Sukses

12 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Akurat, Terlihat dari Bentuk Perut

Beberapa penelitian tentang ciri-ciri hamil anak perempuan ada yang bisa menjelaskan tetapi belum ada penelitian lanjutan.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri hamil anak perempuan dapat dikenali dari beberapa kondisi tubuh wanita yang mengandungnya. Paling populer, ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat terlihat dari bentuk perut mencuat. Lalu dapat diamati dari perubahan payudara, kulit, dan rambut.

Mengamati ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat memang terdengar konyol. Meski ada yang mengatakan benar, ada juga yang mengatakannya kurang tepat. Beberapa penelitian tentang ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat ada yang bisa menjelaskan tetapi belum ada penelitian lanjutan. 

Menurut dr. Anita Amalia Sari melansir dari laman klikdokter.com, jenis kelamin anak yang akan dimiliki tak dapat ditentukan secara langsung oleh diri sendiri. Jika benar-benar ingin hamil anak perempuan, metode pasti yang bisa dicoba adalah program bayi tabung. Namun, metode kehamilan ini membutuhkan biaya besar.

Berikut Liputan6.com ulas tentang ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat dan penjelasannya dari berbagai sumber, Kamis (19/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Akurat

1. Kenali dari Kondisi Kulit dan Rambut

Ciri-ciri hamil anak perempuan yang perlu dikenali mitos dan faktanya adalah kulit berminyak dan rambut kusam. Beberapa orang percaya bahwa memiliki kulit berminyak dan rambut kusam dapat berarti seorang ibu hamil mengandung bayi perempuan.

Namun, keyakinan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat ini tidak berbasis ilmiah. Di sisi lain, perubahan dalam produksi minyak atau penampilan rambut selama kehamilan berhubungan dengan perubahan hormon atau perubahan dalam pola makan. Tak hanya ciri-ciri hamil anak perempuan.

2. Perhatikan Bantuk Perut

Banyak yang percaya jika bentuk perut terlihat tinggi atau menonjol ke atas merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat. Berat badan yang bertambah pada area perut juga diduga sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat.

Namun, bukti ilmiah tidak mendukung teori ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat ini. Bentuk perut dan berat badan pada wanita hamil tergantung pada tipe badan, pertambahan berat badan, tingkat kebugaran, dan kekuatan otot.

3. Mengalami Tingkat Stres Parah

Tingkat stres yang tinggi dikaitkan dengan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat . Jika seorang wanita memiliki tingkat stres yang tinggi sebelum hamil, ia mungkin akan mengandung seorang anak perempuan.

Tingkat stres wanita sebelum hamil dapat memengaruhi jenis kelamin bayi. Sebuah studi tahun 2012 menemukan hubungan antara kadar hormon stres kortisol dan rasio kelahiran bayi laki-laki dan perempuan.

Dalam studi ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat ini, wanita dengan tingkat kortisol tinggi secara statistik lebih mungkin untuk memiliki anak perempuan.

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa dalam dua tahun setelah gempa bumi di pulau Zakynthos Yunani, tingkat kelahiran bayi laki-laki menurun. Para peneliti menduga bahwa peningkatan tingkat stres di komunitas pulau tersebut memengaruhi rasio kelahiran.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut tentang ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat untuk memahami hubungan antara stres dan jenis kelamin bayi yang belum lahir.

4. Perhatikan Kondisi Morning Sickness

Ibu hamil dengan morning sickness ekstrem dikaitkan dengan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat. Beberapa orang berpikir bahwa mual di pagi hari adalah ciri-ciri hamil anak perempuan. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa merasa sakit selama kehamilan dapat dikaitkan dengan jenis kelamin bayi.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat mengalami lebih banyak peradangan ketika sistem kekebalan mereka terpapar bakteri dibandingkan dengan yang membawa anak laki-laki.

Perbedaan ini dapat berdampak pada cara ibu mengandung anak perempuan dengan mengalami mual di pagi hari. Mereka mungkin merasa lebih tidak sehat daripada yang mengandung anak laki-laki.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat untuk memahami sepenuhnya jika ada hubungan antara mual di pagi hari dan jenis kelamin bayi.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Akurat Selanjutnya

5. Merasakan Detak Jantung Bayi

Beberapa orang percaya bahwa jika jantung bayi berdetak cepat, merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan. Menurut beberapa orang, kecepatan detak jantung lebih dari 140 denyut per menit berarti ibu mengandung bayi perempuan.

Para peneliti membantah mitos mengenai tingkat detak jantung sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat. Mereka tidak menemukan perbedaan signifikan antara denyut jantung pada janin laki-laki dan perempuan.

Denyut jantung bayi perempuan biasanya lebih cepat daripada bayi laki-laki. Hal ini benar namun setelah persalinan di mulai artinya benar saat bayi telah lahir ke dunia. Sebelum itu, usia janinlah yang benar-benar memengaruhi kecepatan detak jantung.

Sekitar minggu ke 5 kehamilan, detak jantung janin kira-kira sama dengan detak ibu, antara 80 hingga 85 detak per menit. Kecepatan ini akan terus meningkat sampai minggu ke 9, antara 170 dan 200 denyut per menit. Kemudian mulai melambat ke rata-rata antara 120 dan 160.

6. Merasa Ngidam Rasa Manis

Wanita sering mengalami masa ngidam saat hamil. Beberapa orang percaya jika seorang wanita ngidam makanan manis, hal ini merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan, sedangkan mengidam asin mungkin mengindikasikan seorang anak laki-laki.

Namun, tidak ada bukti ilmiah soal ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat dapat menunjukkan bahwa mengidam makanan selama kehamilan dapat menunjukkan jenis kelamin bayi.

7. Mengalami Perubahan Mood Ekstrem

Perubahan hormon selama kehamilan seringkali dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Beberapa orang berpikir bahwa wanita yang mengandung anak perempuan memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi sehingga lebih moody.

Namun, penelitian mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat tidak mendukung teori ini. Tingkat hormon yang naik selama kehamilan dan akan setelah melahirkan tidak ada kaitannya dengan apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

8. Ada Perubahan Bentuk Payudara

Selain itu perubahan bentuk pada anggota badan tertentu dapat dijadikan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat. Salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan adalah perbedaan bentuk payudara sang ibu.

Ketika ibu sedang mengandung anak perempuan, banyak orang percaya bahwa bentuk payudaranya akan mengalami perbedaan. Jika payudara sebelah kiri akan nampak lebih besar dibandingkan yang sebelah kanan, maka ibu tengah menunjukkan ciri-ciri sedang mengandung anak perempuan.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Akurat Lainnya

9. Merasakan Lelah Berlebihan

Tak hanya merasa nyeri, ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat biasanya dibarengi dengan perasaan lelah. Lelah juga termasuk ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat, kebanyakan wanita mengalami pada bulan pertama kehamilan. Ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat ini terjadi disebabkan karena perubahan hormon, kadar gula darah, dan tekanan darah tubuhnya.

10. Muncul Flek Cokelat

Tak jarang wanita yang mengalami flek karena darah menstruasi masih tersisa dalam rahim. Meski begitu, flek cokelat bisa menjadi tanda kehamilan 1 minggu. Umumnya awal kehamilan, wanita mengalami flek karena ada pendarahan implantasi.

Flek ini muncul bukan karena hubungan seksual satu hari sebelumnya. Bisa jadi, flek ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat muncul karena hubungan seksual 10 hari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena flek atau pendarahan ringan hanya terjadi tepat setelah 10 hingga 14 hari pembuahan.

Flek ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Selama trimester pertama, organ intim juga dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning.

11. Mengalami Kram Perut

Ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat kedua bisa dikenali dari kram perut yang dialami. Pada minggu pertama setelah terjadi konsepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma) kram perut akan terjadi. Ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat ini kebanyakan muncul di atas dua minggu pascamenstruasi terakhir. Kram perut terjadi akibat penempelan hasil konsepsi (embrio) ke dalam dinding rahim, yang disebut dengan implantasi. Ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat ini cukup jarang disadari banyak orang.

12. Mengalami Keputihan Banyak

Keputihan bisa menjadi tanda kehamilan 1 minggu yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat memiliki ciri dan warna yang khas seperti susu, hingga cairan keputihan nya tidak encer.

Perbedaan keputihan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat dengan keputihan saat periode menstruasi dapat dilihat dari perbedaan volumenya. Volume cairan pada keputihan ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat lebih banyak. Bahkan jumlahnya dapat bertambah hingga mendekati persalinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.