Sukses

Manfaat Kerja Sama Ekonomi Internasional, Tujuan dan Bentuknya

Kerja sama ini mengarah pada ekonomi yang lebih efisien.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kerja sama ekonomi internasional penting dalam perkembangan suatu negara. Kerja sama ekonomi internasional termasuk bentuk kerja sama yang banyak dibangun antar negara di dunia. Manfaat kerja sama ekonomi internasional merupakan wujud dari tujuan kerja sama ini.

Manfaat kerja sama ekonomi internasional membentuk sebuah integrasi ekonomi yang saling menguntungkan. Ketika ekonomi antar negara terintegrasi, hambatan perdagangan turun dan koordinasi ekonomi dan politik meningkat. Manfaat kerja sama ekonomi internasional mengarah pada ekonomi yang lebih efisien.

Manfaat kerja sama ekonomi internasional bisa terjadi antar dua atau banyak negara. Manfaat kerja sama ekonomi internasional juga dirasakan oleh Indonesia. Berikut manfaat kerja sama ekonomi internasional, tujuan, dan bentuknya, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian kerja sama ekonomi internasional

Kerja sama ekonomi internasional adalah kerja sama yang menunjukkan hubungan antar negara dalam bidang ekonomi dengan dasar kepentingan tertentu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur kegiatan ekonomi nasional.

Tiap negara memiliki kondisi geografis dan sumber daya manusia yang berbeda-beda. arena itu, satu negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Inilah yang menjadi dasar terbentuknya kerja sama ekonomi internasional.

Kerja sama ekonomi internasional berbeda dengan perdagangan internasional. Kerja sama ini meliputi kerja sama antar negara di bidang ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, hingga struktur kegiatan ekonomi nasional.

Kerja sama ekonomi internasional biasanya mencakup mencakup pengurangan atau penghapusan hambatan perdagangan dan koordinasi kebijakan moneter dan fiskal.

3 dari 6 halaman

Tujuan kerja sama ekonomi internasional

Tujuan kerja sama ekonomi internasional terkait dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi yang saling menguntungkan. Berikut tujuan kerja sama ekonomi internasional secara umum:

- Mengisi kekurangan di bidang ekonomi bagi masing-masing negara yang mengadakan kerja sama.

- Meningkatkan perekonomian negara-negara yang mengadakan kerja sama di berbagai bidang.

- Meningkatkan taraf hidup manusia, kesejahteraan, dan kemakmuran dunia.

- Memperluas hubungan dan mempererat persahabatan.

- Meningkatkan devisa negara

Selain tujuan umum, ada juga tujuan khusus dari dibentuknya kerja sama ekonomi internasional. Tujuan khusus ini meliputi:

- Mencukupi kebutuhan mansyarakat masing-masing negara akan barang dan jasa

- Memperoleh pengakuan sebagai negara merdeka

- Mempererat hubungan antar negara di berbagai bidang

- memperluas pasar hasil produksi barang dan jasa

- Mendorong peningkatan produktivitas hasil produksi

- Memperluas lapangan kerja

- Menambah devisa negara

- Mendistribusikan manfaat sumber yang mengurangi ketimpangan antara negara maju dan berkembang.

4 dari 6 halaman

Manfaat kerja sama ekonomi internasional

Meminimalkan biaya perdagangan

Manfaat kerja sama ekonomi internasional mengarah pada pengurangan biaya perdagangan, meningkatkan ketersediaan barang dan jasa, dan meningkatkan daya beli konsumen di negara-negara anggota.

Memperluas lapangan kerja

Melalui kerja sama ekonomi internasional kesempatan kerja cenderung meningkat. Ini terjadi karena liberalisasi perdagangan mengarah pada perluasan pasar, berbagi teknologi, dan investasi lintas batas.

Kerja sama politik

Manfaat kerja sama ekonomi internasional juga berpengaruh dalam hubungan politik antar negara. Kerja sama politik antar negara juga dapat meningkat karena ikatan ekonomi yang lebih kuat, yang memberikan insentif untuk menyelesaikan konflik secara damai dan mengarah pada stabilitas yang lebih besar.

5 dari 6 halaman

Manfaat kerja sama ekonomi internasional

Manfaat kerja sama ekonomi internasional lainnya juga meliputi:

- Memperkuat dan meningkatkan kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi di antara para anggota.

- Meliberalisasi secara progresif dan meningkatkan perdagangan barang dan jasa, serta menciptakan suatu sistem perdagangan yang transparan dan mempermudah investasi.

- Menggali bidang-bidang kerja sama yang baru dan mengembangkan kebijakan yang tepat dalam rangka kerja sama ekonomi di antara para anggota.

- Memfasilitasi integrasi ekonomi yang lebih efektif dari para anggota dan menjembatani kesenjangan pembangunan ekonomi di antara para anggota.

6 dari 6 halaman

Bentuk dan contoh kerja sama ekonomi internasional

Kerja sama ekonomi internasional terbagi menjadi beberapa bentuk, dilihat dari bentuk kerja samanya. Kerja sama ekonomi ini terbagi ke dalam empat kategori, yaitu kerja sama ekonomi bilateral, regional, multilateral, dan antar regional.

Kerja sama ekonomi bilateral

Kerja sama ekonomi bilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan dua negara dan bersifat saling membantu. Contohnya kerja sama antara Indonesia dan Singapura, Indonesia dan Inggris, atau Indonesia dan Amerika.

Kerja sama ekonomi regional

Kerja sama ekonomi regional adalah kerja sama ekonomi diantara beberapa negara yang berada di kawasan tertentu. Contohnya ASEAN, UNI EROPA, EFTA, APEC, AFTA dan sejenisnya.

Kerja sama ekonomi multilateral

Kerja sama ekonomi multilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan banyak negara dan tidak terikat oleh batas region atau wilayah atau kawasan negara tertentu. Contohnya kerja sama antara Indonesia, Jerman, Perancis, Jepang, Inggris, Korea, China, Rusia, Singapura, dan sebagainya.

Kerja sama ekonomi antar regional

Kerja sama ekonomi antar regional adalah kerja sama ekonomi diantara dua kelompok kerja sama ekonomi regional. Contoh : Kerja sama antara Uni Eropa dengan ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini