16 Tujuan Wirausaha Menurut Para Ahli, Pahami Lebih Jauh

Oleh Laudia Tysara pada 14 Agu 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 14 Agu 2021, 12:00 WIB
Wirausaha
Perbesar
Ilustrasi wirausaha. (Pexels.com/cottonbro)

Liputan6.com, Jakarta Tujuan wirausaha yang paling utama adalah mampu menciptakan lapangan kerja dan banyak membuat inovasi. Kegiatan kewirausahaan sangat berpengaruh mendobrak sistem ekonomi. Tak heran bila seorang wirausaha dikenal sebagai sosok yang gagah, berani, perkasa, dan pantang menyerah.

Bagaimana tujuan wirausaha dapat dicapai? Kewirausahaan adalah di mulai dengan mengumpulkan modal dan tenaga kerja untuk menghasilkan barang atau jasa agar bisa mendapatkan keuntungan. Menghasilkan kekayaan ekonomi, pertumbuhan, dan inovasi.

Salah seorang ahli di bidang kewirausahaan, Effendy menjelaskan tujuan wirausaha adalah melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan/atau nilai tambah, melalui penoleran atau penetasan gagasan dengan memadukan sumber daya dan merealisasikan tersebut menjadi kenyataan.

Berikut Liputan6.com ulas tujuan wirausaha lebih jauh dari berbagai sumber, Sabtu (14/8/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tujuan Wirausaha Menurut Para Ahli

Wirausaha
Perbesar
Ilustrasi Wirausahawan. Credit: pexels.com/Leon

1. Josep Schumpeter

Tujuan wirausaha adalah mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

2. Kathleen

Tujuan wirausaha adalah menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

3. Stein dan John F. Burgess

Tujuan wirausaha adalah mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

4. Ahmad Sanusi

Tujuan wirausaha adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

5. Zimmerer

Tujuan wirausaha adalah mampu menciptakan bisnis baru, dan orang yang biasanya langsung berhadapan dengan risiko mampu mengidentifikasikan dalam mencapai keberhasilan.

6. Richard Cantillon

Tujuan wirausaha adalah dapat meningkatkan sumber daya ekonomi dari produktivitas rendah menjadi produktivitas tinggi.

 7. Soeharto Prawiro

Tujuan wirausaha adalah nilai yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dan mengembangkan bisnis.

8. Effendy

Tujuan wirausaha adalah melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan/atau nilai tambah, melalui penoleran atau penetasan gagasan dengan memadukan sumber daya dan merealisasikan tersebut menjadi kenyataan.

 


Tujuan Wirausaha Menurut Para Ahli Selanjutnya

9. Kasmir

Tujuan wirausaha adalah berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

10. Syamsudin Suryana

Tujuan wirausaha adalah percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, orang yang berani mengambil risiko, kepemimpinan yang lugas, kemampuan inovasi yang kuat, dan orang yang berorientasi pada masa depan.

11. Peter F Drucker

Tujuan wirausaha adalah membuat atau menciptakan sesuatu yang baru & berbeda. Peter Drucker berkata bahwa wirausaha tidak mencari risiko, mereka mencari peluang.

12. Andrew J Dubrin

Tujuan wirausaha adalah menjalankan dan mendirikan bisnis inovatif.

13. Jean Baptista Say

Tujuan wirausaha adalah menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari apa yang dia hasilkan.

14. Raymond

Tujuan wirausaha adalah inovatif, kreatif dan mampu mewujudkan kreativitasnya guna meningkatkan kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

15. Harvey Leibenstein

Tujuan wirausaha adalah berbagai kegiatan yang diperlukan untuk menjalankan & mendirikan perusahaan di saat pasar belum terbentuk / belum teridentifikasi secara jelas, atau beberapa komponen fungsi produksi belum teridentifikasi sepenuhnya.

16. F. Hadiputra

Tujuan wirausaha adalah mampu mengambil risiko yang dibutuhkan untuk mengatur dan mengelola bisnis dan menerima manfaat finansial atau non-moneter.


Tujuan Wirausaha yang Umum

Ilustrasi wirausaha, pengertian
Perbesar
Ilustrasi wirausaha. (Photo by jcomp on Freepik)

1. Menjaring dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar

Semakin berkembang suatu usaha, tentu akan membutuhkan semakin banyak sumber daya manusia untuk mengelolanya. Hal ini lantas akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Menambah lapangan pekerjaan juga membantu untuk mengurangi pengangguran yang ada.

Saat ini, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Dengan berkembangnya suatu usaha yang diciptakan oleh para enterpreneur ini, maka masyarakat yang kesulitan mendapat pekerjaan ataupun masih kekurangan secara finansial dapat terbantu. Ini adalah tujuan wirausaha yang pertama.

2. Membantu menularkan semangat berwirausaha

Seorang wirausaha tentunya memiliki jiwa yang kreatif, kompetitif, dan kaya akan ide, inovasi ataupun terobosan. Tujuan wirausaha yang satu ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang memang menginginkan sebuah pembaharuan atau terobosan dan ingin memiliki usahanya sendiri. Dengan saling berbagi ide ataupun memberikan inspirasi, masyarakat juga akan tergerak untuk mencoba membuka sebuah usaha.

3. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas

Dengan membantu menularkan semangat untuk berwirausaha, hal ini akan meningkatkan jumlah wirausahawan yang ada pada suatu daerah atau kawasan. Tujuan wirausaha pada dasarnya saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Apabila karyawan yang pernah bekerja membuka usahanya sendiri, hal ini akan semakin menambah peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

4. Menebarkan semangat untuk berinovasi

Dewasa ini, masyarakat memiliki pola pikir yang berbeda dengan masyarakat sebelumnya. Berbagai inovasi serta ide akan selalu berkembang dan bervariasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penjaja makanan dan variasi yang mereka tawarkan di setiap kota.

Makanan adalah contoh umum yang mudah menjadi sebuah tren. Hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengembangkan inovasi dalam berwirausaha. Sebuah inovasi dan kreativitas tak selalu terpaku pada suatu hal. Dan jika produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih di mata masyarakat, produk tersebut tentu akan semakin naik nilai jualnya.


Sifat-Sifat Wirausaha

Ilustrasi wirausaha, pengertian
Perbesar
Ilustrasi wirausaha. (Photo by tirachardz on Freepik)

1. Percaya diri

Kepercayaan diri merupakan sikap dan keyakinan yang harusdimiliki seorang wirausaha dalam menghadapi tugas dan pekerjaan. Di dalam sikap percaya diri terkandung nilai-nilai keyakinan, optimisme, individualisme, dan ketidaktergantungan serta yakin akan kemampuannya untuk mencapai keberhasilan.

2. Berorientasi pada tugas dan hasil

Seorang wirausaha yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengedepankan nilai-nilai motif berprestasi, ketekunan, tekad, kerja keras, energik, dan mempunyai dorongan kuat dalam meraih tujuan atau sasaran bisnis. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, seorang wirausaha harus berinisiatif, disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, dan semangat berprestasi.

3. Berani mengambil risiko

Keberanian dan kemampuan mengambil risiko merupakan nilai utama dalam kewirausahaan. Misalnya, seorang wirausaha yang takut mengambil risiko bisnis, akan menyebabkan wirausahawan tersebut akan megalami kesulitan dalam berinisiatif. Tentu pengambilan risiko ini dilaksanakan setelah melalui pemikiran, analisis, perhitungan serta pertimbangan yang matang.

4. Kepemimpinan

Seorang wirausaha yang sukses tidak terlepas dari sifatkepemimpinannya, kepeloporannya, keteladanannya dalam mengendalikan usaha bisnisnya. Selain hal tersebut, pemimpindalam menjalankan usahanya secara transparan dan jujur dengan tujuan tidak hanya mencari laba saja, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan para karyawannya.

5. Berorientasi ke masa depan

Seorang wirausaha haruslah berwawasan ke masa depan, mempunyai visi ke depan, dan mengetahui kemana kegiatan bisnisnya tersebut akan dibawa, apa yang ingin dicapai? Strategi-strategi apa saja yang harus ia lakukan agar kegiatan dan kelangsungan hidup usahanya dapat terus terjami? Jadi, dalam hal ini diharapkan perusahaan dapat berkembang dan tetap terjamin kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang.

6. Kreatif dan inovatif

Seorang wirausaha harus memiliki sikap kreatif, yaitu kemampuan menciptakan gagasan dan menemukan cara baru dalam melihat permasalahan dan peluang yang ada.

7. Sifat kemandirian

Yang dimaksud sifat kemandirian yang dimiliki seorang wirausaha menunjukkan bahwa ia selalu mengembalikan perbuatannya sebagai tanggung jawab pribadi. Keberhasilan dan kegagalan merupakan konsekuensi pribadi wirausaha. Dalam hal ini, seorang wirausaha bertindak dapat mengambil keputusan dan memiliki berbagai kegiatan dalam mencapai tujuan.

8. Memiliki tanggung jawab

Ide, perilaku, dan implementasi dari aktivitas yang dijalankna seorang wirausaha tidak terlepas dari tuntutan dan tanggung jawab. Oleh karena itu, komitmen sangat diperlukan dalam pekerjaan sehingga mampu melahirkan tanggung jawab.

9. Selau mencari peluang usaha

Seorang wirausaha biasanya mampu melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Kemampuan inilah yang membuatnya ia bisa menangani berbagai persoalan yang dihadapi oleh perusahaan.

10. Memiliki kemampuan personal

Semua orang yang berkehidupan sebagai wirausaha harus terus mau belajar berbagai pengetahuan, misalnya melali membaca buku atau rajin menghadiri seminar, lokakarya, terutama di bidang bisnis. Dengan demikian wawasan dan kompetensi para wirausaha akan meningkat.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya