Sukses

Kisah Wanita Asal Jogja Ini Pernah Punya ART dari 5 Negara, Ada yang Bikin Syok

Dewi Pobo, membagikan pengalamannya memiliki ART dari 5 negara.

Liputan6.com, Jakarta Untuk membantu pekerjaan di rumah, beberapa orang akan memilih untuk merekrut asisten rumah tangga atau ART. Punya seorang asisten rumah tangga tak jarang memberi kenangan tersendiri bagi majikannya.

Terlebih jika si majikan memiliki lebih dari satu dan para ART tersebut memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Ada saja tingkah ART yang terkadang bikin elus dada sampai geleng kepala. 

Seperti yang dirasakan oleh wanita asal Jogja ini. Wanita yang diketahui bernama Dewi Pobo ini bagikan pengalamannya memiliki asisten rumah tangga (ART) yang berasal dari 5 negara berbeda.

Lewat channel YouTube miliknya, Dewi Pobo membagikan kisah uniknya jika ia pernah memiliki ART dari Filipina, Kolombia, Spanyol, Romania dan Indonesia. Ia juga curhat soal pengalamannya punya ART asal Indonesia yang pernah membuatnya syok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bayaran Mahal ART dari Filipina

Pada awal videonya, wanita bernama lengkap Primastuti Dewi Pobo ini menceritakan pengalamannya saat menyewa jasa ART asal Filipina. Baginya ART asal Filipina ini adalah asisten rumah tangga termahal di antara lainnya.

Dewi harus merogoh kocek sekitar Rp 875 ribu untuk satu jam kerja. Namun menurutnya, hal itu sebanding dengan hasil pekerjaannya.

"Walaupun mahal, tapi saya akui pekerjaannya selalu profesional sekali, jadi sekali datang itu mereka bisa menghabiskan 1,5 jam sampai 2 jam mereka," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

ART Kolombia yang Unik

Berbeda dengan ART Filipina, ia menyebut jika ART dari Kolombia terbilang unik. Meski hasil pekerjaannya rapi dan professional, Dewi mengaku agak kurang nyaman dengan cara sang ART memilih beragam produk pembersih rumah.

"Yang kedua dari Kolombia, bagi kita dia itu ART yang unik karena dia membersihkan rumah benar-benar rapi dan bagus, profesional," paparnya.

Terkadang, Dewi merasa terganggu dengan suara lantang sang ART yang kerap bernyanyi sambil membersihkan rumahnya.

"Hanya saja dia alat-alat yang untuk membersihkan rumah itu harus sesuai yang dia mau. Jadi seperti dia yang bosnya, punya wewenang, punya standarnya sendiri, dan periang gitu dia. Terkadang suka bernyanyi, suaranya besar. Saya suka terganggu," lanjutnya lagi.

4 dari 5 halaman

ART Rumania dan Spanyol

Wanita yang menikah dengan pria asal Spanyol ini menceritakan pernah menyewa jasa dua orang ART asal Rumania dan Spanyol. Hal yang paling berkesan baginya yaitu keduanya bisa memasak makanan dengan enak. Uniknya, sang ART Spanyol tersebut memiliki barang-barang bermerek dengan harga mahal.

"Kita enggak pakai terlalu lama, cuma yang saya ingat mereka itu masaknya enak, rapi, bersih, keibuan sekali, enggak banyak ribet, dia lebih branded daripada saya," jelasnya.

Berbeda lagi dengan sosok gadis asal Rumania yang cukup membuatnya terkesima. Menurutnya, ART tersebut merupakan gadis manis yang masih polos, detail, namun profesional.

5 dari 5 halaman

ART Asal Indonesia Bikin Syok

Terakhir, ia pernah dibuat terkejut dengan sosok ART asal negeri sendiri. Suatu saat, sang ART yang bekerja di kediamannya tengah dihampiri suami. 

"Ini adalah ART yang pernah bikin saya emosi ya. Akhir pekan suaminya datang untuk menjenguk istrinya dan nonton TV di ruang tengah. Saya tidur, malam-malam saya bangun dan harus melewati ruang TV," jelasnya.

"Saya mendengar sesuatu yang tidak wajar, saya nunggu, dan desahannya itu tidak selesai-selesai. Saya tunggu, emosi, dan enggak tahan gitu, ya sudah saya lewat," terangnya.

Rupanya sang ART beserta suami tengah menunaikan sholat malam sekaligus berdzikir. Ibu satu anak itu pun seketika merasa berdosa dan emosi pada diri sendiri lantaran berprasangka buruk terlebih dulu terhadap sang ART.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.