Sukses

3 Cara Menghitung Persentase Kenaikan, Simak Contoh Penyelesaiannya

Cara menghitung persentase kenaikan bisa diselesaikan dengan logika, rumus, dan bantuan Microsoft Excel.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung persentase kenaikan bisa diselesaikan dengan tiga metode. Pertama, cara menghitung persentase kenaikan dengan logika. Kedua, cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus. Ketiga, cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel.

Paling lazim digunakan untuk menghitung presentase kenaikan adalah cara kedua dan ketiga. Cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus biasa dipakai untuk data sederhana dan tidak rumit.

Sementara cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel biasa dipakai untuk mengetahui kenaikan presentase dengan data rumit atau banyak. Kelebihan dari cara menghitung persentase kenaikan dengan Excel adalah bisa diselesaikan dalam waktu lebih singkat.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghitung persentase kenaikan dan contoh penyelesaiannya dari berbagai sumber, Jumat (6/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Persentase

Persentase adalah digunakan untuk mewakili suatu data agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Pasalnya berbagai data statistik, penawaran diskon di pusat perbelanjaan, persentase suku bunga, jumlah penduduk, dan bidang-bindang kehidupan lainnya biasa menggunakan persen.

Persen adalah sebuah bilangan yang menyatakan seberapa besar bagian dari total sebuah barang atau nilai. Besarnya persentase dilambangkan dengan %, di mana persen ini sama artinya dengan satu per seratus. 70% sama dengan 70/100.  

Pada dasarnya, persen merupakan sebuah bentuk bilangan yang menggambarkan berapa bagian dari keseluruhan data yang ada. Besar perbandingan yang digunakan dalam persentasi yakni perseratus atau %.

Misalkan saja, di sebuah desa terdapat 67% penduduk dengan jenis kelamin pria, berarti 67 dari 100 penduduk di desa tersebut adalah pria. Hal ini juga berlaku pada potongan harga atau pajak yang ada di sebuah supermarket.

3 dari 5 halaman

Cara Menghitung Persentase Kenaikan dengan Logika

Presentase kenaikan dapat dihitung dengan logika. cara menghitung persentase kenaikan dengan logika ini dicontohkan dengan premi asuransi mobil yang mengalami kenaikan dengan rincian harga berikut:

Premi sebelum kenaikan Rp 3.000.000 Premi sesudah kenaikan Rp 3.750.000

Cara menghitung persentase kenaikan dengan logika adalah mengurangi angka awal dengan angka akhir. Jika contoh cara menghitung persentase kenaikan dengan logika memiliki angka awal Rp 3.750.000 maka kurangi angka akhir Rp 3.000.000.

Proses cara menghitung persentase kenaikan dengan logika:

Nilai Akhir – Nilai Awal = 3.750.000 – 3.000.000 = Rp 750.000

Dari cara menghitung persentase kenaikan dengan logika, presentase kenaikannya belum ditemukan. cara menghitung persentase kenaikan dengan logika berikutnya, lakukan pembagian nilai selisih yang didapat dengan angka awal dikalikan 100%.

Proses cara menghitung persentase kenaikan dengan logika:

Persentase Kenaikan (%) = Nilai Selisih : Nilai Awal

Persentase Kenaikan (%) = Rp 750.000 : Rp 3.000.000

Persentase Kenaikan (%) = 0.025 x 100% = 2,5%

Maka hasil dari cara menghitung persentase kenaikan dengan logika untuk premi asuransi mobil adalah 2,5%.

4 dari 5 halaman

Cara Menghitung Persentase Kenaikan dengan Rumus

Tak jauh berbeda dengan cara menghitung persentase kenaikan menggunakan logika. Mengenai cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus disederhanakan sebagai berikut:

Persentase Kenaikan (%) = ((Akhir-Awal))/Awal x 100%

Untuk bisa lebih memahami cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus, simak contohnya.

Lydia menjadi sales di sebuah dealer mobil ternama, di tahun lalu Lydia berhasil menjual mobil sebanyak 100 unit. Kemudia di tahun ini berhasil menjual mobil sebanyak 200 unit. Berapa persentase kenaikan yang dialami oleh Lydia dan bagaimana cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus?

Diketahui:

Awal Penjualan = 100 unit untuk penjualan tahun lalu Akhir Penjualan = 200 unit untuk penjualan tahun ini

Berikut cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus:

Persentase Kenaikan (%) = ((Akhir-Awal))/Awal x 100

Persentase Kenaikan (%) = ((200-100))/100x100%

Persentase Kenaikan (%) = (100/100)x100%

Persentase Kenaikan (%) = 1x100%

Persentase Kenaikan (%) = 100%

Maka hasil dari cara menghitung persentase kenaikan dengan rumus untuk hasil penjualan mobil adalah 100%.

5 dari 5 halaman

Cara Menghitung Persentase Kenaikan dengan Microsoft Excel

Perhatikan cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel dengan saksama. Jika angka ditulis setelah cell diubah formatnya ke dalam persentase, maka angka akan langsung menjadi bilangan persentase.

Aturan lain dalam menyelesaikan cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel. Jika angka dimasukkan ke dalam cell terlebih dahulu tanpa lambang %, kemudian cell di format ke dalam style persen maka excel akan otomatis mengalikan angka dengan bilangan 100 terlebih dahulu.

Berikut mengubah nilai angka dengan lambang bilangan persen untuk menyelesaikan cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel:

1. Mengetikkan langsung lambang satuan % pada cell Excel setelah mengetikkan sebuah angka.

2. Memformat cell excel dengan mengubah style format persen (%) pada Tab Home ke Number ke Percent (%).

3. Cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel untuk tahap pengubahan lambang ini bisa dilakukan pakai Shortcut Ctrl + Shift + %.

4. Mulailah memilih format percentage pada kotak dialog Format Cells.

Berikut rumus cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel:

Persentase Kenaikan (%) = Nilai Kenaikan/Nilai Sebelum Kenaikan x 100%

Dimisalkan, kolom A diisi tahun, kolom B jumlah, kolom C presentase kenaikan (%), dan kolom D rumus. Mengenai rumus cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel adalah misal di cell C3, maka rumus presentase kenaikannya = (B3-B2)/B2

Untuk menyelesaikan cara menghitung persentase kenaikan dengan Microsoft Excel pada semua data, cukup copy dan paste rumus tersebut sampai data paling bawah yang ingin diketahui kenaikan presentasenya. Selesai!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini