Sukses

Pengantin Ini Tak Keramas 7 Hari Jelang Menikah, Hasil Makeupnya Curi Perhatian

MUA ini bagikan kisah pengantin wanita yang tak keramas 7 hari sesuai ritual Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai makeup artist atau MUA tentu dituntut untuk bisa menghasilkan riasan wajah yang apik dan membuat kliennya merasa puas. Terlebih lagi saat merias wajah pengantin. Selain harus sesuai dengan selera kliennya, berbagai tantangan merias pengantin emmang bukanlah perkara yang mudah.

Seperti yang dihadapi oleh salah satu MUA berikut ini. Lewat akun media sosialnya, sang penata rias ini membagikan kisahnya saat mendapatkan klien wanita yang akan menikah. Bukan sekadar merias saja, MUA ini curhat jika kliennya juga harus menjalani ritual adat Jawa.

Ritual adat Jawa tersebut yakni si pengantin wanita tak diperbolehkan keramas selama 7 hari menjelang pernikahannya. Alhasil sang MUA berusaha untuk turut memamerkan hasil riasan sang pengantin agar mengeluarkan aura kecantikan.

Dalam video itu pua dipelihatkan hasil makeupnya yang membuat netizen terpukau. Banyak yang beranggapan jika aura pengantin wanita tersebut begitu terlihat dan memesona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalani Ritual Adat Jawa

Dilansir dari akun TikTok @makeupbyiirma oleh Liputan6.com, Kamis (26/8/2021) membagikan video di TikTok miliknya saat mendapat klien wanita di Blitar, Jawa Tengah. Tak seperti merias pengantin pada umumnya, sang MUA curhat jika kliennya itu juga menjalani ritual adat Jawa menjelang menikah.

"Ritual Jawa yang pernah kami tahu di lokasi wedding, Saat aku dan tim make up pengantin di Blitar. Ada beberapa ritual pengantin yang dilakukan. Berikut beberapa ritual yang kami tahu saat hari itu juga," tulis MUA sebagai keterangan TikTok-nya.

Rupanya ritual adat Jawa tersebut yakni sang pengantin wanita tak diperbolehkan keramas 7 hari menjelang hari pernikahannya itu. Sang pengantin juga harus memakai sejenis gelang sepanjang ritual.

"Pengantin dan keluarganya tidak boleh keramas selama 7 hari sebelum acara berlangsung. Pengantin memakai gelang seperti ini dan tidak boleh dilepas selama acara," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Hasil Makeup yang Banjir Pujian

Selain tak diperbolehkan keramas, pengantin juga harus memiliki keris. Ritual meliputi penyalaan dupa yang tidak boleh mati. Dupa itu juga harus dilengkapi dengan berbagai sesajen di dalam kamar selama dirias.

"Penyalaan dupa selama acara dan tidak boleh mati. Keris tidak dari perlas, melainkan dari keluarga sendiri. Terdapat sajen di sekeliling dupa," jelas MUA dalam videonya yang sudah ditonton sebanyak 7,6 juta views itu.

Setelah selesai dirias, sang MUA bahkan dibuat terkejut dengan penampilan si pengantin. Ia menyebut jika aura pengantinnya begitu terpancar, entah karena ritual atau makeup.

Netizen pun juga setuju dengan pernyataan sang MUA. Sebagian besar netizen memuji hasil makeupnya yang tak menor namun tetap terliaht elegan.

"asli ngaruh banget apa ya ritual2 begitu, cantik parah pengantinnya" tulis Putriii.

"divideo ja aura nya keluar, apa lagi aslinya" saut nonaaa.

"Sumpah cantik banget" timpal Boru.

"mitos di daerahku Blitar juga.. gak boleh cuci baju katanya takut hujan deras" tambah krisniatiwi.

@makeupbyiirma

Ritual Jawa yang pernah kami tau di Lokasi Wedding

♬ Sounds like a mystery music box - Yohei

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.