Sukses

15 Macam Sandi Pramuka yang Sering Dipakai, Pahami Manfaat dan Contohnya

Mengetahui macam sandi pramuka dapat memudahkan kita dalam berbicara dengan regu saat kegiatan pramuka.

Liputan6.com, Jakarta Macam sandi pramuka digunakan sebagai suatu media pembelajaran bagi setiap anggota pramuka golongan siaga, penggalang, penegak, maupun pandega. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang merupakan organisasi atau gerakan yang mendukung proses pendidikan anak Indonesia.  

Dalam sistem pendidikan di Indonesia, biasanya pramuka menjadi salah satu kegiatan wajib yang ada di setiap jenjang sekolah. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Kegiatan pramuka tergolong sebagai kegiatan di luar proses belajar mengajar sekolah. Umumnya, kegiatan pramuka dilaksanakan satu kali dalam seminggu, yaitu setelah jam belajar mengajar selesai dilakukan.

Kegiatan pramuka berguna untuk melatih kekompakan masing-masing individu yang terbentuk dalam regu atau kelompok. Salah satu materi pramuka yang mengajarkan nilai ini adalah materi sandi pramuka. Seperti diketahui, terdapat beberapa macam sandi pramuka yang biasanya dipraktikkan dalam setiap kegiatan. Macam sandi pramuka ini biasanya digunakan untuk memecahkan teka-teki dalam sebuah permainan, ataupun sebagai media komunikasi antar regu agar sebagai strategi kelompok agar tidak diketahui kelompok lainnya. 

Untuk lebih rinci, berikut ini ada beberapa macam sandi pramuka yang sering digunakan beserta manfaat dan contohnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (8/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Sandi Pramuka dan Contohnya

1.    Sandi AN

Macam sandi pramuka yang pertama adalah sandi AN. Di sini, sandi AN mengelompokkan masing-masing huruf abjad yang menjadi pengganti huruf lain. Lebih tepatnya, huruf A – M digantikan secara berurutan dengan huruf N – Z. Macam sandi Pramuka yang satu ini dibaca dengan kunci A = N. Untuk lebih jelasnya bisa melihat contoh berikut.

A B C D E F G H I J K L M

N O P Q R S T U V W X Y Z

Sebagai contoh, diberikan kata sandi CENZHXN. Huruf tersebut dicari berdasarkan huruf penggantinya. Sehingga dari kata tersebut dapat diketahui sebagai kata PRAMUKA. Ini merupakan salah satu macam sandi Pramuka yang sering digunakan atau dipraktikkan dalam berbagai permainan atau kegiatan Pramuka.

2.    Sandi AZ

Tidak jauh berbeda dengan sandi AN, macam sandi Pramuka berikutnya adalah sandi AZ. Sandi Pramuka yang satu ini mempunyai konsep yang sama persis dengan sandi AN, yaitu masing-masing huruf dipasangkan dengan huruf abjad penggantinya. Namun pada sandi AZ, setiap kata sandi yang diberikan dapat dibaca dengan kunci A = Z. Untuk lebih jelasnya bisa melihat contoh berikut.

A B C D E F G H I J K L M

Z Y X W V U T S R Q P O N

Diberikan contoh kata sandi KIZNFPZ. Masing-masing huruf tersebut dicari pasangan huruf penggantinya, sehingga kata KIZNFPZ dapat dibaca PRAMUKA. Ini juga menjadi salah satu macam sandi Pramuka yang mudah diingat dan sering dipraktikkan dalam kegiatan Pramuka.

3.    Sandi AND

Macam sandi Pramuka berikutnya adalah sandi AND. Berbeda dengan sandi-sandi sebelumnya, sandi pramuka yang satu ini menggunakan berbagai kata yang terdiri dari huruf AND sebagai komponen penyusun kata. Dalam sandi ini, huruf AND tidak perlu dibaca sehingga huruf yang tersisa dapat disusun dengan huruf lain sampai membentuk sebuah kata atau beberapa kata. Untuk lebih jelas dapat melihat contoh berikut.

Diberikan kata sandi ANDA KANDU ANDA DANDA DANDI SANDI NANDI. Saat huruf AND pada masing-masing kata dihilangkan, sehingga tersisa beberapa huruf yang dapat membentuk kalimat, AKU ADA DI SINI. Ini juga termasuk salah satu macam sandi Pramuka yang mudah diingat dan dipraktikkan.

4.    Sandi Kotak

Macam sandi Pramuka selanjutnya adalah sandi kotak. Sandi kotak ini diketahui menggunakan bahasa sansekerta yang bersifat rahasia. Artinya berbagai kode yang terdapat dalam sandi kotak ini hanya diketahui oleh masing-masing regu dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka. Biasanya macam sandi Pramuka yang satu ini digunakan saat kegiatan berkemah, untuk melatih masing-masing regu menyelesaikan teka-teki yang diberikan dalam sebuah permainan.

Dalam sandi ini, biasanya kata sandi dilambangkan oleh tanda garis lurus, garis tegak lurus, dan kotak dengan berbagai variasinya. Tanda garis tersebut biasanya juga dilengkapi dengan tanda titik yang jika digabungkan menjadi lambang huruf abjad tertentu. Sehingga jika dikombinasikan dengan kode sandi yang lain bisa membentuk sebuah huruf yang dapat dibaca.

5.    Sandi Rumput

Macam sandi Pramuka yang sering digunakan dalam kegiatan Pramuka selanjutnya adalah sandi rumput. Seperti namanya, sandi rumput berupa berbagai lambang yang berbentuk seperti rumput dengan segala variasinya. Masing-masing variasi lambang rumput tersebut mewakili huruf abjad tertentu. Cara membacanya pun sama, yaitu mencari huruf pengganti dari masing-masing lambang rumput yang diberikan. Dengan begitu, hasilnya bisa membantuk sebuah kata hingga kalimat.

3 dari 5 halaman

Macam Sandi Pramuka Beserta Fungsi dan Contohnya

6.  Sandi Sungai

Macam sandi Pramuka yang terakhir adalah sandi sungai. Sandi sungai ini juga disebut dengan sand 5 per 8, karena sandi ini terdiri dari 8 kolom dan 5 baris. Masing-masing kolom dan baris terdapat variasi huruf yang nantinya akan dibaca dengan arah berlawanan atau berseberangan. Sebagai contoh pada diberikan kode sandi OZO LOWOEO VOQPOQ BYHOS. Dengan menyimak kolom sandi di atas, masing-masing huruf pada kode sandi tersebut dicari huruf penggantinya. Sehingga hasilnya dapat dibaca ADA BAHAYA JANGAN LEWAT. Ini juga termasuk salah satu macam sandi Pramuka yang mudah dipraktikkan dalam kegiatan-kegiatan Pramuka.

7.  Sandi Angka

Selanjutnya, macam sandi pramuka ini digunakan dengan cara mengurutkan angka mulai dari 1 hingga angka berikutnya. Pengurutan angka ini harus disesuaikan dengan urutan abjad. Contohnya adalah A= 1, B= 2, C= 3, D= 4, E,= 5, dan seterusnya hingga urutan angka ke-26 untuk huruf abjad Z.

8.   Sandi Kurung

Selanjutnya, macam sandi pramuka ini menggunakan simbol tanda kurung. Jumlah penggunaan tanda kurungnya juga bisa bertambah. Khusus untuk abjad A hingga C hanya menggunakan simbol tanda kurung saja. Namun, untuk abjad berikutnya tanda kurung harus ditambah dengan angka mulai dari 1 hingga 8. Jika urutan angka sudah mencapai angka 8, maka jumlah tanda kurung ditambah. Contohnya adalah A = ( , B = (( , C = ((( , D = (1, E = (2, O = ((4 , Z = (((7 , dan seterusnya.

9.  Sandi Napoleon

Selanjutnya, macam sandi pramuka adalah sandi napoleon. Sandi ini dibaca dengan cara zigzag atau acak. Misalnya dari atas turun ke bawah lalu naik ke atas dan seterusnya.

10.  Sandi Irian

Sandi ini dibaca mulai dari urutan huruf yang paling berlakang lalu mengarah ke depan. Contohnya adalah ANARAK ADUM AJARP, dibaca Praja Muda Karana.

4 dari 5 halaman

Macam Sandi Pramuka Beserta Fungsi dan Contohnya

11.  Sandi Kata

Sandi ini dibaca dengan menghilangkan atau tidak membaca huruf AND. Contohnya adalah RANDA MANDU. Huruf AND dihilangkan, maka dibaca RAMU.

12.  Sandi Koordinat

Sandi ini dibaca dengan mengurutkan antar angka yang saling berkaitan. Misalnya untuk membentuk huruf A, maka sandi koordinatnya adalah 1:1. Huruf B 2:1, huruf C 3:1, huruf D 4:1, huruf E 5:1, dan seterusnya. Angka yang digunakan dalam sandi koordinat ini terbatas, yakni hanya dari angka satu hingga angka 5.

13.  Sandi Jam

Kemudian mengenai sandi jam yakni merupakan sebuah sandi yang proses pembuatannya yakni dengan cara menentukan waktu tertentu untuk dijadikan sebagai patokannya. Contohnya saja seperti pada pukul 06.00 yang artinya menunjukkan huruf A , namun apabilla beda waktu yang akan dipergunakan ialah misalnya setiap 5 menit maka akan mengarahkan pada pukul 06.05 yang berarti menunjukkan huruf B, dan begitu juga seterusnya. Dari perbedaan waktu yang dapat anda pergunakan bisa misalnya anda buat menjadi 10 menit, lalu 15 menit, bahkan 30 menit sesuai dengan apa yang akan anda sampaikan.

14.  Sandi Semaphore

Kemudian mengenai Sandi semaphore ialah merupakan sebuah sandi pramuka yang biasanya menggunakan objek bendera dengancara digerakkan oleh kedua tangan kita. Maka nantinya dari beberapa simbol-simbol dalam semaphore akan diterjemahkan dan bentuk menjadi sebuah huruf dan angka. Agar kalian bisa merumuskan sandi angka, maka sebelum kalian memulai sandi tersebut maka terlebih dahulu harus diawali dengan sandi juga. Kemudian “Nomor”  maka apabila anda ingin membuat suatu sandi  huruf  maka terlebih dahulu anda bisa membuat sinyal “J” Sejumlah sandi lainnya yang sering biasa dipakai dalam semaphore ialah;

a.  U-R : berita siap dimulai

b.  K : siap menerima berita

c.  E (8 kali) : error / ada kesalahan

d.  I-N-I : ulangi

e.  A-R : berita selesai

f.   R : dapat menerima dengan baik

g.  A-S : tunggu

h.  M-K : geser kanan

i.    M-L : geser kiri

15.    Sandi Kimia

Sandi ini hanya tulisan morse saja tetapi dikenal dengan nama sandi kimia karena menyerupai huruf atau simbol yang terdapat pada rumus kimia. Ketentuan dalam penggunaan sandi ini adalah :

a. Titik merupakan huruf hidup atau vokal yaitu a, i, u, e, o.

b. Strip merupakan huruf mati atau konsonan yaitu semua huruf alphabet kecuali a, i, u, e, o.

Contoh penggunaannya adalah: misalkan anda mau menuliskan “KAMI” dalam sandi morse adalah -.- / .- / — / .. maka dalam sandi kimia ditulis KOH + OH + HH + OO atau KOH + OH + H2 + O2.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sandi Pramuka

1.  Komunikasi Antar Anggota Regu

Di dalam suatu kegiatan pramuka pasti akan dibentuk beberapa kelompok regu. Sandi ini bisa digunakan untuk melakukan komunikasi rahasia diantara anggota regu. Hal ini juga digunakan supaya trik tidak dapat diketahui oleh regu yang lainnya.

2.  Meningkatkan daya ingat

Sandi pramuka juga bisa membantu meningkatkan daya ingat masing-masing anggota pramuka, karena mereka diwajibkan hafal berbagai macam jenis sandi.

3.  Meningkatkan kecerdasan

Anggota pramuka bisa meningkatkan kecerdasan karena mereka dituntut untuk berpikir dalam membaca tulisan dengan menggunakan sandi.

4.  Sarana belajar anggota pramuka untuk menyelesaikan masalah

Sandi pramuka membiasakan para anggotanya untuk menyelesaikan masalah. Agar mereka terbiasa berpikir dan membaca sandi, sehingga dalam kehidupan sehari-hari mereka juga terbiasa untuk menyelesaikan masalah dari tantangan yang mereka hadapi.

5.  Sebagai sarana permainan di dalam kepramukaan

Biasanya sandi pramuka juga digunakan sebagai permainan di dalam kegiatan kepramukaan. Biasanya sandi ini juga digunakan sebagai pelengkap di kegiatan outbond atau wide games. Mereka akan diberi tantangan dengan menggunakan sandi pramuka sebagai petunjuk di dalam melakukan perjalanan yang berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini