Sukses

7 Cara Mengetik Cepat 10 Jari Bagi Pemula, Perhatikan Posisi Jari yang Benar

Cara mengetik 10 jari merupakan salah satu metode mengetik cepat di keyboard komputer.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengetik cepat dengan 10 jari dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan atau tugas kantor dengan cepat. Tidak hanya dapat lebih produktif dan menyelesaikan berbagai hal dengan keyboard lebih cepat, mengetik cepat juga memungkinkan Anda mengikuti perkembangan otak.

Cara mengetik cepat membutuhkan beberapa latihan dan posisi jari yang benar. Cara mengetik cepat biasanya diajarkan kepada pengetik terlatih untuk membantu mereka mengetik dengan cepat. Orang yang terampil mengetik 10 jari akan bisa mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard-nya.

Cara mengetik cepat tak hanya memperhatikan posisi tangan maupun jari, namun juga dibutuhkan latihan secara rutin dan menghafal setiap huruf dalam keyboard dapat membantu untuk mengetik cepat dengan menggunakan 10 jari.

Untuk lebih rinci, berikut ini ada beberapa cara mengetik cepat dengan 10 jari bagi pemula yang bisa Anda praktikkan, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (31/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik Dasar Mengetik 10 Jari

Teknik dasar mengetik cepat adalah meletakkan kesepuluh jari di beberapa kunci keyboard. Jari kiri ditempatkan pada kunci A, S, D dan F. Jari kanan berada pada kunci J, K, L dan titik koma. Sementara kedua jempol ada di bilah spasi. Anda bahkan dapat menemukan posisi kunci tanpa melihat keyboard. Tombol F dan J, tempat jari telunjuk ditempatkan, memiliki tonjolan kecil. Ini membantu Anda bisa merasakan di mana harus meletakkan jari telunjuk, sisa jari Anda kemudian bisa disesuaikan. Ketika sepuluh jari ini ditempatkan di bilah kunci. Tiap jari punya tugas masing-masing untuk menekan bilah-bilah lain yang sudah ditentukan. Berikut ini posisi jari tangan kanan maupun kiri, yaitu.

1. Posisi jari tangan kanan

Berikut posisi jari tangan kanan dalam cara mengetik 10 jari, diantaranya:

  1. Telunjuk: Jari telunjuk harus di letakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7 dan 8
  2. Tengah: Jari tengah Bertugas menekan huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 9.
  3. Jari Manis: jari manis diletakkan pada huruf L, O, 0, dan titik (.).
  4. Kelingking: Jari kelingking diletakkan pada tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku { } / [ } , garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen), alt serta Shift dan Ctrl kanan.
  5. Jempol: Jari jempol fokus pada spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

2. Posisi jari tangan kiri

Berikut posisi jari tangan kiri dalam cara mengetik 10 jari:

  1. Telunjuk: Jari telunjuk sebelah kiri berfungsi untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 6 dan 5.
  2. Tengah: Jari tengah sebelah kiri digunakan untuk huruf D, E, C, dan angka 4.
  3. Manis: Jari manis digunakan untuk huruf S, W, X, dan 3.
  4. Kelingking: Sedangkan kelingking sebelah kiri diletakkan pada hurud A, Q, Z, 1, 2, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  5. Jempol: Adapun jempok diletakan pada menekan pada spasi.

Jika jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka jempol kiri yang digunakan menekan spasi dan demikian sebaliknya.

3 dari 3 halaman

Cara Mengetik Cepat dengan 10 Jari Bagi Pemula

Berikut adalah beberapa tips berguna untuk meningkatkan keterampilan cara mengetik cepat dengan 10 jari, yaitu:

1. Fokus pada Penempatan Jari

Cara mengetik cepat yang pertama adalah fokus pada penempatan jari. Teknik yang Anda gunakan untuk mengetik selalu berperan besar dalam peningkatan kecepatan dan akurasi. Posisi tangan dan penempatan jari harus tepat jika Anda ingin mulai meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

2. Cobalah Untuk Tidak Melihat Keyboard

Cara mengetik cepat yang selanjutnya adalah dengan mencoba untuk tidak melihat keyboard. Anda perlu mencoba mengetik menggunakan 10 jari tanpa melihat keyboard. Ini memang dapat membuat lebih banyak kesalahan pada awalnya. Namun, seiring waktu, ini akan menjadi trik luar biasa untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi, meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

3. Terus Berlatih

Cara mengetik cepat yang selanjutnya adalah terus berlatih. Latihan membuat segalanya sempurna, termasuk terutama dalam hal mengetik. Ini karena mengetik sebagian besar bergantung pada memori otot dan otot-otot tersebut memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan teknik baru. Semakin banyak Anda berlatih, semakin cepat Anda jago dalam mengetik 10 jari.

4. Perbaiki Postur Anda

Jika Anda ingin mengetik dengan baik, postur duduk yang benar adalah punggung lurus dan dengan kaki yang sedikit terpisah, serta telapak kaki rata di tanah. Tak hanya itu, pergelangan tangan juga harus diposisikan sedemikian rupa sehingga jari-jari Anda dapat menutupi keyboard. Kemudian miringkan kepala sedikit karena hal ini dapat membuat Anda melihat layar dengan benar.

5. Pelajari Tombol Shortcut

Pada windows, ada tombol-tombol tertentu yang dapat dikombinasikan agar menjadi jalan pintas dalam melakukan aktivitas apapun pada keyboard. Jika Anda mempelajari tombol shortcut ini sampai mahir, Anda tentunya tidak akan memerlukan mouse lagi. Berikut ini beberapa shortcut yang sering digunakan:

  1. Ctrl + C = Copy
  2. Ctrl + X = Cut
  3. Ctrl + V = Paste
  4. Ctrl + Z = Undo
  5. Ctrl + S = Save
  6. Ctrl + F = Pencarian kata
  7. Ctrl + A = Highlight semuanya
  8. Shift + Panah Kanan atau Kiri = Hightlight huruf di sebelahnya
  9. Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri = Highlight kata di sebelahnya
  10. Ctrl + Panah Kanan atau Kiri = Memindahkan kursor ke kata di sebelahnya tanpa highlight
  11. Home = Menuju ke awal baris
  12. End = Menuju ke akhir baris
  13. Page Up = Scroll up
  14. Page Down = Scroll down
  15. Alt + Tab = Berpindah ke jendela selanjutnya
  16. Alt + Shift + Tab = Berpindah ke jendela sebelumnya
  17. Alt + F4 = Menutup jendela yang sedang dibuka

Selain itu, Anda juga bisa memakai shortcut ketika sedang melakukan browsing. Perhatikan tombol-tombolnya di bawah ini.

  1. Ctrl + Tab = Berpindah ke tab selanjutnya
  2. Ctrl + Shift + Tab = Berpindah ke tab sebelumnya
  3. Ctrl + T = Memuka tab baru
  4. Ctrl + W = Menutup tab yang sedang dibuka
  5. Ctrl + Shift + T = Membuka tab yang baru saja ditutup
  6. Ctrl + R = Merefresh halaman
  7. Ctrl + N = Membuka jendela browser yang baru
  8. Backspace = Kembali ke halaman sebelumnya
  9. Shift + Backspace = Maju ke halaman setelahnya

6. Belajar Dari Aplikasi

Cara mengetik cepat yang selanjutnya adalah belajar atau berlatih melalui aplikasi yang dikhususkan untuk para pemula. Ada aplikasi-aplikasi khusus yang dibuat untuk para pemula agar dapat berlatih menggunakan keyboard dengan cepat. Anda dapat mengunduh software ini di internet.

7. Tetapkan Tujuan Anda Sendiri

Apa tujuan jangka panjang, apa target harian Anda? Berlatih mengetik lebih cepat setiap hari akan memungkinkan Anda untuk maju dengan cepat. Namun, bagaimana Anda tahu sejauh mana kemajuan setelah satu minggu pelatihan? Anda perlu menetapkan tujuan yang realistis tetapi menantang.

a. Sesi tujuan

Sebelum setiap sesi pelatihan, tetapkan tujuan utama, dan beberapa sasaran sekunder. Anda dapat menetapkan tujuan utama untuk dapat menekan tombol apa saja di baris atas, 20 kali berturut-turut, tanpa melihat keyboard.

b. Sasaran kuat

Dengan mencapai sasaran, Anda akan dapat menilai dengan baik kemajuan setiap minggu. Sebagai saran terakhir: jadilah kreatif ketika menetapkan tujuan, dan cobalah untuk mengaturnya sesulit mungkin, bahkan jika itu membutuhkan kerja ekstra. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.