Sukses

Cara Membuat Makalah Kuliah di Microsoft Word, Mudah dengan Hasil Sempurna

Begini trik cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word paling mudah!

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat makalah kuliah paling mudah adalah menggunakan software Microsoft Word. Software pengolah kata ini ahlinya membuat dokumen seperti tugas kuliah, tak hanya di perangkat komputer karena sekarang tersedia di ponsel pintar juga. 

Dalam proses pembuatan makalah tugas kuliah di Microsoft Word, tetap memperhatikan struktur umum makalah. Mulailah dari pendahuluan, isi, dan penutup. Jangan asal menulis makalah, ya! Perhatikan huruf besar, kecil, penomoran, dan letak tanda baca yang benar, ini bagian dari kesempurnaa makalah tugas kuliah.

Penyelesaian dari cara membuat makalah kuliah adalah menentukan tema dan rumusan masalah. Tindaklanjut cara membuat makalah kuliah setelahnya, cari jawaban dari rumusan masalah yang sudah dibuat. Sebelum bagian penutup, kunci cara membuat makalah kuliah yang sempurna adalah tetap mengonsultasikannya dengan dosen pembimbing.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word dari berbagai sumber, Kamis (9/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Struktur Cara Membuat Makalah Kuliah

1. Judul/sampul

Sampul sebuah makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Struktur cara membuat makalah kuliah bagian nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat serta tanpa disematkan gelar.

2. Abstrak

Abstrak ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Struktur cara membuat makalah kuliah ini dapat berisi ringkasan atau bahasan inti dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, dan sedikit rangkuman dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Daftar Isi

Daftar isi harus memuat informasi menganai halaman dari isi makalah. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman. Struktur cara membuat makalah kuliah tersebut ada agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang ingin dibaca. Selain itu, jika pada makalah terdapat gambar atau tabel, pada daftar isi perlu dimuat daftar gambar dan daftar tabel.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar struktur cara membuat makalah kuliah mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

4. Pendahuluan

Pendahuluan adalah pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah, disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan struktur cara membuat makalah kuliah dapat dijelaskan secara umum dan singkat namun tujuan dan makna yang disampaikan jelas.

5. Latar Belakang

Latar belakang menjelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta di analisa dalam makalah. Latar belakang struktur cara membuat makalah kuliah dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti.

6. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berisi pokok masalah yang ditemukan. Rumusan masalah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang diteliti. Rumusan masalah struktur cara membuat makalah kuliah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya.

7. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal.

8. Isi

Isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan. Data struktur cara membuat makalah kuliah yang diperoleh dapat merupakan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran.

9. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan struktur cara membuat makalah kuliah juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

10. Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Saran struktur cara membuat makalah kuliah berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.

11. Penutup

Penutup berisi harapan penulis kepada pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusi nya untuk menyelesaikan makalah penelitian. Pada bagian penutup struktur cara membuat makalah kuliah perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

12. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku. Penulisan daftar pustaka struktur cara membuat makalah kuliah harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Makalah Kuliah di Microsoft Word

Cara Membuat Makalah Kuliah di Microsoft Word Pertama

Cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word bisa mulai dari bagian sampul dan halaman pengantar seperti kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, dan lain sebagainya. Untuk mengatur nomor halaman tersebut, ini cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word:

1. Klik Insert

2. Page Number

3. Bottom of Page

4. Lalu pilih mana letak nomor yang diinginkan

Untuk menghilangkan nomor halaman pada sampul. Cukup mudah, ini cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word bagian pertama:

1. Klik Insert

2. Header

3. Edit Header

Cara Membuat Makalah Kuliah di Microsoft Word Kedua

Apabila desain dasar pembuatan makalah kuliah sudah dipahami, selanjutnya inti dari cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word. Saat pertama kali membuka software pengolah kata ini, akan langsung ditampilkan halaman kosong berwarna putih.

Arahkan kursor untuk menulis, langsung mulailah cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word dengan urutan struktur makalah kuliah yang benar. Aturlah huruf besar, kecil, dan tanda baca yang sesuai, jangan asal-asalan menulis. Rapikan bagian-bagian penomorannya juga.

Apabila cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word dirasa sudah selesai, langsung simpan dengan klik file dan pilih save atau save as. Bisa simpan dengan format Microsoft Word agar bisa diperbaiki lagi dan bisa simpan dengan format PDF agar saat dibuka di perangkat lain file makalah kuliah tidak berantakan.

Cara Membuat Makalah Kuliah di Microsoft Word Ketiga

Ditujukan untuk mengatur halaman pada isi konten yang terdiri dari beberapa bab. Pada cara membuat halaman di Microsoft Word ini, format nomor halaman yang digunakan berbeda dari sebelumnya.

Apabila sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, untuk cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word ini akan menggunakan penomoran numerik biasa.

Secara umum, pemberian nomor halaman pada isi konten pembagiannya cukup berbeda. Sebagai contoh, pada “Judul Bab” posisinya akan diletakkan pada bagian tengah bawah, lalu isi bab akan diletakkan pada bagian kanan atas.

Cara membuat makalah kuliah di Microsoft Word bagian halaman:

1. Buat “Section” baru. Jika tidak membuat “Section” baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut berubah.

2. Klik halaman judul bab pertama, kemudian Klik Page Layout > Breaks > Continous.

3. Selanjutnya, sangat diperlukan menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya, tujuannya agar halaman menjadi berbeda. Klik Insert > Header > Edit Header

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Makalah Kuliah Selanjutnya

1. Tentukan Judul dan Buat Sampul

Cara membuat makalah kuliah bisa di mulai dengan menentukan judul atau tema yang akan diteliti. Bila masih bingung, tanyakan kepada guru atau dosen pembimbing yang memberikan tugas agar diberi rekomendasi. Jika perlu, cara membuat makalah tugas kuliah bisa dengan analisis dari berbagai buku referensi sesuai tema yang berkaitan.

Sampul cara membuat makalah tugas kuliah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Cara membuat makalah tugas kuliah untuk nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat serta tanpa disematkan gelar.

Cara membuat makalah tugas kuliah dicantumkan pula nama instansi atau lembaga tempat penulis bekerja atau menempuh jenjang studi (universitas). Lalu cara membuat makalah tugas kuliah perlu untuk mencantumkan tahun selesainya penelitian dan penulisan dari makalah tersebut. Terakhir, judul harus jelas, singkat, informatif, serta dapat menjelaskan isi dari penelitian dalam makalah tersebut.

2. Buat Daftar Isi dan Kata Pengantar

Cara membuat makalah kuliah bagian daftar isi dan kata pengantar sebenarnya bisa dilakukan di bagian akhir. Akan tetapi, ketika struktur dari isi topik pembahasan sudah ditentukan dan ditemukan, daftar isi akan memudahkan cara membuat makalah pada bagian pembahasannya.

Dalam daftar isi, cara membuat makalah tugas kuliah harus memuat informasi menganai halaman dari isi makalah. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman. Hal tersebut agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang ingin dibaca. Selain itu, jika pada makalah terdapat gambar atau tabel, cara membuat makalah tugas kuliah ini pada daftar isi perlu dimuat daftar gambar dan daftar tabel.

Bagi beberapa instansi, cara membuat makalah kuliah tidak perlu menggunakan kata pengantar. Namun bila ingin menggunakannya, tidak masalah. Kata pengantar mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

Pada cara membuat makalah tugas kuliah bagian ini, dapat dijabarkan juga penjelasan waktu penulisan makalah, tempat penelitian, serta pihak-pihak yang ikut mengarahkan dalam menyelesaikan makalah baik individu, instansi maupun lembaga-lembaga tertentu yang terlibat atau memberikan sumbangsih.

3. Pendahuluan

Cara membuat makalah kuliah yang paling utama adalah menyelesaikan bagian pendahuluan. Pendahuluan cara membuat makalah tugas kuliah memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penulisan makalah. Pendahuluan dapat menjelaskan tentang pokok permasalahan awal yang ditemui. Permasalahan yang dimaksud adalah masalah yang ditemukan dan ingin diteliti dalam makalah tersebut.

- Latar Belakang

Langsung pada bagian latar belakang masalah, cara membuat makalah tugas kuliah dijelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta di analisa dalam makalah. Latar belakang dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti.

- Rumusan Masalah

Rumusan cara membuat makalah kuliah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang  diteliti. Rumusan masalah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya. Isinya mengerucutkan permasalahan.

- Tujuan Penulisan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat cara membuat makalah kuliah diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal. Tujuan pembahasan biasanya ditulis secara singkat tetapi menggambarkan dan mendeskripsikan manfaat penelitian kepada pembaca.

5. Buat Bagian Isi Makalah

Apabila bagian pendahuluan sudah diselesaikan, maka tahapan cara membuat makalah kuliah selanjutnya menyelesaikan isi. Isi cara membuat makalah tugas kuliah akan memuat kupasan masalah yang ingin diketahui jawabannya.

Pada bagian isi, biasanya akan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yang sudah dibuat sebelumnya. Jika cara membuat makalah tugas kuliah hanya sederhana dan literatur saja, bisa langsung membahas topik berdasarkan referensi yang sudah dicari sebelumnya.

Untuk cara membuat makalah tugas kuliah ilmiah, biasanya pada bagian isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan.

Data yang diperoleh dapat cara membuat makalah tugas kuliah merupakan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran. Apabila data didapat dengan proses wawancara, maka penulis dapat mencantumkan kutipan hasil wawancara dengan narasumber tersebut.

6. Buat Bagian Penutup Makalah

Cara membuat makalah kuliah yang terakhir adalah dengan menyelesaikan bagian penutup makalah. Pada cara membuat makalah tugas kuliah bagian penutup memuat kesimpulan, saran, kelebihan, dan kekurangan.

- Kesimpulan

Kesimpulan dalam sebuah makalah atau karya ilmiah lain, tidak dibuat sendiri. Melainkan cara membuat makalah tugas kuliah bagian ini berasal dari kutipan yang sudah dibahas pada bagian isi atau pembahasan. Cara membuat makalah tugas kuliah bagian kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

- Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Cara membuat makalah tugas kuliah bagian saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.

- Kelebihan dan Kekurangan

Pada cara membuat makalah tugas kuliah bagian penutup perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian. Tujuan cara membuat makalah tugas kuliah bagian ini agar peneliti atau penulis bisa merefleksikan hasil pembuatan makalahnya. Begitu juga dapat memahamkan peneliti selanjutnya, agar bisa lebih terarah mengembangkan penelitian yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.