Sukses

6 Artis Ini Coba Terjun Jadi Sutradara, Ada yang Karyanya Masuk Seleksi FFI 2021

Tak hanya kepakkan sayap menjadi seorang pemain film, sederet artis ternama ini mencoba terjun menjadi sutradara.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses menjadi seorang bintang film atau sinetron, banyak artis yang mencoba menggeluti ranah lainnya, salah satunya terjun menjadi seorang sutradara. Prestasi yang diukir tentunya membuat publik salut karena menjadi inspirasi untuk banyak orang.

Saat ini memang banyak artis muda Tanah Air yang berlomba-lomba untuk mengukir prestasi selain menjadi seorang bintang. Oleh sebab itu, tak heran jika sederet artis muda berbakat Tanah Air tak hanya dikenal sebagai pemain film tetapi juga sebagai sutradara film.

Meski terbilang baru mencoba untuk terjun sebagai sutradara, sederet artis Tanah Air ini sudah sukses membuat filmnya agar disukai oleh masyarakat luas bahkan masuk seleksi awal Festival Film Indonesia 2021.

Mencoba peruntungan sebagai sutradara dan akhirnya mengukir prestasi tentunya suatu hal yang sangat dibanggakan. Kelak, akan muncul sutradara-sutradara terbaik yang akan menghadirkan film Indonesia yang lebih berkualitas.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang artis yang mencoba terjun menjadi seorang sutradara, Jumat (3/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Umay Shahab

Umay Shahab merupakan salah satu artis muda berbakat yang sudah mengukir banyak prestasi sejak usia belia. Seiring dengan berjalannya waktu, Umay semakin menyita perhatian karena tak hanya dikenal sebagai aktor tetapi juga sebagai seorang sutradara.

Umay memulai karier sutradaranya dengan membuat seri web berjudul Cinta Dibalik Awan pada tahun 2015. Ia memulai debut sutradara film panjangnya pada tahun 2021 berjudul Kukira Kau Rumah.

Baru memasuki tahap pascaproduksi, film panjang Umay Shahab yang berjudul Kukira Kau Rumah ini sudah berhasil masuk ke dalam 30 seleksi awal Festival Film Indonesia 2021 dan bersanding dengan film berkualitas lainnya.

"KUKIRA KAU RUMAH menjadi salah satu film yang masuk ke dalam "30 Seleksi Awal Piala Citra" @festivalfilmid. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan @festivalfilmid kepada kami." Tulis Umay di laman Instagramnya.

Meski terbilang baru mencoba menjadi sutradara, bintang sinetron Eneng dan Kaos Kaki Ajaib ini sukses menorehkan prestasi. Sukses membawa film Kukira Kau Rumah masuk seleksi awal FFI, banyak menunggu karya Umay Shahab selanjutnya.

3 dari 7 halaman

2. Reza Rahadian

Nama Reza Rahadian di industri hiburan Tanah Air tentunya sudah sangat dikenal. Reza Rahadian selalu berhasil perankan ragam karakter yang sukses pikat hati penonton. Bahkan Reza Rahadian kerap kali disebut sebagai aktor yang menjadi inspirasi untuk para artis muda dan pendatang baru.

Sukses menjadi seorang bintang film, aktor berusia 34 tahun kepakkan sayapnya menjadi seorang sutradara. Reza pernah merangkap menjadi pemain dan sutradara dalam miniseri Sementara Selamanya tahun 2020.

Sementara Selamanya menandai kerja sama kali kesekian antara Reza Rahadian dan penulis Ika Natassa. Sebelumnya, Reza Rahadian membintangi film Critical Eleven dan Twivortiare yang diangkat dari novel laris karya Ika Natassa. Sebelumnya, bintang film My Stupid Boss ini juga pernah menyutradai film pendek berjudul Sebelah.

4 dari 7 halaman

3. Luna Maya

Nama artis ternama Luna Maya tentunya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Terjun ke industri hiburan, Luna menjajal segala bidang salah satunya menjadi seorang sutradara.

Melansir dari Kapanlagi.com, Luna sempat menjadi sutradara dalam film PINTU HARMONIKA pada 2013. Kepada media Luna mengatakan bahwa menjajal kursi sutradara membuatnya merasa ketagihan.

Prestasi yang diukir mantan kekasih Ariel NOAH ini tentunya banjir pujian dari warganet. Publik tentunya bangga atas banyaknya prestasi yang diukir artis cantik berusia 38 tahun ini.

5 dari 7 halaman

4. Derby Romero

Derby Romero sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air selama 21 tahun. Selama itu pula, Derby sudah mengukir banyak prestasi dan tak hanya mengepakkan sayap menjadi seorang pemain film dan sinetron tetapi juga sebagai sutradara.

Suami Claudia Adinda ini mencoba terjun menjadi seorang sutradara tahun 2019 dengan menggarap film Mati Anak. Menggarap film MATI ANAK pada tahun 2019, Derby juga bekerja sama dengan Cinta Laura sebagai pemeran utama.

6 dari 7 halaman

5. Dian Sastrowardoyo

Bintangi film Ada Apa dengan Cinta bareng Nicholas Saputra sukses melambungkan nama Dian Sastrowardoyo. Malang melintang selama 25 tahun di industri hiburan, Dian Satro rupanya pernah mencoba terjun menjadi seorang sutradara tahun 2020.

Dian diketahui mulai menjajal kebolehannya sebagai sutradara lewat film Quarantine Tales. Film Quarantine Tales menjadi film pertama yang menandai debutnya sebagai seorang sutradara. Banyak pujian menghampiri Dian lantaran keberaniannya mencoba hal baru.

Syuting di kala pandemi, tentu pengalaman pertama Dian sebagai sutradara tak mudah. Tak hanya menjajal tugas yang berbeda, Dian juga harus mampu menyesuaikan produksi di kala pandemi.

7 dari 7 halaman

6. Atta Halilintar

Terjun ke industri hiburan, Atta Halilintar dikenal sebagai YouTube dengan subscribers terbanyak. Sukses menjadi seorang content creator, Atta Halilintar terjun menjadi seorang sutradara film Ashiap Man.

Tak hanya menjadi sutradara, suami Aurel Hermansyah ini juga menjadi pemain utama di film Ashiap Man tersebut. Film ini merupakan debut penyutradaraan Atta Halilintar di film layar lebar.

Film yang dibintangi oleh sederet artis ternama ini kabarnya akan rilis tahun 2021. Tentunya sudah banyak yang tak sabar untuk menyaksikan film besutan Atta Halilintar ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.