Cara Pesan Tiket Kereta Api Online dan Offline, Simak Harga Kelasnya

Oleh Laudia Tysara pada 13 Agu 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 13 Agu 2021, 11:15 WIB
Pembatasan Perjalanan Kereta Api selama PPKM Darurat
Perbesar
Calon penumpang menunggu jadwal keberangkatan kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (4/7/2021). PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan perjalanan 44 kereta api (KA) selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Cara pesan tiket kereta api bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Acces dan website resminya booking.kai.id. Sementara yang ingin langsung on the spot, cara pesan tiket kereta api bisa dilakukan secara offline di stasiun terdekat.

Jangan asal mendatangi stasiun, pastikan dulu bahwa stasiun tersebut menyediakan pelayanan pembelian tiket kereta api. Dibanding dengan cara online, cara pesan tiket kereta api offline akan lebih merepotkan karena calon penumpang harus datang lebih awal.

Bila terlambat, risiko tidak mendapatkan tiket dan gagal melakukan pemberangkatan bisa terjadi. Cara pesan tiket kereta api online dan offline ini bisa digunakan untuk pemberangkatan lokal dan jarak jauh. Bagaimana prosesnya?

Berikut Liputan6.com ulas cara pesan tiket kereta api online dan offline dari berbagai sumber, Jumat (13/8/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Melalui Aplikasi

FOTO: PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Api Jarak jauh
Perbesar
Penambahan Perjalanan KA Jarak jauh: Kereta jarak jauh tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (10/7/2020). PT KAI telah mengoperasikan lima perjalanan kereta jarak jauh untuk tujuan Bandung, Cirebon, dan Surabaya mulai Jumat 10 Juli 2020. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aplikasi digital cara pesan tiket kereta api online ini bisa Anda unduh melalui Google Play Store atau App Store dengan nama KAI Access. Berikut cara pesan tiket kereta api online melalui aplikasi KAI Access yang bisa Anda lakukan:

1. Cara pesan tiket kereta api online pertama, unduh dan pasang aplikasi KAI Access melalui Play Store atau App Store terlebih dahulu untuk membuat akun.

2. Isi nama, nomor identitas, tanggal lahir, nomor telepon, email, alamat, dan kata sandi.

3. Setelah terdaftar, cara pesan tiket kereta api online dengan memilih jenis jadwal keberangkatan setiap kereta yang tersedia.

4. Di cara pesan tiket kereta api online ini, terdapat pilihan berupa layanan kereta api antar kota atau provinsi, kereta lokal, dan kereta bandara. Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan.

5. Jika sudah memilih, cara pesan tiket kereta api online wajib mengisi kolom stasiun asal dan tujuan serta tanggal keberangkatan, jenis jelas, dan jumlah penumpang.

6. Setelah itu, akan muncul pilihan tiket kereta yang tersedia. Cara pesan tiket kereta api online adalah dengan memilih salah satu di antaranya, jangan lupa centang kolom persetujuan, lalu klik opsi Lanjut.

7. Cara pesan tiket kereta api online selanjutnya mengisi data penumpang. Bila penumpang sama dengan pemesan, cukup centang kolom "sama dengan pemesan".

8. Jika berbeda atau penumpang lebih dari satu, cara pesan tiket kereta api online adalah isi data diri penumpang seperti nama dan nomor identitas.

9. Cara pesan tiket kereta api online berikutnya, klik opsi pembayaran. Pada kereta tujuan jarak jauh bisa melakukan pembayaran melalui Kantor Pos, LinkAja, ATM, Mobile Banking, dan gerai retail yang ada.

10. Sementara untuk kereta lokal dan bandara, cara pesan tiket kereta api online adalah pilihan hanya terbatas pada pembayaran LinkAja.

11. Selesai melakukan pembayaran, Anda secara otomatis akan mendapatkan e-boarding pass. E-boarding pass ini bisa diunduh di bagian menu My Trips, yang nantinya bisa dicetak melalui counter di stasiun.


Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Melalui Website

Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru di Stasiun Senen
Perbesar
Penumpang kereta api Dharmawangsa Surabaya Pasarturi–Pasar Senen tiba di stasiun Senen, Jakarta, Minggu (3/01/2021). PT KAI Daop 1 memperkirakan sekitar 15.000 - 16.000 lebih penumpang KA Jarak Jauh turun di area Daop 1 Jakarta dari wilayah Jabar, Jateng dan Jatim. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Melalui website resmi PT. KAI, calon penumpang bisa pesan tiket kereta api online. Di cara pesan tiket kereta api online melalui website, Anda bisa memiliki lokasi stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, beserta waktu keberangkatan sesuai kebutuhan. Berikut cara pesan tiket kereta api online melalui website:

1. Cara pesan tiket kereta api online pertama, kunjungi website resmi pemesanan tiket KAI di www.booking.kai.id. Bisa pesan tiket tanpa harus melakukan login.

2. Di laman tersebut akan tersedia kolom pemesanan tiket yang harus diisi. Isi dengan lengkap dan sesuai, stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

3. Pada jumlah penumpang, cara pesan tiket kereta api online perlu disebutkan dengan jelas, baik penumpang dewasa maupun bayi kurang dari 3 tahun.

4. Apabila pengisian selesai, akan muncul jadwal beberapa kereta api sesuai dengan tujuan dan waktu keberangkatan yang dibutuhkan.

5. Cara pesan tiket kereta api online berikutnya memilih kereta yang sesuai dengan kebutuhan dan jumlah penumpang, lalu klik pesan.

6. Maka secara otomatis akan muncul tampilan pop up yang meminta Anda login atau memilih opsi pesan tanpa harus login terlebih dahulu.

7. Cara pesan tiket kereta api online berikutnya, isi data pemesanan yang berupa nama, nomor identitas (KTP/SIM), email, alamat, dan no. hp yang aktif.

8. Lalu cara pesan tiket kereta api online adalah dengan klik menu Tambahkan ke Daftar Penumpang yang terletak di bawah kotak data pemesanan. Centang opsi jika tiket yang dipesan termasuk untuk diri Anda sendiri.

9. Kemudian isi kolom Data Penumpang sesuai dengan jumlah tiket yang akan dipesan. Jangan lupa isi data penumpang dengan lengkap mulai dari nama, nomor identitas, hingga no.hp.

10. Cara pesan tiket kereta api online berikutnya centang opsi untuk menyetujui persyaratan. Centang juga verifikasi captha lalu klik pesan.

11. Sebelum lanjut pada proses pemilihan pembayaran, cara pesan tiket kereta api online tahap ini masih bisa mengubah posisi kursi yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

12. Setelah itu, cara pesan tiket kereta api online adalah memilih opsi pembayaran. Di sini Anda bisa memilih pembayaran melalui LinkAja, ATM, Mobile Banking, dan gerai retail yang ada.

13. Jika sudah memilih salah satu metode pembayaran, maka cara pesan tiket kereta api online akan diberikan Kode Pembayaran yang nantinya digunakan saat melakukan transaksi.

14. Setelah pembayaran sukses, Anda akan mendapatkan email dari Rail Ticket KAI berisi bukti pembayaran dan kode serta barcode tiket.

15. Barcode atau kode ini nantinya yang akan kamu cetak sebagai boarding pass di check ini counter stasiun.


Cara Pesan Tiket Kereta Api Offline

Kereta Api (KA) Lokal Walahar kembali melayani masyarakat mulai 1 Januari 2021.
Perbesar
Kereta Api (KA) Lokal Walahar kembali melayani masyarakat mulai 1 Januari 2021. (Foto: dokumentasi humas PT KAI Daop 1 Jakarta)

1. Cara pesan tiket kereta api offline bisa dilakukan dengan mendatangi stasiun terdekat. Tentu saja pilih stasiun yang melayani penjualan tiket.

2. Bila sudah menemukan lokasi stasiun yang cocok, cara pesan tiket kereta api offline adalah mendatangi petugas loket dan menyebutkan stasiun keberangkatan, tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

3. Proses dari cara pesan tiket kereta api offline akan dilanjutkan setelah petugas memberikan daftar harga dan jadwal keberangkatan yang masih tersedia untuk dipilih calon penumpang.

4. Agar cara pesan tiket kereta api offline bisa lebih cepat selesai dan antrian pembelian tiket tidak mengular panjang, siapkan jadwal keberangkatan sebelum mendatangi petugas loket.

5. Bila sudah memilih jadwal keberangkatan yang dibutuhkan, cara pesan tiket kereta api offline selanjutnya menyelesaikan proses pembayaran. Bayarlah dengan uang pas untuk mempersingkat waktu.

6. Setelah pembayaran selesai, cara pesan tiket kereta api offline selanjutnya pastikan bukti pembayaran atau kode booking sudah di tangan.


Harga Tiket Kereta Api Menurut Kelas

Angkutan KAI
Perbesar
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggratiskan angkutan oksigen sebanyak 122 ton melalui angkutan kereta api dengan rute Stasiun Kalimas, Surabaya menuju Stasiun Sungai Lagoa, Jakarta pada Jumat (16/7/2021). Dok KAI

Kelas Utama

1. Ekonomi

Kelas ekonomi adalah kelas kereta penumpang dengan harga tiket kereta api dari kelas lainnya. Kereta ekonomi yang ada di Indonesia dibagi menjadi kereta kelas Ekonomi, Ekonomi Plus Kemenhub, Ekonomi Plus New Image, dan Ekonomi Premium.

Salah satu ciri khas kereta kelas ekonomi adalah pada beberapa jenis kereta, tempat duduk berhadapan 2-3 dan 3-3. Durasi perjalanan kereta ekonomi cenderung lebih lama dibanding kelas lain. Ini karena biasanya kereta kelas ekonomi berhenti di banyak stasiun.

2. Bisnis

Kereta bisnis merupakan kelas kereta dengan harga tiket kereta api cenderung menengah. Harga tiket kereta api bisnis tidak serendah kelas ekonomi namun juga tidak setinggi kelas eksekutif. Kereta api bisnis adalah kelas kereta penumpang di bawah kelas eksekutif.

Berbeda dengan tempat duduk kelas ekonomi, tempat duduk kereta bisnis bisa disusun 2-2 tanpa berhadapan. Durasi perjalanan kereta bisnis tidak secepat kelas eksekutif namun, bisa lebih cepat dari kelas ekonomi.

3. Eksekutif

Kereta eksekutif merupakan kelas paling atas yang ditawarkan oleh KAI. Harga tiket kereta api eksekutif tertinggi di antara kelas bisnis dan ekonomi. Pelayanan dari kereta eksekutif juga terbilang lebih nyaman. Tempat duduk disusun 2-2 yang lebih nyaman dari kereta bisnis. Durasi perjalanan juga relatif lebih cepat karena kereta tidak berhenti di tiap stasiun.

Sub Kelas Kereta Api

1. Sub Kelas Kereta Api Ekonomi

Sub kelas yang dimiliki kelas ekonomi adalah C, P, Q, S, Z. Harga tertinggi ada pada sub kelas C dan harga terendah reguler ada pada sub kelas S. Sementara sub kelas Z adalah harga tiket promo.

2. Sub Kelas Kereta Api Bisnis

Sub kelas yang dimiliki kelas bisnis adalah B, K, N, O, Y. Harga tertinggi ada pada sub kelas B dan harga terendah reguler ada pada sub kelas O. Sementara sub kelas Y adalah sub kelas dengan harga promo.

3. Sub Kelas Kereta Api Eksekutif

Sub kelas yang dimiliki kelas eksekutif adalah A, H, I, J, X. Harga tertinggi ada pada sub kelas A dan harga terendah reguler ada pada sub kelas J. Sedangkan X adalah sub kelas dengan harga promo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya