguna memberikan pigmen berwarna pada kulit. Sifat antiaging pada kolang kaling membantu melawan radikal bebas pemicu penuaan dini.

Jaga kekebalan tubuh

Kolang kaling kaya akan berbagai macam nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti zat nesi, zink, kalium, dan kalsium ada dalam kolang kaling. Kandungan yang ada di dalam kolang kaling bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh. Manfaat kolang-kaling ini juga didapat dari kandungan vitamin C-nya yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya