Bandung Wisata Paling Populer, Ini 75 Destinasi Menarik yang Perlu Dikunjungi

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 04 Agu 2021, 13:50 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 13:50 WIB
Gedung Sate
Perbesar
Gedung Sate, salah satu gedung ikonik di Jawa Barat. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat.

Liputan6.com, Jakarta Bandung wisata menjadi destinasi favorit masyarakat setempat maupun luar kota. Sebagai ibukota Jawa Barat, Bandung wisata menjadi tujuan menarik para pelancong. Di Kota Kembang ini ada banyak pilihan Bandung wisata yang menarik.

Mulai dari kemegahan kota hingga sejuknya alam pegunungan, Bandung wisata dijamin tak akan mengecewakan hati. Lokasi Bandung wisata juga bisa ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Wisata Bandung ini tersebar di seluruh kabupaten dan kota. 

Kamu tinggal memilih jenis wisata apa yang kamu inginkan. Destinasi Bandung wisata tak pernah sepi pengunjung. Berikut 75 destinasi Bandung wisata, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(4/08/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bandung wisata kota

Gedung Sate
Perbesar
Gedung Sate, salah satu bangunan cagar budaya di Bandung yang dikelola Pemprov Jawa Barat

Gedung Sate

Gedung Sate merupakan ikon Bandung wisata. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto dan menikmati kota Bandung Di sini kamu bisa menyaksikan kemegahan Gedung Sate lengkap dengan hiruk pikuk kota Bandung.

Bandros (Bandung Tour On Bus)

Bandros atau Bandung Tour On Bus merupakan wisata kota Bandung dengan berkeliling menggunakan bus klasik yang unik. Selama perjalanan akan ada pemandu wisata yang siap menceritakan sejarah dan cerita dari tempat-tempat yang Bandros lewati.

Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung telah menjadi ikon Bandung wisata yang populer. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuatnya lebih ramah akan pengunjung. Kamu dapat menikmati sore di alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang dapat kamu beli di sekitar alun-alun.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal juga sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Di sini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung tempo dulu.

Jalan Asia Afrika

Tak jauh dari Jalan Braga, kamu bisa menuju ke Jalan Asia Afrika yang juga masih memiliki suasana tempo dulu. Jalan Asia Afrika termasuk jalan bersejarah di mana terdapat Gedung Merdeka yang digunakan sebagai tempat Konferensi Asia–Afrika pada 18 April-24 April 1955.

Jalan Dago

Wisata kota Bandung untuk belanja yang paling terkenal adalah Jalan Dago. Di sini terdapat beragam produk distro yang dijual dengan harga terjangkau. Terdapat pula beberapa outlet produk-produk branded dan wisata kuliner yang siap memanjakan wisatawan.

Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas termasuk salah satu ikon wisata di Bandung. Jalan Cihampelas menjadi destinasi menarik untuk berbelanja. Di kawasan ini pengunjung bisa menemukan kaos, baju, sepatu, dan pernak pernik khas bandung. Terdapat juga pusat oleh-oleh khas Bandung untuk para wisatawan.

Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan. Terdapat dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu.

Masjid Al-Imtizaj

Di ruas Jalan ABC, Braga ada satu tempat ibadah yang memiliki arsitektur unik. Masjid tetapi mengusung konsep bangunan ala kelenteng Tionghoa. Masjid ini menjadi salah satu bukti akulturasi budaya di tanah Sunda.

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan rekreasi edukasi yang dijadikan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung. Di sini terdapat pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bandung wisata kota

Taman Lalu Lintas Bandung
Perbesar
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani di Kota Bandung

Taman Labirin Bandung

Taman Labirin Bandung terletak tidak jauh dari Balai Kota Bandung. Taman ini memiliki konsep revitalisasi yang sengaja dibuat seperti labirin agar bisa menikmati keindahan taman sambil memasuki area dan berkeliling di labirin. Di wisata kota Bandung satu ini kamu bisa mendapati labirin mini yang sejuk dan asri.

Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga berada di Jalan Citarum, Kota Bandung. Bandung wisata ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Gedung Sate. Taman seluas satu hektar yang berisi sekitar 100.000 tanaman hias ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi. Selain ribuan jenis anggrek yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, terdapat pula beberapa bunga dengan jenis langka seperti Pinsettia, Kalanchoe, Amaryllis, Bogainvillea, Rhododendron dan lainnya.

Taman Film

Taman ini berada di bawah Jembatan Pasupati, Kota Bandung. Taman Film memiliki konsep bioskop terbuka yang modern agar warga dapat beraktivitas di taman dan mendapat sarana menonton film secara gratis. Taman Film dikelola Komunitas Film Bandung dan Dinas Pertamanan Kota Bandung.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani termasuk tempat wisata Bandung dengan konsep edukasi yang tepat untuk liburan anak. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai konsep lalu lintas berupa simulasi dan berbagai rambunya. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini berada di Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung berlokasi di belakang Balai Kota Bandung, kompleks Pemerintahan Kota Bandung. Taman ini baru diresmikan pada tahun 2017 oleh Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. Taman Sejarah Bandung berisi informasi tentang sejarah kota Bandung. Terdapat juga gambar profip para pemimpin kota Bandung dari masa ke masa.

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang berada di Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Di sini anak-anak bisa mempelajari siklus hidup kupu-kupu dan bermain dengan 35 spesies kupu-kupu dengan warna-warni memesona.

Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi adalah ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat ini sudah menjadi area sabuk hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini nggak kalah cantiknya dengan Central Park, New York.

Kampoeng Tulip

Kampoeng Tulip merupakan wisata kota Bandung yang berada di Banyu Biru, Jl. Pasir Pogor Raya, Kec. Rancasari, Kota Bandung. Di sini kamu bisa melihat hamparan bunga tulip bak di negeri Belanda. Di Kampoeng Tulip juga terdapat kincir angin dan rumah khas Belanda yang cocok untuk berfoto ria.

Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut dikenal sebagai tempat wisata belanja berisi pusat tas dan sepatu bahan kulit. Di sini kamu bisa menemukan beragam produk lokal dengan kualitas tinggi. Kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek sepatu terkenal yang ada di mall. Pengunjung juga bisa memesan sepatu dengan desain sendiri.

Sentra Rajut Binong

Sentra Rajut ini terletak di Jalan Binong Jati. Barangnya bagus dengan rajutan bermerek. Apalagi barang di sini termasuk karya lokal penduduk sekitar. Pengunjung bisa menemukan rajut jaket, cardigan, baju hangat, dan syal. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Bandung termasuk pusat belanja terbesar di Bandung. Tempat wisata belanja ini disebut juga sebagai Mangga Dua-nya Bandung. Di sini terdapat berbagai jenis kain dan pakaian dengan harga terjangkau. Pengunjung bisa berbelanja kain dan pakaian eceran, serta grosir.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bandung wisata kota

Jalan Asia Afrika di Bandung
Perbesar
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Asia Afrika di Kota Bandung, Jumat (11/9/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung. Wisata kota Bandung ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya. Museum Geologi Bandung berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kota Bandung.

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga di Jl. BKR No.185 (Lingkar Selatan) kota Bandung. Di museum ini kamu dapat menemukan koleksi benda-benda bersejarah seperti berbagai jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi.

Museum Kota Bandung

Museum Kota Bandung berlokasi di Jl. Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. Museum ini baru diresmikan pada 31 Oktober 2018. Museum Kota Bandung menjadi sarana edukasi mengenai sejarah berdirinya Kota dan Kabupaten Bandung. Di sini kamu dapat menelusuri sejarah perkembangan kota dan kabupaten Bandung lengkap dengan tokoh-tokoh penting di Bandung.

Museum Barli

Museum Barli dibangun untuk mengenang dan memamerkan hasil karya pelukis Barli Sasmitawinata. Museum ini juga menjadi tempat dari berbagai kegiatan seni seperti pameran karya seni rupa, penjualan karya, diskusi dan sarasehan, pelatihan studio keramik dan lukis. Barli Sasmitawinata merupakan pelukis realis asal Bandung yang tersohor.

Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha kerap membuka kunjungan untuk individu, kelompok, instansi, sekolah, atau organisasi. Dalam kunjungan ini pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pada malam hari, pengunjung juga bisa meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung termasuk destinasi Bandung wisata pilihan keluarga. Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan. Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo berlokasi di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Bandung. Destinasi Bandung wisata ini termasuk wisata baru yang dibuka pada Agustus 2019 lalu. Di sini kamu bisa menemukan beragam satwa bersama sejuknya wilayah Lembang. Terdapat pula banyak wahana menarik seperti Rabbit House, edukasi satwa, scooter, dan banyak lagi.

Amazing Art World Bandung

Amazing Art World Bandung merupakan lokasi Bandung wisata yang saat ini sedang hits. Amazing Art World Bandung merupakan museum interaktif tempat pengunjung dapat berpose & memotret diri mereka sendiri dalam lanskap 3D yang imajinatif. Wisata kota Bandung ini bahkan merupakan salah satu museum 3D Art terbesar di dunia. Lukisan-lukisan di Amazing Art World Bandung hasil karya pelukis dari Indonesia, serta sebagian lagi hasil karya pelukis asal negeri Korea.

Jendela Alam

Jendela Alam berlokasi di Ledeng, Lembang. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dijajal anak-anak di sini. Semuanya edukatif dan menyenangkan. Mulai dari workshop tentang anatomi hewan, menghias layang-layang, flying fox, menggiring bebek, berkuda, panen telur, sampai membuat cincau.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bandung wisata alam

The Lodge Maribaya
Perbesar
The Lodge Maribaya menjadi zalah satu rekomendasi tempat wisata di Bandung utara. (Huyogo Simbolon)

Kebun Begonia

Kebun Begonia berlokasi di Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kebun Begonia memiliki ragam bunga yang begitu memanjakan mata. Terdapat bunga Balinea, sejenis Begonia yang berasal dari Bali. Selain itu ada pula jenis bunga lain seperti salvia, impatiens, geranium, dan celosia.

Orchid Forest

Orchid Forest Cikole berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan hutan sejuk dengan bunga anggrek berbagai jenis. Orchid Forest mengusung konsep eco tourism, sport tourism, dan edu tourism. Selain melihat keindahan anggrek, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus, Rabbit House, Wood Bridge, Garden of Light, dan masih banyak lagi.

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya dikenal sebagai lokasi Bandung wisata kekinian di kawasan Maribaya, Lembang. Destinasi wisata Bandung Lembang ini merupakan tempat wisata outdoor yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Di sini pengunjung bisa berkemah, bersepeda mengelilingi hutan pinus, atau berfoto di wahana yang instagramable.

Maribaya Nature Hot Spring Resort

Maribaya Nature Hot Spring Resort berada di Jl. Maribaya No.105/212 Lembang Bandung. Di sini Bandung wisata ini, pengunjung bisa merasakan berendam di air panas dengan kandungan belerang alami. Dipercaya air di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tempat ini cukup populer bagi warga Bandung yang ingin merasakan sensasi pemandian air panas.

The Farmhouse

The Farmhouse, Lembang menawarkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti biri-biri, burung, sapi, kelinci, dan banyak lagi. Tersedia pula persewaan busana ala Eropa untuk berfoto di lokasi ini. Ada pula rumah kurcaci khas Selandia Baru yang sering dilihat di film The Hobbit. Rumah-rumah hobbit ini cocok sebagi spot instagramable.

De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang merupakan tempat wisata di Bandung Barat populer untuk keluarga. Wahana paling populer dari De’Ranch ini adalah menunggangi kuda layaknya koboi. Bahkan tempat wisata ini juga di desain sedemikian rupa sehingga mirip peternakan kuda di ala koboi di Meksiko.

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini memiliki luas lebih dari 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pasar apung dengan sejuknya udara pegunungan.

Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau buatan yang berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung. Situ Cileunca merupakan objek wisata terkenal di Pangalengan. Danau ini menawarkan panorama bukit dan pegunungan sejuk yang memanjakan mata. Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Situ Cipanunjang

Objek wisata Situ Cipanunjang juga dikenal dengan nama Bukit Hijau Situ Cipanunjang. Situ Cipanunjang berada di atas Situ Cileunca. Berbeda dengan Situ Cileunca yang merupakan danau buatan, Situ Cipanunjang ini merupakan danau purba alami yang terbentuk jutaan tahun lalu.

Gunung Wayang Windu

Gunung Wayang Windu merupakan gunung berapi kembar yang berada di timur Pangalengan. Gunung ini menjadi lokasi pendakian yang patut dicoba bagi kamu para pendaki. Selain kawah, dari puncak gunung ini kamu akan menyaksikan hamparan perkebunan teh Pangalengan yang dikelilingi rangkaian pegunungan yang asri.

Gua Pawon

Di Guha Pawon atau Gua Pawon, wisatawan bisa mempelajari sejarah masyarakat Sund. Situs purbakala ini berada di Gunung Masigit dan bisa dicapai dengan trekking.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bandung wisata alam

Kawah Tangkuban Perahu
Perbesar
Kawah Tangkuban Perahu (sumber: iStockphoto)

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu sangat terkenal dengan legenda Sangkuriang. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan kawah vulkanik dari Gunung Tangkuban Perahu. Terdapat tiga kawah di kawasan ini yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Kawah putih Ciwidey

Saking terkenalnya, tempat wisata Bandung selatan yang satu ini sampai kelewat sering jadi latar film. Kawah Putih memang memiliki pemandangan fotogenik yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

Kawah Burung

Kawah Burung merupakan kawah aktif yang berada di kaki Gunung Windu dengan ketinggian 1.450 mdpl. Kawah ini sekilas mirip dengan kawah Gunung Papandayan dalam versi mini. Kawah Burung berada tak jauh dari Pemandian Air Panas Cibolang. Kawah ini memiliki lokasi tersembunyi di tengah hutan Gunung Windu.

Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang menjadi tujuan menarik di Pangalengan. Air di pemandian ini bersumber dari mata air panas Gunung Windu. Pemandian ini dikelilingi hutan dan pegunungan yang sejuk dan asri. Di sini ada berbagai jenis kolam dengan beragam fungsi seperti kolam berendam, kolam berenang, dan kolam anak.

Ranca Upas

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan di Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini dikelilingi oleh hutan lindung dengan beragam flora seperti Pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Sedangkan fauna terdiri dari beragam jenis burung, serta beberapa satwa jinak lainnya.

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Tahura Djuanda terletak di sebelah utara Kota Bandung berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Di sini terdapat vegetasi tanaman pinus, kaliandra, dan bambu.

Puncak Bintang

Puncak Bintang terletak di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut. Di sini kamu bisa menikmati area hutan pinus yang menjulang tinggi dan panorama pegunungan yang sejuk dan asri. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati sunset di sore hari dengan panorama pegunungan dan gemerlap lampu kota Bandung yang indah.

Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu wisata Bandung yang patut dikunjungi saat berada di Bandung. Tak jauh dari pusat kota, kamu dapat menyaksikan indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi dan selalu indah baik siang atau malam hari.

Dago Pakar

Dago Pakar merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang terletak di Desa Cibural, Kecamatan Cicadas, Bandung. Dago pakar merupakan kawasan hutan hutan lindung yang menjadi paru-paru kota Bandung. Di sini tumbuh menjulang pohon pinus, pohon bambu, dan tanaman lainnya. Selain panorama alamnya yang menyejukkan, di kawasan ini juga terdapat gua Belanda dan gua Jepang yang bersejarah.

Dago Tea House

Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Tempat wisata Bandung Utara satu ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk minum teh yang juga dikenal sebagai Dago Thee Huis. Kini tempat ini juga diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di taman budaya ini, sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda.

Dago Dreampark

Dago Dreampark merupakan salah satu destinasi Bandung wisata malam yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Bandung. Dago Dreampark berlokasi di Jalan Dago Giri Km 22, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung. Wisata malam Bandung ini buka hingga pukul 10 malam. Pastinya Dago Dreampark cocok bagi kamu yang gemar berswafoto.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bandung wisata alam

Curug Dago
Perbesar
Curug Dago (Sumber: disparbud.jabarprov.go.id)

Curug Dago

Curug Dago berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Curug ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik dari tempat wisata bandung utara ini adalah adanya prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Di kawasan curug ini terdapat dua prasasti yang menandai kedatangan dua raja dari Thailand pada 1902 silam.

Curug Maribaya

Curug Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Maribaya dialiri oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Di kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan 3 air terjun sekaligus yaitu curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang.

Curug Omas

Curug Omas merupakan air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan kedalaman air mencapai 10 meter. Curug ini juga merupakan titik pertemuan antara dua sungai Cikawari dan sungai Cigulun yang menjadi satu aliran yang disebut sungai Cikapundung Hulu. Curug Omas Maribaya berada satu lokasi dengan Taman Hutan Raya Juanda.

Curug Malela

Curug Malela berada di di Kampung Manglid, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan lebar kurang lebih 50 meter. Rangkaian air terjun ini membentang hingga 1 kilometer menjadikannya Niagara Mini di Bandung Barat.

Curug Mega

Untuk mengunjungi Curug Mega kamu harus melewati hamparan perkebunan sayur di atas bukit. Air terjun ini juga memiliki bentuk cukup unik dengan jatuhan air yang melebar dan mengembang pada bagian bawah. Curug Mega berlokasi di Desa, Pangalengan, Bandung.

Curug Bangku

Curug Bangku berlokasi di Margaluyu, Pangalengan, Bandung. Curug ini termasuk curug kecil yang cukup asri. Curug Bangku memiliki aliran air yang jernih dan sejuk ala pegunungan. Lokasinya yang dikelilingi bukit membuat tiap pengunjungya bisa menyatu dengan alam yang asri.

Gunung Batu

Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Sebagai salah satu puncak tertinggi di Lembang, dari sini kamu akan dimanjakan dengan melihat pemandangan gunung-gunung lain, seperti Tangkuban Perahu, Gunung Putri, Bukit Tunggul dan Palasari yang terlihat jelas.

Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana menjadi destinasi Bandung wisata dengan alam pegunungan yang sejuk. Di sini wisatawan bisa puasa berkeliling kebun teh yang hijau dengan udara yang masih sangat segar. Kebun Teh Sukawana dikelola oleh PTPN VIII. Selain berkeliling kebun teh, kamu juga bisa bersepeda, duduk santai, hingga berkemah.

Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar berlokasi di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Di sini kamu mengikuti tea walk. Di tea walk ini kamu juga akan memperoleh informasi mengenai kisah Bosscha saat mengelola Perkebunan Teh Malabar.

Perkebunan Teh Cukul

Selain Perkebunan Teh Malabar, di Bandung kamu bisa mampir ke Perkebunan Teh Cukul. Perkebunan teh Cukul terletak di wilayah Malabar. Perkebunan Teh Cukul berada di Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan. Perkebunan Cukul berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl.

Tebing Keraton

Tebing Keraton berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah. Keindahan Tebing Keraton juga dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bandung wisata alam

Wajah Baru Dusun Bambu Bandung di Masa Pandemi, Tersertifikasi CHSE dan Tamu Wajib Tes Antigen
Perbesar
Dusun Bambu bisa jadi tempat destinasi wisata yang aman untuk dikunjungi. (Dok Instagram @dusun_bambu/ https://instagram.com/dusun_bambu?igshid=mhoorpj2wmr5/ Dinda Rizky)

Dusun Bambu

Persis seperti floating market, wisata di Lembang ini adalah tempat yang cocok untuk berwisata kuliner. Akan tetapi berbeda dengan floating market yang memiliki konsep pasar apung, dusun Bambu berkonsep menyatu bersama alam dengan suasana yang sejuk dan asri. Dusun Bambu bertempat di Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, Kec. Cisarau, Kabupaten Bandung Barat.

The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika berlokasi di Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Wisata di Lembang Bandung ini menawarkan replikasi dari negara Asia dan Afrika. Di sini kamu bisa merasakan berada di tujuh negara sekaligus. Negara-negara yang ditampilkan di sini adalah Indonesia, Korea, Jepang, Timur Tengah, Afrika, India, dan Thailand.

Lembang Wonderland

Lembang Wonderland berada satu lokasi di Rumah Tahu Susu Lembang. Wisata ini menawarkan wahana fantasi penuh warna dengan konsep ala Alice in Wonderland. Lembang Wonderland cocok dikunjungi anak yang menyukai taman bermain, kaum muda yang memburu potret instagramable, dan keluarga yang ingin bersantai.

Grafika Cikole

Wisata di Lembang selanjutnya, Grafika Cikole. Di sini, wisatawan akan mendapatkan suasana yang segar, alami dan asri. Grafika Cikole adalah wisata Lembang yang ada di kawasan hutan pinus. Ini merupakan destinasi wisata favorit untuk dijadikan tempat rekreasi bersama orang terdekat dan keluarga. Grafika Cikole terletak di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang.

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park menawarkan wisata di Lembang dengan berbagai wahana permainan outbond. Di sini, pengunjung akan dapat merasakan wahana bermain yang menguji adrenalin. Wisata di Lembang satu ini merupakan bagian dari 350 jaringan Adventure Park di seluruh dunia.

Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata berada di kawasan Ganesha Equestrian Lembang. Terdapat danau dikelilingi perbukitan sejuk. Di sini pengunjung bisa bersantai menikmati udara pegunungan, bersepeda, berkemah, naik kereta, bersampan, atau sekadar berfoto. Tak mau ketinggalan, Taman Lembah Dewata juga menghadirkan spot foto instagramable yang berpadu dengan alam.

Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan tempat wisata Bandung yang cocok untuk mandi dan berfoto. Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuleut merupakan danau hijau memesona dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampai disebut kolam bidadari.

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang merupakan area perkemahan yang sangat terkenal di Bandung. Gunung Putri Lembang adalah salah satu pegunungan yang terletak di kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini kamu bisa menikmati indahnya Bandung wisata dari ketinggian.

Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong berada di Desa Rahong, Pangalengan, Bandung. Di sini kamu bisa menikmati rimbunan pohon pinus yang menjulang tinggi. Ada berbagai spot foto menarik di Hutan Pinus Rahong. Di hutan ini kamu juga bisa berkemah dan melakukan aktivitas alam lainnya.

Sungai Palayangan

Sungai Palayangan dikenal sebagai lokasi arung jeram yang menantang. Sungai ini masuk pada tingat kesulitan kelas 3 -- 4. Sungai Palayangan menyuguhkan keindahan panorama alam yang memesona dengan panjang lintasan arung jeram sekitar 4,5 kilometer. Sungai Palayangan berada di kawasan Situ Cileunca tepatnya di Jl. Situ Cileunca, Kampung Cibeunying, Desa Wanasari, Pangalengan.

Gunung Nini

Gunung Nini sebenarnya merupakan sebuah bukit yang berada di kawasan perkebunan teh Malabar. Dulunya, Gunung Nini digunakan KAR Bosscha untuk mengawasi perkebunan tehnya. Dari Gunung Nini kamu bisa menikmati panorama hamparan kebun teh yang hijau. Suasana di sini sangat tenang, asri, dan sejuk berselimut kabut.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya