Sukses

6 Rahasia Chatbot Meningkatkan Penjualan Bisnis

Dengan kecerdasan buatan AI, Chatbot Qontak mampu merespon lebih dari 1000 permintaan pelanggan yang masuk dari Instagram, WhatsApp, Facebook, Line, Telegram dan lainnya dalam waktu cepat.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi saat ini, prospek penjualan bisnis justru harus tetap meningkat. Salah satu faktor pendukungnya adalah dengan memanfaatkan Chatbot sebagai alat komunikasi efektif dengan pelanggan. Di Indonesia, bisnis dapat menemukan dan mencobanya dari Qontak, sebuah perusahaan di bidang Omnichannel & CRM terkemuka. Sebagian besar bisnis menggunakan fitur Chatbot Qontak untuk meningkatkan kualitas customer service (CS) mereka. 

Dengan kecerdasan buatan AI, Chatbot Qontak mampu merespon lebih dari 1000 permintaan pelanggan yang masuk dari Instagram, WhatsApp, Facebook, Line, Telegram dan lainnya dalam waktu cepat. Chatbot ini dapat menghilangkan tugas berulang yang CS miliki sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan yang lebih mendesak seperti menangani keluhan. Selain CS, Chatbot Qontak juga dimanfaatkan sebagai media promosi atau marketing untuk menarik pelanggan bertransaksi.

6 rahasia menggunakan Chatbot untuk meningkatkan penjualan, di antaranya:

Melayani 24 jam

Chatbot Qontak beroperasi selama 24 jam sehingga pelanggan akan memperoleh layanan kapan pun mereka butuhkan.

Mengaktifkan Auto Reply/Autoresponder

Anda dapat mengatur Chatbot Qontak untuk mengirimkan pesan otomatis. Isi pesan tersebut disesuaikan dengan pertanyaan/permintaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

Mengirimkan pesan Broadcast dan Blast

Chatbot Qontak dapat mengirimkan pesan berupa diskon, kupon belanja, produk/jasa terbaru, dan sebagainya. Pesan tersebut dikirimkan serentak kepada ribuan pelanggan dengan minat yang sama melalui WhatsApp Broadcast atau WhatsApp Blast.

Menerima order dan mengumpulkan data

Menerima order, booking, dan mengumpulkan data juga dipermudah sistem Chatbot. Contohnya, klinik menggunakannya untuk pemesanan, sedangkan ritel menggunakannya untuk penjualan. Bisnis pun terbantu dalam mencatat dan memantau data-data penting, seperti produk, stok, perhitungan total pembelian, sampai laporan keuangan.

Personalisasi Pesan

Sistem pada bot Qontak dapat merekam data minat pelanggan yang akan diolah menjadi wawasan (insight). Informasi tersebut digunakan sebagai bahan menyusun strategi dalam mempromosikan produk/jasa sesuai dengan minat mereka.

Mengumpulkan Feedback

Anda juga dapat memanfaatkan Chatbot untuk mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan. Gunakan fitur foto dan video langsung sehingga feedback lebih menarik. Bagikan feedback tersebut kepada pelanggan/prospek lain untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis.

Dengan 6 cara di atas, bisnis dapat menarik kembali pelanggan lama maupun prospek untuk bertransaksi. Dengan demikian, bisnis dapat menekan pengeluaran namun tetap meningkatkan produktivitas meskipun sedang menerapkan WFH (Working From Home).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.