Sukses

10 Cara Mengempeskan Jerawat Secara Alami, Aman dan Ampuh Banget

Jerawat memang merupakan sebuah masalah yang sering dianggap menjengkelkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengampeskan jerawat dengan bahan alami sangat penting untuk diketahui oleh para wanita, apalagi yang memiliki kulit wajah yang sensitif.  Jerawat memang merupakan sebuah masalah yang sering dianggap menjengkelkan.

Jerawat dapat muncul dan pergi begitu saja tanpa dapat diprediksi. Meskipun ukurannya kecil, namun bagi sebagian orang ini dapat membuat rasa percaya diri menurun, sehingga berpengaruh dalam kegiatan sehari-harinya. Tak jarang orang akan melakukan banyak cara untuk menghilangkan jerawat tersebut.

Tetapi tidak semua orang memiliki kulit wajah yang sama, ada yang sangat sensitif terhadap bahan kimia yang sering digunakan klinik kecantikan untuk mengempeskan atau menghilangkan jerawat tersebut. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit sensitif, mungkin bisa menggunakan bahan alami ini untuk mengempeskan jerawat.

Berikut ini ada beberapa cara mengampeskan jerawat yang membandel dengan bahan alami yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (10/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bilas dengan Air Lemon dan Kompres dengan Es Batu

1. Membilas Jerawat dengan Air Lemon

Air lemon ternyata dapat membantu Anda untuk mengempeskan jerawat membandel. Ketika Anda membersihkan wajah, lakukan dengan menggunakan air lemon ini. Perasan air lemon dipercaya dapat mengurangi minyak di wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara rutin, maka akan membantu mengempeskan jerawat Anda secara alami.

2. Kompres Jerawat dengan Es Batu

Bagi Anda yang memiliki jerawat, sekali lagi mengingatkan agar tidak memencetnya, karena akan membuat tingkat peradangannya meningkat. Daripada Anda memencetnya, cara mengempeskan jerawat secara alami menggunakan es batu dalam kain bersih dapat dilakukan. Es batu ini akan membantu Anda untuk mengecilkan pori-pori dan menyerap minyak berlebih di wajah Anda.

3 dari 6 halaman

Gunakan Bubuk Kayu Manis dan Madu serta Toner Cuka Apel

3. Bubuk Kayu Manis dan Madu

Cara mengempeskan jerawat secara alami juga bisa dilakukan dengan membuat ramuan obat dari bubuk kayu manis dan juga madu. Caranya adalah dengan mencampur bubuk kayu manis dengan madu secukupnya. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Ramuan ini dapat membantu Anda mengatasi radang di jerawat dan mampu mengempeskan jerawat. Anda bisa membilasnya di esok hari.

4. Toner Cuka Apel

Untuk mengempeskan jerawat, Anda bisa gunakan cuka apel sebagai obatnya. Cuka apel yang bisa Anda pakai adalah cuka apel yang sudah diencerkan dan menjadi toner. Toner cuka apel memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat dibanding cuka apel itu sendiri. Kandungan asam malat dan ACA (Alpha Hydroxy Acid) berguna menjadi anti-bakteri dan dapat membantu dalam menghilangkan bintik-bintik hitam mengganggu pada wajah Anda.

4 dari 6 halaman

Gunakan Bawang Putih dan Pasta Gigi

5. Bawang Putih

Begitu banyak manfaat bawang putih yang ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, salah satunya adalah dapat mengempeskan jerawat di wajah Anda. Bawang putih memiliki kandungan anti-virus, anti-septik, anti-jamur dan antioksidan yang sangat mujarab dalam mengatasi banyak masalah kesehatan. Sulfur yang terkandung di dalamnya dapat membantu menyembuhkan jerawat dengan cepat. Cara menggunakannya adalah dengan membelah 1 siung bawah putih menjadi dua bagian dan tempelkan pada jerawat Anda, lalu diamkan selama lima menit, lakukan cara ini setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

6. Pasta Gigi

Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi, pasta gigi memiliki sisi lain, yaitu manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasta gigi ternyata juga dapat digunakan untuk kesehatan kulit dan kecantikan, dalam hal ini adalah mengempeskan jerawat membandel. Namun, jangan gunakan pasta gigi dengan kandungan flouride dan mentol karena dua bahan itu mampu membuat kulit iritasi dan menyebabkan jerawat sering muncul dengan jumlah lebih banyak. Anda bisa melakukan cara ini dengan langsung mengoleskannya ke bagian jerawat ketika akan tidur di malam hari. Di pagi hari baru Anda dapat membilasnya dengan air bersih.

5 dari 6 halaman

Oleskan Tea Tree Oil dan Teh Hijau

7. Oleskan Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diperoleh dari hasil esktraksi daun teh (Melaleuca). Tea tree oil sudah dikenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree oil 5 persen ke kulit secara efektif dapat mengurangi jerawat. Bila dibandingkan dengan 5 persen benzoil peroksida, minyak pohon teh 5 persen memang tidak bekerja dengan cepat, tetapi dapat secara signifikan mengempeskan jerawat.Tea tree oil juga memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan benzoil peroksida, yang dapat menimbulkan kekeringan, iritasi dan terbakar. Berikut cara mengempeskan jerawat dengan tea tree oil, diantaranya:

a. Campurkan 1 sendok minyak pohon teh dengan 9 sendok air.

b. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang mengalami jerawat.

c. Oleskan pelembab jika diinginkan.

d. Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan

8. Oleskan Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan. Memang belum ada penelitian yang mengungkap manfaat dari minum teh hijau ketika timbul jerawat, tetapi menerapkannya langsung ke kulit telah terbukti bisa membantu. Hal ini terjadi kemungkinan karena flavonoid dan tanin dalam teh hijau diketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat. Antioksidan utama dalam teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG) telah terbukti bisa mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada individu dengan kulit yang cenderung berjerawat.Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau 2-3 persen pada kulit secara signifikan bisa mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat. Berikut cara mengempeskan jerawat dengan teh hijau, diantaranya:

a. Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.

b. Biarkan teh menjadi dingin.

c. Menggunakan bola kapas, oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan.

d. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan.

e. Anda juga bisa menambahkan sisa daun teh ke madu dan membuat masker.

 

6 dari 6 halaman

Oleskan Lidah Buaya dan Gunakan Masker Mentimun

9. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel lidah buaya selama ini sering ditambahkan ke lotion, krim, salep dan sabun. Krim ini biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Ketika diterapkan pada kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan melawan peradangan.Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur, yang keduanya digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan asam salisilat ke kulit dapat secara signifikan mengempeskan jerawat. Begitu juga dengan penerapan sulfur, telah terbukti dapat menjadi pengobatan jerawat yang efektif. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk mengempeskan jerawat, diantarnya:

a. Kerok gel lidah buaya dengan sendok.

b. Oleskan gel secara langsung untuk membersihkan kulit sebagai pelembab.

c. Ulangi 1–2 kali per hari, atau sesuai keinginan.

Anda juga bisa membeli gel lidah buaya dari toko, tetapi pastikan itu adalah lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

10. Masker Mentimun

Mentimun terbukti memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi. Itu sebabnya banyak orang telah menggunakan irisan mentimun untuk memerangi mata bengkak. Mentimun juga dapat bekerja dengan baik untuk memerangi jerawat dan akan membantu mengurangi kemerahan. Berikut cara mengempeskan jerawat dengan mentimun, diantaranya:

a. Kupas setengah mentimun dan potong-potong kecil.

b. Blender mentimun.

c. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya segar.

d. Tambahkan 1/2 sendok teh sari lemon segar.

e. Oleskan campuran tersebut pada kulit Anda dan biarkan selama 10-15 menit.

f. Bilas dengan air hangat 14.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini