Sukses

Harga PS4 Tahun 2021 Terlengkap dengan Spesifikasi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Bandrolan harga PS4 di tahun 2021 adalah Rp 3.099.000 sampai Rp 6.998.000.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pengalaman bermain game menyenangkan dan puas di tahun 2021 bisa didapat dengan Playstation (PS) 4. Ada tiga varian yang bisa dijadikan pilihan, yakni PS4 fat, PS4 slim, dan PS4 pro. Berapa harga PS4 di tahun 2021?

Konsol game jebolan Sony dengan nama PS4 atau Playstation generasi keempat merupakan salah satu konsol terlaris di dunia. Bandrolan harga PS4 di tahun 2021 adalah Rp 3.099.000 sampai Rp 6.998.000. Harga PS4 ini sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. 

Sejumlah upgrade nyata ada pada seri terbaru ini. Mulai dari prosesor CPU yang lebih cepat, chip grafis yang lebih bertenaga hingga kapasitas ruang memori yang lebih lega. Semua aspek itu tentunya memberi kenyamanan maksimal bagi gamer ketika memainkan permainan favoritnya.

Berikut Liputan6.com ulas harga PS4 di tahun 2021, lengkap kelebihan dan kekurangannya dari berbagai sumber, Rabu (25/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga PS4 Tahun 2021 yang Fat adalah Rp 3.099.000 – Rp 3.599.000

PS4 fat dilengkapi dengan hard drive sebesar 1TB. PS4 fat ini memiliki sistem mekanik di dalam konsol. Sudah diperbarui serta kipas di dalam PS4 fat ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, suara mesin dari PS4 fat ini lebih halus.

Dibanding dengan seri lainnya, harga PS4 yang fat lebih murah atau rendah. Ini karena spesifikasinya memiliki sejumlah perbedaan. PS4 memiliki ukuran atau bodi yang lebih berat dan besar, tetapi PS4 tidak terlalu membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

Bila melihat dari bandrolan harga PS4 fat sekarang, jauh lebih terjangkau dibanding tahun 2020 lalu yang masih di Rp 5 jutaan. Keunikan dari PS4 fat adalah ketika menyala, akan terlihat garis cahaya biru yang membuatnya tampak lebih artistik. Panelnya sudah glossy, tetapi ini membuatnya mudah terkena noda tangan dan debu.

3 dari 5 halaman

Harga PS4 Tahun 2021 yang Slim adalah Rp 4.020.000 – Rp 5.750.000

PS4 Slim memiliki bodi yang jauh lebih ramping. Si bungsu ini memiliki ketebalan yang hanya 3,9 cm. PS4 fat tebalnya mencapai 5,3 cm. Sedangkan PS4 Pro malah berukuran 5,5 cm. Harga PS4 Slim tentu akan lebih murah. Akan tetapi sebelum menyentuh ke harga PS4 Slim, mari kita bahas apa dan bagaimana spesifikasi dari PS4 Slim.

Selain bentuk fisiknya, Playstation Slim 4 mendapat penyempurnaan pada bagian tombol. Bila sebelumnya tombol perangkat konsol ini dirasa terlalu sensitif, maka Sony meninjau ulang komposisi tombol menjadi lebih baik. Tidak banyak penyempurnaan yang Sony hadirkan pada bagian dalam Playstation Slim 4. Perangkat konsol ini memiliki fitur high dynamic range (HDR), namun fitur ini sebenarnya juga telah lebih dulu ada di PS4.

Satu peningkatan yang menonjol pada bagian dalam Playstation Slim 4 adalah sisi mekanikanya. Konsol ini memiliki mesin yang bekerja lebih halus tanpa membuat banyak suara. Nyaris tak ada desis ketika Anda memutar disc atau menonton serial di Netflix.

Jika tidak memiliki hasrat yang terlalu besar untuk memainkan game yang hardcore, maka perangkat ini adalah pilihan yang bagus. Lagi pula, PS4 berukuran lebih kecil, ringan, bersuara halus dan tentunya juga lebih murah dibandingkan PS4 ataupun PS4 Pro.

4 dari 5 halaman

Harga PS4 Tahun 2021 yang Pro adalah Rp 6.900.000 – Rp 6.998.000

Selayaknya nama Pro yang disematkan pada PS4 ini, secara spesifikasi memang lebih mumpuni dibanding PS4 versi standar. Bahkan PS4 Pro tersebut mampu menyajikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan, karena PS4 Pro sudah mampu untuk menyuguhkan grafis game dengan resolusi 4K.

Khusus untuk PS4 Pro hadir dengan tiga port USB sekaligus. Tentunya fitur ini sangat berbeda dengan PS4 versi standar yang hanya dibekali dengan dua port USB. Adanya port USB tambahan ini berfungsi sebagai slot untuk PS VR. Fitur lain yang ada di PS4 Pro yaitu sudah dibekali dengan dukungan HDMI 2.0 yang mampu memaksimalkan hadirnya resolusi 4K tersebut.

Sedangkan dari sisi dapur pacu, PS4 Pro sudah dibekali dengan prosesor octa core dari AMD yang tentunya lebih kencang. Bahkan kecepatan clock-nya bisa mencapai 2,1 GHz, jauh berbeda dibanding dua generasi sebelumnya yang berada di angka 1,6 GHz saja. Peningkatan dari segi performa juga terjadi pada sisi chip grafis, di mana performanya dapat melonjak hingga 911 MHz. Hal tersebut praktis membuat bandwith-nya dapat meningkat hingga menjadi 4,2 Tera Flop.

Jika berminat, maka harga PS4 Pro ini memang bisa dikatakan jauh lebih mahal dibandingkan varian PS4 sebelumnya. Harga PS4 Pro ini di banderol pada kisaran harga berkisar Rp 7 juta, tergantung penawaran serta lokasi pembelian.

5 dari 5 halaman

Tips Membeli PS4

1. Beli di toko resmi

Seiring kemajuan teknologi, banyak orang yang menggunakannya untuk merugikan orang lain, salah satunya tindak penipuan. Pastikan sebelum membeli kamu mengetahui toko tersebut. tapi, apabila kamu akan membeli di toko online, ada baiknya untuk mencari toko online yang kredibel.

2. Beli yang memiliki kode wilayah SEA

Kode wilayah SEA adalah kode untuk daerah atau negara di Asia Tenggara seperti Indonesia dengan kode wilayah akhiran 06. Hal ini mungkin sering dilewatkan, namun sebenarnya memahami kode wilayah tersebut berkaitan erat dengan layanan garansi resmi dari Sony Indonesia.

3. Cek kondisi fisik saat membeli

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Mungkin saja pihak pabrikan melakukan kesalah dan lolos dari QC. Itulah mengapa penting untukmu saat membeli PS4 coba nyalakan dan mainkan sebentar.

Tapi, hal tersebut mungkin hanya apabila membeli di toko. Jika kamu beli secara online, maka coba minta pengecekan melalui video. Tapi sebelum di video, minta si penjua menuliskan nama tokonya di atas produk yang akan kamu beli.

Jangan lupa juga untuk mengecek asli tidaknya barang dari kode produk yang ada di kardus dan unit PS4. Namun, apabila memungkinkan memang lebih baik lakukan COD (Cash On Delivery) hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Sesuaikan dengan budget

Tips berikutnya adalah dengan menyesuaikan budget untuk membeli PS4. Meski konsol tersebut sudah lama kamu inginkan namun budgetmu belum cukup, jangan sampai kamu memaksakan untuk membeli PS4 apalagi dalam kondisi baru. Kamu bisa memilih untuk beli PS4 dalam kondisi bekas namun yang masih bagus.

Sebab elektronik akan selalu berkembang, timing membelimu juga harus tepat. Jangan sampai menyesal sudah beli PS4 tapi beberapa bulang kemudian justru keluar PS5. Tentunya rasa kecewa akan muncul dan kamu tidak akan mendapatkan pengalaman menyenangkan ketika bermain PS4 milikmu.

5. Jangan tergiur harga PS4 murah

Apabila dari sisi budget terbatas, kamu bisa memilih untuk membeli konsol bekas atau cari PS4 baru namun dengan promo-promo potongan harga. Tapi, tetap hati-hati karena saat ini banyak penipuan yang menyasar para calon konsumen konsol game. Pastikan toko baik itu offline atau online benar-benar bisa dipercaya. Sebab harga PS4 murah bisa membutakan mata dan berakibat terburu-buru saat membeli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini