Sukses

14 Macam Media Sosial yang Sering Digunakan, Beserta Penjelasannya

Tak hanya YouTube, Instagram dan WhatsApp, namun juga ada banyak macam media sosial yang sering digunakan oleh orang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Macam media sosial ada banyak yang sering kita gunakan setiap hari. Media sosial adalah kumpulan aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan interaksi sosial secara online. Melalui media sosial tersebut, seseorang bisa berbagi foto dan video serta membuat cerita singkat.

Kini, media sosial sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Tak hanya anak muda saja, tetapi juga para orang tua saat ini butuh dan bisa bermain media sosial. Media sosial memiliki sejumlah manfaat bagi penggunanya, terutama karena lebih cepat dari media konvensional, seperti media cetak, iklan, TV, brosur dan selebaran. Terlebih lagi, kecanggihan media sosial itu mampu menjangkau para penggunanya dengan jarak yang tak terbatas.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, ada begitu banyak macam media sosial yang kini sering digunakan oleh orang Indonesia. Mulai dari YouTube, WhatApp, Facebook, Instagram, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk lebih rinci, berikut ini beberapa macam media sosial beserta penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (31/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

YouTube dan Instagram

1. YouTube

Macam media sosial yang pertama adalah YouTube. Siapa sangka, situs besutan tiga anak muda yang didirikan pada tahun 2005 ini berhasil menjajaki kesuksesan.

Situs yang menduduki peringkat nomor dua dunia ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi video. Fitur ini merupakan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha Anda. Buat iklan dan promosi sedemikian rupa untuk menarik atensi para pelanggan melalui video unik yang diunggah pada kanal YouTube.

2. Instagram

Macam media sosial yang tak kalah menariknya bagi banyak orang adalah Instagram. Situs ini pun juga berhasil merebut perhatian para penggunanya melalui fitur berbagi foto dan video singkat.

Untuk melebarkan sayap bisnis, Anda bisa membuat dan memasang berbagai foto ikonik dan menarik di laman akun Instagram. Raih keterlibatan banyak pengguna Instagram sebanyak-banyaknya melalui strategi pemasaran yang tepat bagi produk Anda.

 

 

 

3 dari 8 halaman

Facebook dan Twitter

3. Facebook

Macam media sosial yang berikutnya adalah Facebook. Perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg ini pun juga masih terus menjanjikan pundi-pundi rupiah bagi banyak orang.

Tak heran, banyak para penggunanya yang juga berbisnis melalui Facebook. Caranya pun cukup mudah. Facebook memungkinkan penggunanya untuk berbagi cerita, link situs, gambar, hingga video.

4. Twitter

Berbeda dari macam media sosial sebelumnya, Twitter bekerja dengan banyak menggunakan tulisan, foto, dan video. Umumnya, Twitter banyak digunakan oleh penggunanya lantaran memiliki fitur utas yang memungkinkan orang untuk berbagi tulisan panjang.

Selain itu, para pengguna juga dapat melihat topik terkini yang tengah hangat diperbincangkan. Hal ini bisa menjadi referensi Anda untuk menarik pelanggan menggunakan tulisan, foto, dan video.

4 dari 8 halaman

TikTok dan WhatsApp

5. TikTok

Macam media sosial selanjutnya adalah TikTok. Hingga saat ini, aplikasi unik tersebut berhasil merebut hati masyarakat Indonesia hingga mampu masuk ke dalam kategori 10 besar media sosial terpopuler.

Aplikasi yang dikembangkan perusahaan China ini dapat menampilkan berbagai video dengan serangkaian proses edit. Hasilnya pun tak kalah menarik dari beberapa fitur media sosial lainnya.

6. WhatsApp

Pada urutan kedua, macam media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia selanjutnya adalah WhatsApp. WhatsApp atau yang biasa disebut dengan WA merupakan media sosial chatting tanpa menggunakan biaya, namun cukup menggunakan koneksi internet saja.

Dihimpun dari data We Are Social, telah tercatat bahwa 83% orang indonesia telah menggunakan media sosial WhatsApp. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 125 juta orang sudah menggunakan WhatsApp.

5 dari 8 halaman

Line dan Tumblr

7. Line

Macam media sosial berikutnya adalah Line. Perusahaan media sosial asal Negeri Sakura Jepang ini juga tak kalah menariknya untuk dijadikan sebagai bagian dari strategi pemasaran bisnis. Line memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi, membuat perkumpulan pengguna, membagikan foto dan video, hingga sticker unik yang memikat.

8. Tumblr

Macam media sosial yang selanjutnya adalah Tumblr. Tumblr tak lain merupakan sebuah aplikasi berbasis blog yang juga memungkinkan pengguna untuk berbagi konten tulisan maupun foto.

Media sosial yang satu ini diketahui didirikan pada tahun 2007 dan telah merambah ke berbagai penjuru dunia. Fungsi dari Tumblr ini bisa digunakan bagi Anda yang hendak menggunakan strategi pemasaran dengan teknik tulisan dan foto untuk menjangkau pelanggan baru.

6 dari 8 halaman

Pinterest dan Telegram

9. Pinterest

Macam media sosial yang berikutnya adalah Pinterest. Berbeda dengan media sosial yang lainnya, pinterest merupakan platform berbagi foto yang mampu dikategorikan ke dalam folder atau album. Kelebihannya, Pinterest tetap dapat melakukan re-pin pada pin akun lain meski tak saling mengikuti satu sama lain.

10. Telegram

Macam media sosial yang berikutnya adalah Telegram. Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan enkripsi ujung-ke-ujung opsional.

7 dari 8 halaman

Reddit dan Snapchat

11. Reddit

Macam media sosial yang selanjutnya adalah Reddit. Sama halnya dengan Twitter, Reddit memungkinkan pengguna untuk saling berdiskusi satu sama lain mengenai suatu topik atau gambar tertentu. Digunakan hingga mencapai lebih dari 330 juta pengguna di seluruh penjuru dunia membuat Reddit kian tepat bagi Anda untuk memasarkan bisnis.

12. Snapchat

Berbeda dari yang lainnya, media sosial bernama Snapchat yang satu ini memberikan fitur dan kelebihan unik. Perusahaan asal Amerika yang mengembangkan aplikasi ini memberikan fitur penggunanya untuk berbagi video dan foto.

Pengguna lainnya pun langsung dapat membalas unggahan dengan tulisan dan gambar. Aplikasi ini tepat bagi Anda yang hendak memasarkan produk dan hendak berinteraksi langsung dengan pelanggan di luar sana.

8 dari 8 halaman

LinkedIn dan Facebook Messenger

13. LinkedIn

LinkedIn satu-satunya sosial media khusus yang berorientasi bisnis yang populer di Indonesia. Banyak perusahaan yang mencari talenta berbakat pada media sosial ini. Pun sebaliknya, para pencari kerjapun banyak yang mencari pekerjaan di sini. LinkedIn menempati peringkat terakhir di 10 besar dengan 16% suara.

14. Facebook Messenger

Facebook Messenger awalanya tergabung pada situs web Facebook. Namun pada tahun 2011, perusahaan tersebut memutuskan untuk membuat aplikasi pesan ini di iOS dan Android. Dengan memasang aplikasi tersebut, pengguna bisa mengakses pesan FB tanpa harus membuka lama FB itu terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.