Sukses

12 Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya yang Tepat

Manfaat timun untuk wajah bisa kamu jadikan perawatan kulit alternatif.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat timun untuk wajah bisa kamu jadikan perawatan kulit alternatif. Hal ini disebabkan karena timun memiliki berbagai kandungan nutrisi yang menyehatkan kulit. Tidak heran banyak produk kecantikan yang menggunakannya sebagai bahan utama. 

Timun kaya akan sumber air, serta mengandung vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Segala kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk menutrisi kulit, sehingga timun bisa mengurangi bengkak, jerawat, hingga iritasi pada kulit. 

Manfaat timun untuk wajah dan cara pemakaiannya perlu kamu pahami. Salah satu cara mudah menggunakan timun untuk menutrisi kulit adalah menjadikannya masker. Kamu bisa membuat masker timun dengan mudah, bahkan bisa juga dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/9/2021) tentang manfaat timun untuk wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Membantu Mengatasi Iritasi dan Kulit Berjerawat

Manfaat timun untuk wajah yang pertama adalah mengatasi iritasi dan kulit berjerawat. Mentimun sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki kulit iritasi dan berjerawat. Kamu bisa mencampurkan air mentimun sebagai campuran bahan masker wajah, untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Untuk kulit berjerawat, jus mentimun dapat membantu mengencerkan essential oil seperti tea tree untuk meringankan jerawat. Dengan cara ini, kamu bisa melawan jerawat tanpa membuat kulit kering atau menyengat. Mentimun juga bisa dioleskan langsung ke kulit, di atas flek jerawat, bahkan diletakkan di balik sheet mask sambil menunggu selesai.

Mengatasi Kulit Terbakar

Manfaat timun untuk wajah lainnya yaitu mampu meringankan kulit terbakar akibat sengatan matahari dan kulit yang berminyak. Terpapar terik sinar matahari terlalu lama tentu sangat menyakitkan, terutama pada area wajah seperti dahi, hidung, pipi, dan dagu.

Timun mengandung banyak nutrisi seperti air, kalium, sulfat, serta vitamin A dan C yang baik untuk kulit terbakar matahari. Apalagi, timun memiliki kandungan air yang sangat melimpah Untuk merasakan manfaat timun untuk wajah ini, kamu bisa menggunakannya sebagai astringent dan toner alami.

Mengurangi Mata Panda dan Mata Bengkak

Ada berbagai macam penyebab mata panda dan mata bengkak. Untuk meringankan kondisi ini, kamu bisa menggunakan lembaran potongan timun. Seperti yang didukung oleh Australasian College of Dermatologists, irisan timun dingin yang ditempelkan di mata akan membantu mengempiskan mata bengkak. 

Suhu dingin tersebut dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan di area mata. Meski demikian, efek ini hanya sementara. Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah ini, kamu hanya perlu mengiris timun dan meletakkannya di kelopak mata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Metode ini akan membantu menenangkan bengkak di bawah mata dan mata panda kamu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Cegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kulit cenderung menjadi longgar dan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Untuk menghindari kondisi ini terlalu dini, kamu bisa menggunakan manfaat timun untuk wajah. Timun dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menjaga kulit agar tetap kencang. Manfaat timun untuk wajah ini didapat berkat adanya kandungan mangan dan kalium di dalamnya.

Timun mengandung vitamin C, K, B, dan asam caffeic yang merupakan antioksidan. Bila diterapkan pada kulit, dapat membantu melawan kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, dan masih banyak lagi. Gunakan timun sebagai masker wajah. Campurkan timun halus dengan putih telur dan lakukan proses masker seperti biasa.

Mengurangi Peradangan atau Iritasi

Manfaat timun untuk wajah berikutnya adalah dapat mengurangi peradangan atau iritasi. Mentimun memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit, menjadikannya sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau teriritasi. Selain itu, timun memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi bengkak ataupun kulit kemerahan.

Melembapkan Kulit 

Air saja tidak pernah menjadi pelembap yang cukup, dan hal yang sama berlaku untuk mentimun. Perawatan dengan air atau jus mentimun yang diikuti dengan pelembap wajah sesuai tipe kulit Anda, dipercaya bisa menjadi pelembap yang ideal terutama bagi kulit kering. 

Faktanya, peneliti menemukan bahwa perawatan dengan mentimun tanpa pelembap, justru mengakibatkan penurunan hidrasi kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat timun untuk wajah juga dapat mengatasi kulit berminyak. Untuk merasakan manfaat timun untuk wajah berikutnya, bisa bersihkan, kupas, dan haluskan setengah buah timun. Kemudian masukkan satu sendok makan yoghurt tawar dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker timun tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Bantu Perbaiki Kulit yang Rusak

Manfaat timun untuk wajah berikutnya dapat dijadikan untuk memperbaiki kulit yang rusak. Caranya, rebus irisan timun yang sudah dicuci bersih dan dikupas selama 5-7 menit.

Kemudian haluskan, saring, dan masukkan cairan yang tersisa ke dalam botol semprot, lalu semprotkan toner tersebut pada wajah. Simpan toner mentimun ini dalam kulkas dan buang setelah 4 hari.

Mencerahkan Warna Kulit

Tidak ada penelitian spesifik yang menunjukkan bahwa mentimun dapat membantu mencerahkan atau memutihkan kulit. Namun, mentimun bisa membantu proses pergantian sel kulit mati pada black spot bekas jerawat atau flek lain. Bintik-bintik gelap tersebut akan lebih cerah dengan pergantian sel mati (pengelupasan kulit), dan produksi sel kulit baru.

5 dari 5 halaman

Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Mengurangi Ruam

Manfaat masker timun untuk wajah pertama dapat meringankan kondisi ruam pada kulit. Mentimun dapat mengembalikan kondisi kulit kembali normal dan terbebas dari bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaat timun ini, kamu bisa mengoleskan masker timun dengan campuran lemon. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Ulangi cara tersebut selama beberapa minggu dan kamu akan merasakan perbedaannya.

Menghidrasi Kulit

Timun mengandung 96% air, yang berarti timun sangat menghidrasi. Hal ini berarti timun dapat menggantikan lotion pelembap bagi kamu. Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah ini, kamu bisa menggunakannya sebagai masker.

Masker timun yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya dapat menenangkan kulit. Parut timun dan gunakan juga air jusnya, kemudian gabungkan dengan tahu susu atau dadih. Aduk hingga merata campuran tersebut, lalu oleskan masker timun pada wajah. Diamkan hingga mengering dan cuci bersih setelahnya.

Menyegarkan Wajah

Manfaat timun untuk wajah juga dapat menyegarkan kulit. Cukup mencampurkan air timun dengan bahan alami lainnya, seperti lidah buaya atau teh hijau. Setelah itu, bersihkan wajah dengan campuran tersebut lalu bilas dengan air hingga bersih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.