Sukses

Arti Penting Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia yang Wajib Dipahami

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia tak lepas dari prinsip-prinsip negara.

Liputan6.com, Jakarta Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia tentu harus dipahamu setiap warga negara. Kedua hal ini sangatlah penting dimiliki setiap negara, sehingga bangsa tersebut tidak mudah terombang-ambing dan terpecah belah.

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Hal ini tidak terlepas dari perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menggambarkan keutuhan berbangsa dan bernegara. 

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia tak lepas dari prinsip-prinsip negara. Memahami arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, membuat negara dapat terhindar dari konflik dan perpecahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/8/2021) tentang arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Penting Persatuan dan Kesatuan bagi Bangsa Indonesia

Sebelum mengenali arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, penting untuk memahami arti istilah persatuan dan kesatuan terlebih dahulu. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu, perserikatan, serikat.

Sementara itu, pengertian kesatuan berarti perihal satu, keesaan, sifat tunggal, satuan. Kesatuan juga bisa diartikan sebagai hasil dari persatuan yang sudah mengakar kuat.

Jadi, arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia bisa dimaknai sebagai bersatunya berbagai bangsa dengan beragam perbedaan agama, suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi.

Itulah mengapa, penting memiliki sikap persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat dami keutuhan bangsa dan negara. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, bangsa akan terpecah belah.

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah agar tak mudah terpecah belah. Persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mempertahakan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa.

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia juga melambangkan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. NKRI terbentuk atas persatuan dan kesatuan atas persamaan nasib, budaya, wilayah, serta prinsip-prinsip yang ada.

3 dari 4 halaman

Prinsip Persatuan dan kesatuan di Indonesia

Arti persatuan dan kesatuan dalam Pancasila

Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia juga bisa dilihat dari Pancasila. Persatuan dan kesatuan terpatri jelas dalam sila ke-3 Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia". Persatuan Indonesia dalam Pancasila berarti bahwa Bangsa Indonesia tidak boleh terpecah dan harus terus bersatu.

Indonesia terdiri dari ras, suku, agama, budaya, etnik, dan karakter yang berbeda dari setiap wilayah. Prinsip kesatuan dan persatuan ini sangat penting dimiliki untuk menjaga kekuatan dan keutuhan bangsa.

Prinsip persatuan dan kesatuan di Indonesia

Dalam mempertahakan serta membentuk persatuan dan kesatuan di Indonesia, prinsip-prinsip tertentu perlu ditanamkan. Dirangkum dari Bola.com, prinsip dalam arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah:

- Bhinneka Tunggal Ika

Melalui Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, Bangsa Indonesia wajib menjauhkan diri dari sikap-sikap mementingkan kelompok sendiri, sukuisme, dan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat terhindar dari perpecahan bangsa.

- Nasionalisme

Melalui penerapan prinsip nasionalisme, seseorang akan rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, serta menempatkan sikap persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi.

- Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauannya, tentunya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia sehingga orang yang melakukan kebebasan tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tidak sampai merugikan orang lain.

- Wawasan Nusantara

Melalui wawasan nusantara, Bangsa Indonesia ditempatkan dalam kerangka satu kesatuan politik, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan. Dengan begitu, Bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

- Semangat Persatuan untuk Mewujudkan Cita-cita Proklamasi

Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

4 dari 4 halaman

Alat Pemersatu Bangsa Indonesia

Dalam mempertahakan kesatuan, dibutuhkan alat pemersatu bangsa. Ada banyak jenis alat pemersatu bangsa yang bisa mempertahakan dan memperkuat kesatuan.

Alat pemersatu bangsa ini bisa digunakan semua warga megara untuk memperkuat persatuan bangsa. Berikut alat pemersatu bangsa Indonesia untuk memperkuat persatuan dan kesatuan:

1. Dasar negara Pancasila

2. Bendera kebangsaan yaitu Bendera Merah Putih

3. Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia

4. Lambang negara yaitu Burung Garuda

5. Lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya

6. Lagu-lagu perjuangan yang menunjukkan semagat juang bangsa Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini