Sukses

18 Macam Bakteri dan Peranannya, Lengkap Ciri Infeksi

Struktur sel macam bakteri termasuk sederhana jika dibanding dengan makhluk hidup lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Macam bakteri merupakan organisme yang memiliki sel tunggal, tidak memiliki membran inti sel (bersifat prokariotik), serta memiliki ukuran mikroskopik (untuk melihatnya, diperlukan mikroskop). Struktur sel macam bakteri termasuk sederhana jika dibanding dengan makhluk hidup lainnya.

Bukan makhluk hidup yang boleh diremehkan, macam bakteri di sekitar manusia harus diwaspadai karena dapat menimbulkan sejumlah penyakit dan menyebabkan kematian. Infeksi yang ditimbulkan dari lebih kurang delapan belas macam bakteri berbeda-beda, tergantung tingkat keparahannya.

Tempat paling sering ditemukan macam bakteri adalah pada uang, tempat umum, toilet, tempat kotor, dan lain-lain. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun merupakan langkah paling tepat menghindari infeksi macam bakteri. Agar lebih memahami tentang macam bakteri dan peranannya, berikut Liputan6.com ulas penjelasannya dari berbagai sumber, Jumat (6/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Bakteri dan Peranannya

1. Macam Bakteri Staphylococcus Aureus

Bakteri Staphylococcus aureus adalah macam bakteri yang terdapat pada uang yang harus kamu waspadai. Bakteri Staphylococcus aureus dapat menyebabkan kerusakan jaringan padas kulit hingga bernanah seperti bisul dan jerawat.

Oleh sebab itu penting untuk menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah. Bakteri yang terdapat pada uang harus diwaspadai sebelum menyentuh area wajah yang sensitif. Setelah menyentuh uang, tangan kamu juga menyimpan banyak bakteri sumber penyakit.

2. Macam Bakteri Klebsielladapat

Bakteri yang harus diwaspadai selanjutnya adalah Bakteri Klebsielladapat. Bakteri yang terdapat pada uang satu ini dapat menyebabkan pneumonia dan infeksi penyakit paru-paru. Apabila setelah pegang uang kamu menyentuh hidung kamu, bakteri ini harus kamu waspadai. Pentingnya menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh area wajah, agar kamu terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

3. Macam Bakteri Serratiadapat

Bakteri Serratiadapat adalah macam bakteri yang dapat mengganggu saluran pencernaan. Bakteri yang terdapat pada uang satu ini harus kamu hindari dengan cara menjaga kebersihan tangan. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang harus lebih kamu perhatikan kebersihannya. Membiasakan diri untuk selalu mencuci tangah sebelum memegang sesuatu, adalah kunci agar terhindar dari segala jenis penyakit.

4. Macam Bakteri Penicillium

Macam bakteri yang terdapat pada uang satu ini dapat menyebabkan demam pada tubuh. Kondisi tubuh dengan sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah akan menyebabkan kamu menderita demam. Namun, apabila kamu mencuci tangan setelah menyentuh uang, kamu akan terhindar dari penyakit yang akan menyerang tubuh kamu. Oleh sebab itu penting memperhatikan kebersihan tangan. Kebersihan tangan akan melindungi kamu dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

5. Macam Bakteri Aspergillusniger

Bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya yakni bakteri Aspergillusniger. Macam bakteri satu ini berpotensi untuk menyebabkan kelainan pada fungsi paru-paru manusia. Oleh sebab itu, terapkan pola hidup sehat sejak dini agar kamu terhindari dari berbagai macam penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan tubuh, dan menjaga pola makan adalah kunci untuk mejadikan diri kamu lebih sehat.

3 dari 5 halaman

Macam Bakteri dan Peranannya

6. Macam Bakteri Escherichia Coli

Bakteri Escherichia Coli (E. Coli) adalah bakteri yang sering menyebabkan gangguan pencernaan. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini biasanya akan sembuh sendiri, tetapi bisa parah atau bahkan fatal. Bakteri E. Coli umumnya disebarkan melalui makanan yang terkontaminasi dan tidak dimasak dengan benar, termasuk sayur-sayuran yang mentah.

7. Macam Bakteri Salmonella Gastroenterit

Salmonella gastroenteritis (salmonellosis) adalah bakteri yang menyebabkan penyakit salmonella. Penyakit ini adalah jenis infeksi yang sering terjadi pada pencernaan dan digambarkan sebagai kondisi keracunan makanan.

Ini menyebabkan sakit perut yang parah, diare, dan muntah. Bakteri ini dapat ditemukan di saluran usus manusia dan hewan lain, dan biasanya menginfeksi manusia melalui konsumsi unggas yang kurang matang.

8. Macam Bakteri Mycobacterium Tuberculosis

Mycobacterium tuberculosis adalah bakteri yang menyebabkan penyakit tuberkolosis. Tuberkulosis adalah penyakit menular pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri ini yang ditularkan dari manusia ke manusia lain melalui udara.

Seseorang dengan penyakit tuberkolosis akan mengalami batuk terus-menerus selama lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, nyeri dada, gangguan pernapasan karena batuk, demam, dan panas dingin.

9. Macam Bakteri Streptococcus Pneumoniae

Bakteri yang satu ini adalah bakteri yang menyebabkan penyakit pneumonia. Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri ini. Penyakit ini adalah menular dan biasanya menyebar melalui partikel udara dari batuk atau bersin.

Bakteri streptococcus pneumoniae ternyata memang berada di saluran pernapasan manusia namun tidak berbahaya pada orang sehat. Bakteri Streptococcus pneumoniae juga menyebabkan infeksi telinga, sinus, dan meningitis.

10. Macam Bakteri Clostridium Difficile

Clostridium Difficile (C. diff) adalah bakteri yang biasanya ditemukan di usus. Jika menyerang tubuh, bakteri ini dapat menyebabkan penyakit GI saat tumbuh berlebihan karena penggunaan antibiotik atau sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

4 dari 5 halaman

Macam Bakteri dan Peranannya

11. Macam Bakteri Treponema Pallidum

Treponema pallidum adalah bakteri yang menyebabkan penyakit Sifilis. Penyakit Sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri ini yang umumnya dipaparkan melalui hubungan seks, seks anal, dan seks oral. Jika dibiarkan, penyakit menular seksual sifilis dapat menyebabkan kondisi medis yang fatal seperti arthritis, kebutaan, dan kerusakan otak.

12. Macam Bakteri Neisseria Gonorrhoeae

Neisseria Gonorrhoeae adalah bakteri yang menyebabkan penyakit Gonorhoe. Penyakit Gonorhoe adalah penyakit menular seksual yang disebut juga kencing nanah. Bakteri Neisseria gonorrhoeae dipaparkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Gejala penyakit gonore pada laki-laki adalah rasa sensasi terbakar saat buang air kecil, pembengkakan di testis, serta terdapat kotoran di penis yang berwarna putih, kuning, atau hijau. Sementara gejala pada wanita adalah timbul rasa sensasi terbakar saat buang air kecil, keputihan lebih banyak, serta nyeri saat berhubungan seksual.

13. Macam Bakteri Helicobacter Pylori

Helicobacter Pylori (H. pylori) adalah macam bakteri yang berhubungan dengan tukak lambung dan gastritis kronis. Bakteri ini bisa berkembangkarena dipicu beebrapa hal, antara lain perubahan sistem pencernaan akibat refluks, keasaman dan kebiasaan merokok.

 

 

5 dari 5 halaman

Macam Bakteri dan Peranannya

14. Macam Bakteri Chlamydia Trachomatis

Chlamydia Trachomatis adalah bakteri yang jika menyerang tubuh akan menyebabkan penyakit Chlamydia. Penyakit Chlamydia adalah infeksi menular yang disebabkan oleh yang menular dari aktivitas seksual.

Wanita memiliki faktor yang lebih besar terinfeksi penyakit ini dibandingkan pria. Gejala infeksi Chlamydia pada wanita adalah keputihan abnormal, sakit saat menstruasi, nyeri saat buang air kecil, area vagina terasa gatal dan sensasi terbakar, nyeri saat berhubungan seksual.

15. Macam Bakteri Enterobacterdapat

Macam bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya adalah Bakteri Enterobacterdapat. Bakteri Enterobacterdapat dapat menyebabkan infeksi pada saluran tubuh manusia, terutama menyebabkan infeksi pada kulit. Selain mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh area wajah, penting untuk kamu mencuci tangan sebelum menyentuh kulit kamu sendiri. Baik kulit di daerah tangan, kaki, atau daerah yang lainnya.

16. Macam Bakteri Cryptococcus

Bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya yakni bakteri Cryptococcus. Macam bakteri tersebut dapat menyerang seseorang dengan sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem syaraf manusia. Bagi kamu yang sistem imun atau kekebalan tubuhnya lemah, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menyentuh uang. Macam bakteri yang terdapat pada uang satu ini harus lebih kamu waspadai.

17. Macam Bakteri Acinetobacterdapat

Bakteri Acinetobacterdapat adalah macam bakteri selanjutnya yang terdapat pada uang. Bakteri Acinetobacterdapat dapat menyebabkan infeksi nosokomial yang membuatnya resisten terhadap segala bentuk antibiotik. Terdapat beberapa penyakit yang paling sering terjadi akibat infeksi nosokomial adalah: Infeksi aliran darah primer (IADP), Pneumonia, Infeksi saluran kemih (ISK), dan Infeksi luka operasi (ILO).

18. Macam Bakteri Candida

Bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya adalah macam bakteri Candidia. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Selain Bakteri Enterobacterdapat yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit, bakteri Candida juga merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Oleh sebab itu, jaga gaya hidup dan pola makan aag terhindar dari berbagai macam bakteri. Salah satunya adalah bakteri pada uang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.