Sukses

5 Anggota JKT48 Ini Pernah Terlibat Skandal Pacaran, Terbaru Yessica Tamara

Di dalam JKT48, ada Golden Rules yang mengikat seluruh membernya agar tak memiliki pacar.

Liputan6.com, Jakarta JKT48 merupakan salah satu girl group yang masih eksis di Tanah Air hingga kini. Meski telah berulang kali berganti member, namun dengan sistem manajemen yang baik dan fandom yang loyal, grup ini pun nampak tak pernah kehilangan eksistensinya.

Di JKT48 terdapat aturan yang diberi nama Golden Rules. Aturan ini bersifat mengikat dengan ketat kepada seluruh anggota aktif JKT48. Dalam aturan ini, setiap anggota tidak diperbolehkan untuk berpacaran selama masih menjalin kerja sama atau kontrak sebagai anggota resmi JKT48.

Belakangan ini, dua member JKT48 yakni Ara dan Chika kedapatan melanggar aturan tersebut. Akhirnya, Ara pun terpaksa didepak dari girl grup yang membesarkan namanya ini, sedangkan untuk Chika, aktivitasnya sebagai member JKT48 ditangguhkan.

Sebelum Ara dan Chika, sebenarnya sudah ada beberapa member yang sempat tersandung skandal pacaran. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasan selengkapnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (29/8/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jessica Vania - Jeje JKT28

Jessica Vania atau yang dulu dikenal dengan nama panggung Jeje JKT48 merupakan salah satu member di generasi pertama. Jeje juga merupakan member pertama yang pernah tersangkut skandal pacaran.

Di tahun 2014, Jeje tersangkut skandal setelah para fans mengungkap foto mesranya dengan seorang pria bernama Patrick Juanito. Ia pun sempat dituntut untuk mundur dari posisinya, namun usai tampil dalam pertunjukan teater Dareka No Tame Ni, ia mengaku menyesal telah membuat para penggemarnya kecewa. Bahkan, Melody Laksani selaku kapten juga turut meminta maaf kepada para fans atas kesalahan yang dibuat Jeje.

Ketika itu, ia pun akhirnya masih memiliki kesempatan kedua untuk berkarier bersama JKT48. Hingga akhirnya Jeje pun lulus dari JKT48 di tahun 2017.

3 dari 7 halaman

2. Thalia - Tata JKT48

Menyusul skandal dari Jeje, Thalia atau yang lebih dikenal dengan nama Tata JKT48 pun juga tersandung kasus pacaran di tahun 2015. Foto-fotonya bersama dengan seorang pria bernama Fade Perkasa beredar luas di Twitter. 

Tak lama kemudian, pihak manajemen JKT48 pun mengumumkan bahwa mereka memutuskan kontrak dengan Tata. "Kami mengumumkan bahwa Thalia (Team KIII), Terhitung mulai Tanggal 26 Agustus 2015 sudah tidak melanjutkan aktivitasnya di JKT48. Kami mohon pengertiannya dan terima kasih."

Setelah itu, Tata pun turut buka suara terkait hal ini. "Sebenernya saya memang mau keluar sejak 8 bulan lalu sebelum saya kenal @FadePrakasa karena orang tua sudah tidak mengizinkan saya lagi," tulisnya di akun twitter @thltata.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Ratu Vienny Fitrilya - Viny JKT48

Ratu Vienny Fitrilya atau yang lebih dikenal dengan nama Viny JKT48 di tahun 2017 juga sempat tersandung kasus pacaran. Ia dikabarkan berkencan diam-diam dengan seorang pria. Foto-foto kebersamaannya pun tersebar luas di media sosial. Akibatnya, Viny yang saat itu menjabat sebagai kapten Team KIII JKT48, status keanggotaannya kemudian diturunkan menjadi trainee.

“Sebagai kapten, saya merasa telah melaksanakan hal yang nggak pantas dilakuin dan sebal sama diri sendiri.” lanjutnya. Aku gak mau member lainnya terkena dampak, tidak mau mereka jatuh cuma sebab kelakuan saya , ini semua tanggung jawab saya sebagai kapten. Dan sebab itulah saya Viny memutuskan mundur dari posisi kapten JKT48 Tim K3.” kata Vienny pada waktu itu.

5 dari 7 halaman

4. Gabryela Marceline - Aby JKT48

Di penghujung tahun 2020, Gabryela Marceline atau yang lebih populer dengan nama Aby JKT48 juga sempat tersandung skandal pacaran. Hal ini diungkapkan oleh akun anonimus dengan nama @haetooasw.

Dari postingan akun @haetooasw pada tanggal 11 November 2020, ia membeberkan bahwa Aby pernah menikmati liburan bersama seorang cowok yang diduga adalah seorang Youtube populer inisial G.

Sepekan setelah video Aby dan pria yang diduga kekasihnya tersebut viral di kalangan warganet, akhirnya pihak manajemen JKT48 pun mengambil tindakan tegas untuk memutus kontrak dengan Aby.

Perlu diketahui bahwa Gabryela Marceline dari team KIII telah melakukan tindakan yang tidak sesuai sebagai member JKT48. Oleh karena itu, terhitung mulai hari ini, yang bersangkutan tidak lagi tercatat sebagai member JKT48. Maka, segala aktivitasnya pun tidak lagi berhubungan dengan JKT48." tulis pihak manajemen JKT48 pada 16 November 2020.

6 dari 7 halaman

4. Zahra Nur - Ara JKT48

Zahra Nur Khaulah alias Ara JKT48 sempat menjadi trending di Twitter karena potret mesranya dengan sang kekasih tersebar luas di kalangan warganet. Dalam potret tersebut, Ara nampak sedang dipeluk mesra oleh Fiki yang merupakan member dari boyband UN1TY.

Namun, menanggapi foto tersebut, pihak manajemen akhirnya memutuskan untuk mendepak ponakan Dara The Virgin ini dari JKT48. Dalam pernyataan resmi yang dirilis pada 25 Agustus 2021, pihak JKT48 sebenarnya sudah memberikan kesempatan buat Ara untuk melakukan klarifikasi terkait foto mesra tersebut. Namun, Ara dinilai memberikan pernyataan yang dinilai tidak sesuai dengan kebenaran. Karena itu, JKT48 tak punya pilihan selain memecat Ara.

"Terkait foto Zahra Nur yang beredar di sosial media beberapa hari yang lalu, yang bersangkutan telah memberikan penjelasan dan klarifikasi yang tidak sesuai dengan kebenaran kepada manajemen dan para fans sekalian. Kami sangat menyesalkan situasi ini," kata pihak JKT48.

 

Sosok member JKT48, Zahra Nur Khaulah alias Ara jadi sorotan publik. Nama Zahra sempat trending di Twitter gara-gara beredar foto mesra diduga bersama sang kekasih

Yang menarik, kekasih Zahra alias Ara diisukan berinisial F yang merupakan member boyband Tanah Air. Padahal JKT48 selama ini ketat melarang para anggotanya berpacaran dengan ancaman sanksi dipecat.

Menanggapi munculnya foto Ara diduga dengan kekasih, JKT48 per 25 Agustus mengungkap reaksi mereka. Ara yang sudah bergabung sejak April 2019 itu akhirnya resmi dipecat oleh JKT48.

Dalam pernyataan resmi, pihak JKT48 sebenarnya sudah memberikan kesempatan buat Ara untuk melakukan klarifikasi terkait foto mesra tersebut. Namun, Ara dinilai memberikan pernyataan yang dinilai tidak sesuai dengan kebenaran. Karena itu, JKT48 tak punya pilihan selain memecat Ara.

"Terkait foto Zahra Nur yang beredar di sosial media beberapa hari yang lalu, yang bersangkutan telah memberikan penjelasan dan klarifikasi yang tidak sesuai dengan kebenaran kepada manajemen dan para fans sekalian. Kami sangat menyesalkan situasi ini," kata pihak JKT48.

 

Berbeda dengan Chika yang langsung memberikan klarifikasi atas kegaduhan yang ditimbulkannya, pihak Ara JKT48 malah masih bungkam hingga kini. Bahkan, pihak manajemen juga menganggap ponakan dari Dara The Virgin ini tak memiliki iktikad baik untuk menjelaskan pokok permasalahan yang dihadapi. Maka dari itu, pihak manajemen pun mengambil tindakan tegas atas tindakan Ara.

"Setelah satu minggu lebih berusaha untuk menghubungi Zahra Nur, yang bersangkutan tidak menunjukkan itikad baik untuk berkomunikasi dan tidak memenuhi panggilan yang diberikan oleh manajemen. Oleh karena pelanggaran kewajiban dan peraturan sebagai member, terhitung mulai hari ini yang bersangkutan tidak lagi tercatat sebagai member JKT48. Maka, segala aktivitasnya pun tidak lagi berhubungan dengan JKT48," tulis pihak manajemen dalam press rilis yang diunggah di website resmi JKT48 pada Rabu (25/8).

Sedangkan untuk Chika, pihak manajemen mengambil keputusan yang berbeda karena ia kooperatif dalam menyelesaikan masalah. 

"Kami memutuskan untuk menangguhkan aktivitas Yessica Tamara sebagai member JKT48 sampai dengan akhir Oktober 2021. Selama ditangguhkan, yang bersangkutan tidak akan tampil di panggung publik seperti teater, event, media, dan sejenisnya. Selama masa tersebut, kami harap yang bersangkutan dapat melakukan hal-hal yang bisa membuatnya melakukan introspeksi diri dan beraktivitas dengan kesadaran dan rasa tanggung jawab yang sepantasnya." dilansir dari website resmi JKT48 pada Rabu (25/8).

7 dari 7 halaman

5. Yessica Tamara - Chika JKT48

Tak lama setelah foto Ara dan Fiki UN1TY viral, Chika JKT48 pun tersangkut kasus yang sama. Dalam sebuah potret, nampak bahwa Chika, Ara, Fiki, dan Fajri UN1TY tengah menikmati double date atau kencan ganda. 

Terakit hal tersebut, akhirnya Chika JKT48 pun angkat bicara terkait hal ini. Dalam klarifikasi tersebut, Chika membenarkan bahwa foto tersebut adalah dirinya. Dirinya pun mengaku telah menjelaskan semuanya kepada pihak manajemen.

Dalam video yang diunggah secara live di Instagram resmi JKT48 tersebut, Chika menyatakan bahwa dirinya menyesal akan kejadian tersebut. Dirinya juga meminta maaf, tidak hanya kepada fans yang telah setia mendukungnya, tetapi juga kepada pihak manajemen.

Berbeda dengan Ara yang langsung didepak dari JKT48, terkait dengan aktivitas Chika ini, pihak manajemen memutuskan menangguhkan kegiatannya untuk sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.