Sukses

12 Penyebab HP Cepat Panas yang Wajib Diketahui, Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Hp cepat panas, mulai aplikasi hingga baterai.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab Hp cepat panas menandakan ada masalah dapat ponsel Anda. Hp memang normal mengeluarkan panas, namun jika hp terasa sangat panas disertai dengan pengurasan baterai yang cepat, penting untuk mengetahui pemicunya.

Penggunaan yang berlebihan, baterai, atau kondisi software pada ponsel menjadi penyebab HP cepat panas yang paling umum. Sebagai pengguna, kita seharunya bisa memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan juga bijak. Jangan terlalu memaksakan penggunaan Hp, karena hal tersebut justru dapat berdampak buruk bagi gadget kita. 

Penyebab Hp cepat panas dan baterai cepat habis dapat dengan mudah diatasi dengan beragam cara. Mengetahui penyebab Hp cepat panas dan baterai cepat habis bisa menentukan langkah yang tepat mengatasinya.

Untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai penyebab Hp cepat panas beserta cara mudah mengatasinya yang penting Anda ketahui, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (30/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Hp Cepat Panas

1.    Berada di Lingkungan yang Panas

Salah satu penyebab Hp cepat panas adalah karena terlalu lama terkena sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya. Jenis overheating ini bisa menjadi masalah serius. Panas langsung seperti ini dapat secara serius merusak komponen internal ponsel, memengaruhi masa pakai baterai, memperlambat kinerja, dan bahkan merusak layar ponsel.

2.    Layar Terlalu Terang

Penyebab hp cepat panas selanjutnya adalah layar yang terlalu terang. Pengaturan kecerahan layar bisa memengaruhi prosesor dan membuat baterai cepat habis. Anda bisa mencoba mengaktifkan kecerahan otomatis yang bisa menentukan seberapa terang layar yang dibutuhkan di tiap situasi.

3.    Banyak Notifikasi

Jika hp terus menyala, bergetar, atau memutar suara notifikasi, tak menutup kemungkinan Hp anda akan cepat panas. Aliran notifikasi yang konstan membuat prosesor hp Anda terus bekerja. Pastikan Anda hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang Anda gunakan.

4.    Banyak Aplikasi Terbuka

Penyebab hp cepat panas yang paling umum lainnya adalah banyaknya aplikasi yang terbuka. Seringkali orang-orang membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan dan tidak benar-benar menutupnya. Ini yang membuat pemakaian baterai terus berjalan dan membuat hp jadi lemot dan panas.

5.    Wifi Terus Menyala

Fitur wifi yang terus menyala tanpa digunakan bisa menguras baterai dan membuatnya terasa lebih panas. Jika ponsel terus mencari sinyal Wi-Fi di saat yang tidak dibutuhkan bahkan saat tidak ada sambungan wifi, ia dapat dengan mudah membakar banyak daya.

6.    Sinyal Tidak Stabil

Tak cuma wifi, sinyal data seluler yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas dan baterai cepat habis. Ini karena pada saat sinyal tidak stabil, perangkat akan membuat hp mencari sinyal secara terus menerus. Untuk mensiasatinya, Anda bisa mematikan data seluler saat berada di lokasi yang susah sinyal.

3 dari 5 halaman

Penyebab Hp Cepat Panas yang Lainnya

7.    Penyinkronan Otomatis Aplikasi dan Data

Penyebab hp ceopat panas yang tidak terduga lainnya adalah proses sinkronisasi otomatis dalam bermacam-macam aplikasi. Otomatis mencadangkan foto atau menyinkronkan aplikasi mungkin adalah ide bagus untuk keamanan penyimpanan. Namun, proses sinkronisasi yang terlalu sering bisa menguras baterai dan kinerja hp.

8.    OS yang Tidak Terupdate

OS atau sistem operasi yang tidak segera diperbarui bisa menjadi penyebab hp cepat panas. Ini karena sebenarnya pembaruan OS dapat menambahkan perbaikan untuk bug yang bisa memengaruhi kinerja baterai lebih efektif. Jika tidak terupdate, perangkat akan jadi lebih lemot dan panas.

9.    Malware

Malware juga bisa membuat hp cepat panas. Ini karena malware seluler dapat terus menjalankan aplikasi, widget, atau proses berbahaya di latar belakang, membuat prosesor terus bekerja. Ini bisa menyebabkan hp mengeluarkan terlalu banyak panas. Hindari mengunduh aplikasi yang tidak berasal dari toko resmi atau membuka situs yang tidak jelas.

10.    Masalah pada Baterai dan Charger

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah keadaan baterai dan kabel chraging. Jika baterai atau charger Anda sudah terlalu lama, maka panas berlebih smartphone dapat terjadi. Masalah pada baterai dan charger ini bisa menyebabkan masalah saat mengisi daya. Jika ini terjadi, penyebabnya bisa berupa baterai yang rusak, kabel pengisian yang berkualitas buruk, atau masalah dengan port.

11.    Menggunakan Hp Ketika di Charge

Menggunakan hp saat masih diisi daya sangat tidak disarankan. Ini bisa membuat hp panas dan akan cepat habis setelahnya. Jika terus dilakukan, tak menutup kemungkinan kebiasaan ini bisa merusak hardware dan bahkan meledakkan ponsel. Saat mengisi daya, pastikan menempatkannya ditempat yang sejuk dan rata. Hindari menempatkannya pada kasur atau bantal. Selain itu, hp cenderung mengalami panas berlebih saat terisi penuh, jadi isi dayanya saat mendekati 30% dan cabut setelah mencapai 80%.

12.    Bug pada Aplikasi

Bug yang ada di dalam aplikasi dan software akan menjadi penyebab hp cepat panas. Ini karena prosesor tidak akan bekerja dengan optimal. Itu mengapa selalu ada pembaruan atau update dari sebuah aplikasi. Dengan melakukan update aplikasi rutin, akan banyak bug yang akan diperbaiki ulang, sehingga prosesor dapat bekerja secara optimal.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ponsel yang Panas

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi ponsel yang panas, diantaranya:

1.  Hindari Cahaya Matahari

Cara termudah untuk mengatasi panas pada hp adalah dengan menjauhkan hp Anda dari sinar matahari. Ponsel Anda akan menangkap cahaya dan panas dari matahari kemudian menahannya. Semakin lama berada di bawah sinar matahari, maka ponsel bisa cepat panas.

2.  Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi tidak digunakan namun tetap berjalan di latar belakang dapat menyebabkan ponsel Anda bekerja lebih keras, dan akhirnya menyebabkannya panas. Dengan mematikan aplikasi ini, Anda tidak hanya meredakan hp yang panas, namun meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

3.  Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Meningkatkan tingkat kecerahan pada layar ponsel akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Solusinya sederhana, cukup turunkan tingkat kecerahan layar di ponsel Anda.

4.  Lepaskan Casing HP

Jika ponsel Anda terlalu panas, casing tidak akan membantu. Melepas casing hp akan memungkinkan ventilasi pada ponsel melakukan tugasnya tanpa terhalang, sehingga panas ponsel Anda dapat mereda lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Ponsel Agar Tidak Cepat Panas

Berikut ini ada beberapa cara mencegah ponsel Anda agar tidak cepat panas, yaitu:

1.    Selalu perbarui aplikasi dan software.

2.    Pisahkan ponsel dari gadget lainnya.

3.    Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.

4.    Hindari perubahan suhu yang tiba-tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.