Sukses

20 Wisata Ubud Bali yang Wajib Dikunjungi, Belajar Budaya dan Seni

Wisata Ubud masuk ke dalam daftar sepuluh kota teramah di dunia, menurut hasil survey majalah travel dunia, Conde Nast Traveler.

Liputan6.com, Jakarta Tempat Wisata Ubud Bali menawarkan tempat-tempat eksotis yang hanya bisa ditemukan di sana. Pengunjung bisa menikmati suasana khas pedesaan di wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Penasaran?

Suasana desa khas persawahan dan hutan lindung masih jadi primadona sampai sekarang. Di tempat wisata Ubud Bali, pengunjung pun bisa belajar budaya baru. Tak cuma itu, tetapi di wisata Ubud Bali banyak museum yang bisa dikunjungi untuk belajar seni. 

Tempat wisata Ubud Bali menjadi destinasi yang wajib dikunjungi dan populer karena pernah dijadikan lokasi syuting film Hollywood yaitu Eat, Pray, Love. Bahkan Ubud masuk ke dalam daftar sepuluh kota teramah di dunia, menurut hasil survey majalah travel dunia, Conde Nast Traveler.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi dari berbagai sumber, Kamis (12/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Ubud Bali yang Wajib Dikunjungi

1. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan atau yang biasa dikenal dengan Campuhan Ridge Walk ini merupakan wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Tempat ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Hamparan rumput hijau dan pepohonan bisa Anda nikmati dengan menyusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 2 kilometer. Biasanya wisatawan suka berjalan kaki, bersepeda, atau jogging untuk menikmati indahnya bukit Campuhan ini.

Selain itu, wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi seperti bukit Campuhan ini merupakan salah satu tempat untuk melihat sunrise terbaik di Bali. Untuk mendapati keindahan sunrise dari sini, Anda perlu datang pagi-pagi setelah subuh. Atau kalau memang tidak sempat, Anda masih bisa menyaksikan keindahan sunset yang tidak kalah bagusnya.

Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri, ya. Karena di area ini tidak terdapat penjual makanan atau minuman. Selain itu, jangan membuang sampah di sembarang tempat karena lokasi ini merupakan tempat suci.

2. Sawah Terasering Tegalalang

Bali memiliki beberapa tempat untuk menikmati pemandangan sawah terasering yang bagus. Sawah dengan terasering yang indah ini bisa Anda temukan di Jatiluwih Tabanan, Pupuan Tabanan, Antosari, Busung Biu Buleleng, Tirta Gangga Karangasem, dan Tegalalang Ubud.

Namun, Tegalalang yang terletak di sebelah utara Ubud ini merupakan yang paling terkenal dan populer di kalangan wisatawan.  Wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi satu ini memang sangat diminati oleh wisatawan karena letaknya yang berdekatan dengan objek wisata Bali lainnya seperti Goa Gajah, Tampak Siring, dan Kintamani.

Memang, pemandangan sawah terasering wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi ini tidak seluas seperti yang di Jatiluwih. Namun pemandangan sawah terasering di sini tidak kalah unik, karena lerengnya yang sangat miring. Agar tetap nyaman menikmati pemandangan sawah ini, Anda hanya perlu membeli makanan atau minuman di salah satu warung yang menghadap pemandangan terasering Ubud ini.

3. Arung Jeram Sungai Ayung

Kalau Anda ingin menguji adrenalin, Ubud juga punya tempat yang sangat rekomendasi. Wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi untuk arung jeram yang terkenal ada di sungai Ayung. Arung jeram di sungai Ayung ini masuk ke dalam kategori kelas II dan III. Sehingga arung jeram ini cocok bagi Anda yang pemula.

Terdapat panorama yang unik di sungai ini, karena adanya pohon-pohon kelapa yang menjulang, pepohonan di bukit, hingga sawah yang berundak. Tidak hanya itu, Anda akan dibawa melihat ukiran seniman Bali berupa relief Ramayana di tebing batu.

4. Air Terjun Kanto Lampo

Wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi memiliki banyak tempat air terjun, baik air terjun alami seperti Tegenungan dan air terjun buatan seperti Kanto Lampo. Ya, air terjun Kanto Lampo ini merupakan air terjun buatan yang tidak sengaja terbentuk. Saluran irigasi desa Beng setempat jebol yang menyebabkan dinding batuan bekas pengalian paras di bawahnya dialiri dengan air terjun yang deras. Karena kejadian itu, terbentuklah air terjun Kanto Lampo.

5. Agung Rai Museum of Art (ARMA)

Selain desa wisata seperti Nyuh Kuning Village, museum juga tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi baik untuk menambah pengalaman Anda mengetahui tentang Ubud. Selain bisa mengetahui tentang kesenian Bali, di sini juga terdapat nuansa alam yang sangat bagus.

Daya tarik dari wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi ini adalah desain kebun dengan nuansa budaya Bali. Banyak patung yang terdapat di museum ini, selain itu Anda juga melihat Lily Pound dan tanaman anggrek yang tertata rapih. Bagi Anda yang menyukai nuansa kebun dengan desain khas Bali dengan nuansa berbeda, maka tidak akan rugi untuk mengunjungi museum ini. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena banyak spot menarik untuk berswafoto.

3 dari 5 halaman

Wisata Ubud Bali yang Wajib Dikunjungi

6. Goa Gajah

Untuk melihat peninggalan sejarah di Bali, Anda bisa berkunjung ke wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi seperti Goa Gajah yang dulunya diperuntukan sebagai tempat pertapaan para bikhsu Buddha di abad ke 13.

Di wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi ini Anda akan melihat pohon-pohon berumur ratusan tahun yang menghiasi area pertapaan Goa Gajah yang sejuk dan asri.

Reruntuhan bangunan batu dan arca-arca yang tersebar di sini semakin membangkitkan suasana sakral. Salah satu spot yang sangat iconic di sini adalah goa dengan pintu masuk berupa mulut dari Abrong yang diapit dengan dua patung penjaga.

7. Monkey Forest Ubud

Tempat wisata Ubud yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Monkey Forest ini. Wisata Ubud yang satu ini merupakan kawasan hutan lindung dan di dalam hutan ini terdapat pura sakral umat Hindu Bali. Sebenarnya nama asli tempat wisata ini adalah Mandala Wisata Wenara Wana, namun lebih dikenal dengan nama Acred Monkey Forest Sanctuary.

Anda akan merasakan udara yang sejuk serta pepohonan hijau yang tinggi di tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi ini. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat siang hari pukul 14.00. Soalnya para kera-kera sudah kenyang, karena telah mendapatkan makanan dari pengunjung yang sudah datang sebelumnya.

Hal ini membuat sifat agresif kera menjadi sedikit berkurang. Namun Anda tidak perlu takut para kera bersikap agresif, karena terdapat banyak petugas yang mengawasi kera-kera tersebut. Jadi pengunjung akan tetap merasa nyaman dari kera yang sedikit agresif.

8. Nyuh Kuning Village

Berkunjung ke desa wisata di suatu tempat memang sangat menyenangkan. Ya, dengan berkunjung ke desa wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi Anda bisa menemukan kehidupan asli dari orang tersebut. Kalau Anda ke Ubud, sempatkan untuk berkunjung ke Nyuh Kuning Village. Ini merupakan kawasan desa wisata di Ubud, Bali.

Wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi satu ini bakal membawa Anda untuk menyaksikan kehidupan asli masyarakat Bali. Namun untuk berkunjung ke sini, Anda membutuhkan sedikit perjuangan. Soalnya letak desa ini agak sulit untuk dicapai karena kondisi alam. Namun letak desa ini cukup strategis, yaitu tepat di belakang tempat wisata.

9. Pasar Kesenian Ubud

Pasar ini juga wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Ubud. Terdapat beraneka ragam barang-barang kesenian atau kerajinan khas Bali yang jarang ditemui di tempat lain. Selain berbelanja, wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi ini juga bisa dijadikan objek foto bagi Anda yang suka fotografi. Ya, di sini Anda bisa menggunakan kerajinan-kerajinan yang dijual sebagai beackground untuk berswafoto.

10. Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati Ubud merupakan salah satu tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Pura Hindu yang diperuntukan untuk tempat memuja Dewi Saraswati. Di pura Taman Saraswati Ubud terdapat ukiran khas Ubud Bali, memiliki kolam bunga teratai, mengelilingi panggung pementasan tari Bali.

4 dari 5 halaman

Wisata Ubud Bali yang Wajib Dikunjungi

11. Bali Swing Ubud

Salah satu aktivitas liburan dan menjadi tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi untuk foto instagram adalah wahana Bali swing. Di pulau Bali ada banyak lokasi untuk aktivitas Bali swing. Namun yang paling terkenal lokasinya ada di Ubud Bali.

12. Puri Saren Agung

Lokasi wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi dan tak boleh dilewatkan adalah Puri Saren Agung. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang kental bagi masyarakat Bali bahkan hingga saat ini.

Kendati demikian, kini tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi tersebut masih banyak digunakan sebagai tempat pemujaan bagi umat Hindu setempat. Ada baiknya bagi para wisatawan untuk selalu menerapkan etika saat berkunjung ke salah satu tempat bersejarah tersebut.

13. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan adalah salah satu wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi terbaik yang paling dekat dengan Ubud. Air terjun ini berjarak 30 menit dari Ubud dengan berkendara menyusuri jalan desa beraspal yang dilapisi dengan hamparan sawah hijau di kedua sisinya.

Di pintu masuk, Anda akan menemukan loket tiket, toko seni dan suvenir, bersama dengan warung makanan lokal yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman. Dari sana, dibutuhkan sekitar 5 menit berjalan kaki untuk mencapai air terjun. Dedaunan lebat membingkai air terjun Tegenungan yang mengalir, dengan volume airnya yang mengesankan hampir setiap saat sepanjang tahun.

14. Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan adalah salah satu wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi berupa museum seni paling awal di Bali. Didirikan pada tahun 1956, museum ini memiliki 6 bangunan yang menampilkan lukisan dan ukiran kayu tradisional Bali.

Pameran penting seperti rangkaian lukisan Bali pramodernis dari koleksi Leo Haks, karya agung oleh I Gusti Nyoman Lempad, dan koleksi lukisan wayang (wayang kulit). Bangunan ke-4 Museum Puri Lukisan, yang disebut Founders Gallery, menampilkan sejarah museum dan pameran karya seniman lokal.

15. Pura Samuan Tiga

Pura Samuan Tiga adalah wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi berupa kuil kerajaan dari dinasti Udayana Warmadewa. Diasumsikan sebagai tempat pertemuan besar antara dewa dan orang suci, pura ini dikenal sebagai tuan rumah Siat Sampian, sebuah ritual Hindu Bali yang berlangsung setiap bulan purnama ke-10 (secara lokal dikenal sebagai Purnama Kadasa), yang kira-kira terjadi pada bulan April. .

Pura Samuan Tiga diapit oleh Sungai Pande dan Tegending, dengan pohon beringin dan pule yang tumbuh di sekitar lokasi. Tempat wisata di Ubud ini memiliki 7 halaman yang dipisahkan oleh dinding dan gerbang terpisah, yang dihubungkan dengan tangga menuju halaman paling dalam, di mana diyakini sebagai ruang pertemuan 3 roh suci.

5 dari 5 halaman

Wisata Ubud Bali yang Wajib Dikunjungi

16. Trekking Authentik Bali

Bagi Anda yang menyukai petualangan dan ingin melihat Bali dengan cara yang berbeda dari tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi, mengikuti tur ini adalah pilihan yang tepat. Anda kemudian akan berjalan melalui sawah, sungai, saluran irigasi, hutan, dan desa-desa. Anda berkesempatan untuk melihat eksotisme budaya Bali dari sudut yang berbeda.

17. Bersepeda Keliling Area Persawahan

Ingin merasakan seperti Julia Roberts? Anda harus coba yang satu ini. Banyak penyedia jasa paket bersepeda lengkap dengan pemandu yang akan mengajak Anda berkeliling ke spot-spot bersepeda terbaik di tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Anda tidak hanya akan bersepeda mengelilingi persawahan yang hijau, tetapi juga masuk dalam perkampungan khas Bali.

18. Antonio Blanco Museum

Antonia Blanco Museum merupakan wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Antonio Blanco adalah warga Spanyol yang sangat mencintai Bali dan akhirnya menikah dengan wanita Bali dan menghabiskan sisa hidupnya di Bali. Di dalam galeri wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi ini Anda bisa melihat lukisan karyanya yang semua menggambarkan tubuh wanita. Eits, jangan porno ya, semuanya itu adalah seni dan bukan pornografi.

19. Ayung Rafting

Sungai Ayung masuk dalam kategori sungai kelas II dan III. Arung jeram Sungai Ayung di tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi ini sangat cocok untuk rafter pemula atau mereka yang ingin berarung jeram dengan tenang tanpa bahaya sambil menikmati pemandangan indah.

20. Menonton Tari Kecak

Tari Kecak adalah salah satu tarian tradisional khas Bali. Di Ubud sendiri ada banyak tempat yang menyajikan pertunjukan Tari Kecak Api. Salah satu tempat wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi untuk menonton Tari Kecak yang direkomendasikan adalah Pura Taman Saraswati. Pura ini memiliki banyak kolam dengan bunga teratai yang cantik. Panggung pementasan Tari Kecak sendiri berada di tengah dan dikelilingi kolam teratai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini