Sukses

30 Wisata di Banyuwangi Paling Eksotis, dari Pantai hingga Pegunungan

Jika ingin menikmati liburan bersama keluarga, teman, maupun sendiri. Kabupaten Banyuwangi bisa jadi tujuan destinasi kamu, karena di sini ada beragam destinasi alam yang memukau.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Banyuwangi tak pernah habis menawarkan sejuta pesona alam bagi traveller. Dijuluki sebagai ‘The Sunrise of Java’, Banyuwangi menyimpan beragam destinasi wisata yang memukau. Hal tersebut membuat kota kecil yang terletak di Timur Pulau Jawa ini menjadi salah satu tujuan destinasi yang populer.

Ada begitu banyak lokasi menarik yang kaya akan legenda. Para wisatawan akan dibuat takjub bahkan kagum dengan adanya wisata di Banyuwangi ini, terutama soal fenomena alamnya. Seperti diketahui, selama ini wisata di Banyuwangi didominasi alam yang indah. Hingga menjadi salah satu kota dengan taraf wisata internasional yang wajib dikunjungi.

Ditambah lagi dengan lokasi yang strategis. Tepatnya terkenal sebagai titik penyeberangan dari menuju Pulau Bali. Membuat daerah ini banyak dilirik, dan menyeruak seluruh destinasi wisatanya. Mulai dari pantai hingga pegunungan yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang paling eksotis yang sayang untuk dilewatkan, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (4/8/2021). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Eksotis

1. Pantai Pulau Merah

Dinamakan Pantai Pulau Merah karena di pantai ini terdapat pulau kecil dengan tanah dan pasir kemerahan. Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km menjadikan pantai ini penuh daya tarik.

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, adalah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Wisata di Banyuwangi satu ini terkenal dengan ombaknya yang sering digunakan berselancar. Ombak di pantai ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu ‘The Seven Giant Waves Wonder’ yang berarti memiliki 7 gulungan ombak.

3. Pantai Teluk Hijau

Disebut Teluk Hijau kerena airnya berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombolan di dasar Pantai Teluk Hijau. Selain keindahan warnanya, wisata di Banyuwangi satu ini memiliki hamparan batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai.

4. Pantai Wedi Ireng

Di Pantai Wedi Ireng terdapat 2 macam pasir, yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir hitam yang agak kasar. Pantai ini berada satu jalur dengan Pantai Pulau Merah. Wisata di Banyuwangi ini menawarkan panorama pasir yang terbentang dengan keindahan air laut yang biru dan jernih dan dikelilingi hamparan bukit hijau yang alami.

5. Pantai Sukamade

Pantai sukamade berada di Taman Nasional Meru Beriti. Pantai ini dikenal sebagai surganya Penyu. Di sini wisatawan bisa menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Eksotis

6. Kawah Ijen

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Kawah Ijen. Berada di puncak Gunung Ijen setinggi 2.443 meter di atas permukaan laut, Kawah Ijen merupakan sebuah danau kaldera yang airnya mengandung asam. Perpaduan air danau berwarna hijau kebiruan dengan asap belerang dan kabut menciptakan pemandangan yang begitu menakjubkan. Datanglah ke Kawah Ijen saat malam hari agar kamu bisa menikmati fenomena alam api biru (blue fire). Lalu, tunggulah hingga pagi hari untuk menyaksikan sunrise yang sangat eksotis. Bahkan sunrise di Kawah Ijen disebut-sebut sebagai salah satu yang paling cantik di Indonesia.

7. Taman Nasional Alas Purwo

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Taman Nasional Alas Purwo. Taman nasional ini sebagai hutan paling alami di benua Asia. Seperti taman nasional lainnya, destinasi wisata satu ini kamu bisa menemui banyak ekosistem alam tropis yang begitu memesona. Mulai dari pantai, hutan tropis, hingga gua, semuanya bisa ditemukan di Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional satu ini juga kerap kali dihubungkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Namun hal tersebut, tentu saja tidak bisa menghalangi para wisatawan untuk menikmati keindahan yang tersaji di tempat wisata ini. Menyandang gelar sebagai hutan tropis paling tua di pulau Jawa, membuat Taman Nasional Alas Purwo memiliki pesona keindahan alam yang memukau dan tentu saja ada banyak misteri di dalamnya yang menarik untuk dijelajahi.

8. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Liburan ke Taman Nasional Baluran akan membuat kamu merasa seolah sedang berada di Afrika. Taman Nasional Baluran merupakan sebuah padang savana yang luas. Di sini kamu bisa bertemu dengan aneka spesies hewan dan tumbuhan. Beberapa di antaranya seperti merak, rusa, kancil, dan elang. Kalau mau, kamu bisa menginap di area camping ground agar bisa menikmati pemandangan sunrise yang eksotis. Namun, kamu harus membawa peralatan camping sendiri. Tenang saja, camping ground di Taman Nasional Baluran sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi.

9. Desa Wisata Osing Kemiren

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah desa wisata Osing Kemiren. Kalau mau lebih jauh mengenal budaya masyarakat Banyuwangi, kamu wajib berkunjung ke Desa Wisata Osing Kemiren. Desa ini merupakan kawasan tempat tinggal Suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi. Setiap tahunnya, Desa Wisata Osing Kemiren mengadakan festival unik. Misalnya festival ngopi sepuluh ewu di mana tersedia sepuluh ribu cangkir kopi yang disajikan di sepanjang jalan. Selain itu, di sini kamu juga akan menemukan rumah-rumah kuno khas Suku Osing yang sudah berusia ratusan tahun. Salah satu rumahnya terkadang dipakai sebagai tempat pertunjukan kesenian. Contohnya seperti angklung paglak, tari gandrung, dan othek.

10. Jawatan Benculuk

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah jawatan benculuk. Di tempat ini, pengunjung akan terkesima dengan keindahan yang disuguhkan oleh hutan yang awalnya dibangun bukan untuk destinasi wisata melainkan sebagai daerah resapan air. Adanya kehadiran pohon trembesi yang menjulang tinggi dengan begitu rindang akan sayang untuk dilewatkan. Jawatan Benculuk selain memiliki udara yang sejuk, tetapi juga memiliki deretan pohon trembesi yang sangat cantik bila digunakan sebagai spot foto. Hingga akhirnya banyak warga Banyuwangi yang berkunjung ke tempat ini, untuk sekedar jalan-jalan atupun mengabadikan keindahan Jawatan Benculuk dalam lensa kamera.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Eksotis

11. Gunung Raung

Gunung Raung merupakan gunung berapi yang berada dalam tiga wilayah yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung ini sering menjadi lokasi pendakian dan termasuk memiliki jalur pendakian ekstrem. Gunung ini memiliki empat puncak yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

12. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah Selat Bali. Pulau ini bisa ditempuh dengan kapal sewaan dari pantai-pantai di pesisir Banyuwangi. Pulau kecil ini memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Di sini pengunjung bisa melakukan penyelaman, snorkeling, keliling pulau, atau bersantai di pinggir pantai.

13. Hutan Mangrove Bedul

Wisata di Banyuwangi satu ini berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Gebang Kandel, Kabupaten Banyuwangi. Hutan mangrove ini sering disebut sebagai Amazon-nya Banyuwangi. Hutan Mangrove Bedul masih termasuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Mangrove Bedul membentuk sebuah rawa air payau dengan panjang sekitar 18,8 km dan lebar sekitar 400 meter. Di kanan dan kiri rawa ini memiliki beragam jenis Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat dan subur.

14. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Daya tarik dari taman nasional ini adalah hutan dan taman. Di taman nasional ini kamu bisa menemukan beragam satwa, seperti musang luwak, monyet kera, ajak, rusa, bajing terbang ekor sembilan, merak, dan penyu. Ada juga hewan liar lainnya seperti harimau jawa, kucing hutan, macan tutul, banteng jawa dan rusa. Terdapat hampir 520 jenis tanaman di sini, didominasi tanaman bunga dan obat-obatan.

15. Pantai Pulau Santen

Pantai Pulau Santen berlokasi di desa Karangharjo, sebelah selatan Stasiun Banyuwangi lama. Pantai ini termasuk wisata di Banyuwangi yang cukup populer. Dinamakan Pulau Santen karena didalamnya banyak ditumbuhi pohon yang dikenal oleh masyarakat Banyuwangi dengan nama pohon santen.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Eksotis

16. Bukit Mondoleko Sragi

Tempat wisata di Banyuwangi satu ini cocok untuk kamu yang suka menikmati pemandangan pegunungan. Bukit Mondoleko Sragi, menawarkan keindahan lima gunung sekaligus di ujung timur Jawa, yaitu Gunung Suket, Raung, Kendil, Merapi, dan Meranti. Kamu bisa menikmati keindahan tersebut dari area gardu pandang. Untuk mencapainya, kamu harus berjalan sekitar 1,5 km dulu. Tenang saja, di sepanjang perjalanan, kamu akan bertemu dengan ladang bunga matahari dan kebun strowberry. Jadi, perjalanan kamu mencapai gardu pandang pun tidak akan terasa.

17. Kawah Wurung Banyuwangi

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Kawah Wurung Banyuwangi. Tempat ini sering disebut sebagai bukit teletubbies, karena memang bentuknya yang mirip dengan bukit di kartun teletubbies. Jika berkunjung ke tempat ini, maka hamparan rumput hijau bisa dinikmati sepanjang mata memandang. Namun ada baiknya datang kesini pada bulan Maret atau April, sebab di waktu itu rumput yang tumbuh masih segar untuk dilihat.

18. Taman Gandrung Terakota

Keunikan tempat wisata di Banyuwangi ini terletak pada deretan patung tembikar berbentuk wanita yang tampak sedang menari. Jadi, ketika berfoto di sini, kamu akan terlihat seperti sedang ditemani oleh banyak penari latar. Hamparan sawah mengelilingi Taman Gandrung Terakota sehingga pemandangan sekitarnya tampak menarik. Uniknya lagi, pihak pengelola terkadang mengadakan pentas seni Tari Gandrung di area amfiteater.

19. Air Terjun Lider

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Air Terjun Lider. Tempat wisata ini merupakan salah satu air terjun yang masih alami di Banyuwangi. Terletak di lereng Gunung Raung membuat suasana di air terjun ini menyejukkan. Dengan ketinggian air terjunnya yang mencapai 60 meter membuat air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Banyuwangi. Percikan airnya yang memantul dan terkena sinar matahari akan memunculkan warna pelangi yang indah sehingga membuat pemandangan semakin menakjubkan.

20. Wisata Air Terjun Kampung Anyar Banyuwangi

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah wisata air terjun kampung Anyar Banyuwangi. Dinamakan air terjun Kampung Anyar karena berada di Dusun Kampung Anyar, desa Taman Suruh, kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Keunikan dari destinasi ini adalah pengunjung dapat menikmati tiga air terjun sekaligus disatu tempat. Banyak sebutan dari air terjun ini, mulai dari air terjun bersaudara atau air terjun kembar, air terjun Kampung Anyar, air terjun bidadari dan air terjun jagir.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Eksotis

21. Air Terjun Kalipait

Air terjun satu ini memiliki daya tarik yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Hal ini dikarenakan aliran airnya merupakan lelehan air yang mengalir dari Kawah Ijen. Karena air tersebut adalah bagian dari Kawah Ijen, maka air terjun tersebut mengandung belerang sehingga sangat dilarang untuk meminum air tersebut. Namun meskipun begitu, pengunjung masih bisa menikmati suasana air terjun yang begitu asri dan tenang.

22. Air terjun Tirto Penganten

Air terjun Tirto Penganten adalah sepasang air terjun yang kembar. Tempat wisata satu ini cukup populer di kalangan wisatawan karena memiliki suasana yang sejuk dan segar. Aliran air yang mengalir di air terjun ini ternyata berasal dari mata air Gunung Raung dan mengalir di antara rerimbunan pohon-pohon yang masih asri. Sehingga membuat pemandangan di tempat wisata satu ini begitu meneduhkan.

23. Kalibiru

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Kalibiru. Kawasan wisata Kalibaru cocok untuk Anda yang gemar dengan trakking. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut memiliki suasana yang asri karena dikelilingi berbagai gunung seperti gunung Terong, gunung Raung, gunung Gumitir, gunung Gending, dan gunung Menyan. Apalagi dengan adanya air terjun dengan udara yang segar, kawasan wisata Kalibiru sangat bagus jika digunakan sebagai tempat untuk relaksasi dan lebih dekat dengan alam.

24. Waduk Jatirono

Hanya berjarak 15 menit dari stasiun Kalibaru, waduk Jatirono menjadi salah satu objek wisata di Banyuwangi yang digemari oleh para wisatawan. Di tempat ini, pengunjung bisa menenangkan diri karena suasana yang begitu tenang. Apalagi air di waduk ini sangat tenang dengan warna kehijauan dan dibingkai oleh pepohonan yang rindang. Tidak mengherankan jika banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk menenangkan pikiran atau hanya sekedar melepas penat.

25. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan merupakan salah satu spot wisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan. Di pantai ini, kamu bisa menyaksikan para penyu bertelur pada malam hari. Selain bisa menyaksikan penyu-penyu bertelur, kamu juga bisa menyaksikan proses pelepasan anak penyu.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Eksotis

26. Air Terjun Pertemon

Air Terjun Pertemon berada di Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Untuk mencapai air terjun ini kamu harus melalui jalur trekking terlebih dahulu. Di perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan asri bernuansa pegunungan. Keindahan air terjun ini mirip dengan air terjun Madakaripura di kaki Gunung Bromo.

27. Air Terjun Bayu Lor

Air Terjun Bayu Lor merupakan wisata di Banyuwangi yang juga tak boleh terlewatkan. Air Terjun Bayu Lor berlokasi di Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Air terjun dengan debit air yang cukup deras ini mengalir dan membentuk beberapa undakan sehingga membuat pemandangannya begitu menakjubkan.

28. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung memiliki bentuk unik, yaitu menyerupai jari telunjuk. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Raung. Ini membuat masyarakat setempat menjuluki wisata air terjun di Banyuwangi satu ini dengan Air Terjun Telunjuk Dewa Raung.

29. Pantai Teluk Biru (Blue Bay) Banyuwangi

Teluk yang satu ini berbeda dengan Green Bay. Jika Green Bay mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan. Kalau teluk Biru atau Blue Bay mempunyai keindahan bawah laut yang indah. Blue Bay salah satu alternatif snorkeling di Banyuwangi selain pantai Bama di Baluran atau pulau Tabuhan. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata Banyuwangi di atas. Laut disini juga masih asri, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih.

30. Pantai Boom

Tidak jauh dari pusat kota, Pantai Boom acap kali dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat Banyuwangi ataupun para pelancong. Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama sembari merasakan semilir angin berhembus. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai spot cantik untuk melihat sunset. Pantai Boom juga digunakan sebagai tempat perayaan tarian kolosal gandrung yang dilakukan oleh 1000 lebih penari gandrung. Ada juga perayaan Banyuwangi Beach Jazz Festival adalah event musik Jazz pantai pertama dan satu-satunya di Indonesia. Banyak tarian Indonesia yang terkenal yang berasal dari kota Banyuwangi ini. Karena Banyuwangi memang gudangnya tempat wisata dan kesenian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini