Sukses

Ini 5 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Diacuhkan

Gigi berlubang merupakan hal yang menjengkelkan bagi setiap orang. Soalnya, akan menganggu aktivitas saat mengunyah dan mampu menimbulkan bau mulut tak sedap.

Liputan6.com, Jakarta Gigi berlubang merupakan hal yang menjengkelkan bagi setiap orang. Soalnya, akan mengganggu aktivitas saat mengunyah dan mampu menimbulkan bau mulut tak sedap.

Dilansir liputan6, penyebab gigi berlubang yang paling utama adalah karies yang terbentuk karena bakteri, streptococcus mutans dan lactobacillus. Sementara kemunculan bakteri, sangat dipengaruhi kebersihan mulut dan gigi. Berikut 5 penyebab gigi berlubang yang sering diabaikan.

Salah Menyikat Gigi

Hal pertama yang bisa membuat gigi berlubang adalah salah menyikat gigi, seperti terlalu kencang menyikat gigi yang bisa membuat gigi terkikis dan menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, tidak merata menyikat gigi juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan asam yang cukup tinggi yang membuat erosi pada gigi. Jika tidak dihindari, bakal merusak lapisan gigi yang menyebabkan gigi berlubang.

Makanan Manis

Salah satu makanan yang perlu dihindari agar gigi tak berlubang adalah makanan yang mengandung manis tinggi. Pasalnya, makanan manis biasanya menimbulkan bakteri streptococcus mutans dan streptococcus sorbrinus yang menyebabkan gigi berlubang jika tidak dibersihkan dengan cepat.

Kedua bakteri itu bakal memakan gula yang ada di mulut dan membentuk plak gigi. Jika plak tidak tersapu oleh air liur atau saat menyikat gigi, mulut menjadi lebih asam dan lubang di gigi mulai terbentuk.

Kekurangan Fluoride

Fluoride merupakan mineral yang terbentuk secara alami. Mineral alami ini dapat mencegah terbentuknya gigi berlubang dan mengatasinya. Tidak heran jika fluoride banyak ditambahkan ke produk perawatan mulut.

Fluoride membantu remineralisasi email gigi yang dapat mencegah gigi berlubang. Ketika bakteri di mulut memecah gula dan karbohidrat, mereka menghasilkan asam yang menggerogoti mineral dalam email gigi.

Hilangnya mineral ini disebut demineralisasi. Enamel gigi yang lemah membuat gigi rentan terhadap bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Maka mulai cukupi kebutuhan fluoride agar gigi berlubang bisa ditepis.

Karies

Banyak anak yang dibiarkan tertidur dengan botol dot yang masih menempel di mulutnya. Padahal kebiasaan ini dapat merusak gigi si kecil yang baru tumbuh. Berisiko pula menjadi penyebab gigi berlubang pada anak.

Gula di dalam susu dapat menempel pada permukaan gigi bayi dalam waktu yang lama, terlebih saat tidur di malam hari. Gula tersebut kemudian diubah menjadi asam oleh bakteri. Bila terpapar terlalu lama, dapat menyebabkan gigi berlubang.

Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan pasta gigi pencegah gigi berlubang. Pasta gigi ini bisa memberi perlindungan maksimal dari gigi berlubang. Formula Double Action di pasta gigi ini diperkaya mikro kalsium aktif dan pro flouride kompleks untuk memberi perlindungan terbaik bagi gigi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.