Sukses

Viral Cara Rekam Google Maps, Survei Jalan Sempit Pakai Motor Roda Tiga

Warganet: Ternyata ini yang bikin nyasar sampai ke gang-gang.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang kamu ketahui tentang Google Maps? Kebanyakan pasti akan menjawab peta digital untuk membantu perjalanan manusia. Ya, layanan yang dikembangkan oleh Google ini memang memberikan berbagai kemudahan dalam hal petunjuk arah.

Tak hanya peta jalan, layanan pada Google Maps juga memberikan citra satelit, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum. Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara kerja Google Maps? 

Belum lama ini beredar sebuah video yang menampilkan seorang pria yang bekerja di perusahaan penyedia Google Maps. Pria tersebut mengendarai motor beroda tiga dalam menjalankan tugas. Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok bernama Niam Mullah yang kemudian viral di media sosial.

"Google Maps rekam gua? Gua rekam balik," tulis akun TikTok @niammullah17 dalam video, seperti dikutip Liputan6.com pada Minggu (5/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Survei Gang Sempit Pakai Motor Roda Tiga

Video viral yang diunggah menampilkan seorang pria yang bekerja di Google Maps sedang melakukan survei lokasi. Lokasi yang direkam ialah sebuah jalan sempit. Diketahui melalui keterangan pada video, lokasi tersebut berada di daerah Karawang.

Pria perekam citra Google Maps itu tampak mengendarai motor roda tiga. Roda tambahan diletakkan di bagian belakang bertujuan untuk menjaga keseimbangan perangkat kamera (trekker) yang dipasang di atasnya. Trekker biasanya digunakan di tempat yang lebih spesifik dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan besar.

Sama halnya dengan yang terekam pada video ini. Petugas itu menjelajah gang-gang kecil, tempat-tempat sempit, atau lokasi-lokasi yang tidak mungkin dilewati oleh kendaraan, sehingga berjalan kaki adalah satu-satunya pilihan yang bisa dilakukan.

Teknologi Google Maps menawarkan pengalaman kepada penggunanya untuk menjelajahi suatu tempat secara nyata, menjelajahi jalan-jalan di berbagai belahan bumi dan melihat apa yang ada di sekitar lokasi yang diinginkan hanya dengan memandang gawai.

 

 

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang telah ditonton hingga 3,4 juta oleh pengguna TikTok ini menuai berbagai komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang baru mengetahui cara kerja Google Maps. Banyak pula yang berpendapat bahwa itulah yang membuat beberapa orang jadi nyasar hingga masuk gang.

"Oh baru tau gw kaya gitu kerjanya," tulis akun Agung.Gz.

"Oh orang ini yang bikin gw nyasar ke sawah-sawah," tulis akun Pangeran_Cai.

"Makasi ya jadi tau bentukan Google Maps yang asli," tulis akun yourrfuturre.

"Baru tau ada versi motor, biasanya kalo liat pasti pake mobil," tulis akun reree.

"Oh jadi itu orangnya yang suka bikin nyasar aku ke gang sempit, kuburan, jalanan becek, kebun singkong, kebun binatang, taman satwa, hutan belukar," canda akun SALOME.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut ini:

@niammullah17

gua rekam balik boss 😂#googlemaps #fypdongggggggg #karawang

♬ DJ Pak Cepak Cepak Jeder - Kok Viral

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini