Digital Marketing adalah Strategi Pemasaran Menggunakan Media Digital, Kenali Kelebihannya

Oleh Husnul Abdi pada 03 Agu 2021, 20:45 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 20:45 WIB
Ilustrasi digital marketing
Perbesar
Ilustrasi digital marketing. (Photo by rawpixel.com on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Digital marketing adalah strategi pemasaran yang sekarang ini banyak digunakan perusahaan. Cara ini lebih cepat, lebih mudah, dan bahkan menjangkau konsumen dalam cakupan yang lebih luas. Tidak heran perusahaan berlomba-lomba menerapkannya. Hal ini sangat penting dalam persaingan dengan kompetitor.

Marketing sendiri adalah suatu proses yang sangat penting dalam dunia bisnis. Marketing merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis. Oleh karena itu, menentukan strategi marketing yang tepat akan sangat memengaruhi bisnis yang kamu jalani. Digital marketing merupakan salah satu cara efektif mengenalkan produk ke masyarakat luas.

Digital marketing adalah strategi pemasaran produk menggunakan media digital. Strategi pemasaran satu ini memiliki keunggulan yang begitu banyak jika dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/8/2021) tentang digital marketing.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengenal Marketing

Marketing
Perbesar
Ilustrasi Marketing Credit: pexels.com/William

Sebelum mengenal digital marketing adalah lebih lanjut, kamu tentunya harus memahami apa itu marketing terlebih dahulu. Marketing adalah usaha untuk mengenalkan produk kepada pelanggan atau masyarakat. Pada dasarnya marketing adalah aktivitas untuk membangun sebuah brand atau reputasi.

Branding adalah inti dari marketing.  Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk. Marketing adalah ujung tombak sebuah bisnis dan berperan besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Bahkan, dapat dikatakan tidak akan ada bisnis yang sukses tanpa strategi marketing yang baik.

Manfaat marketing adalah dapat meningkatkan penjualan, mengembangkan produk, membangun hubungan baik dengan konsumen, serta tentunya menjadi sarana melakukan branding.

Untuk mendapatkan manfaat marketing tersebut, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal. Bahkan, marketing adalah proses yang dimulai dari pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, hingga periklanan. 

Perkembangan teknologi membuat definisi marketing meluas. Saat ini ada dua jenis marketing atau pemasaran, yaitu marketing online dan offline. Bagi para pelaku bisnis, tentunya penting untuk terus menggunakan strategi marketing yang up-to-date seiring perkembangan zaman.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memahami Digital Marketing

Ilustrasi marketing.
Perbesar
Ilustrasi marketing. (Photo by Leon on Unsplash)

Seperti yang telah disebutkan, digital marketing adalah strategi pemasaran produk menggunakan media digital dan jaringan internet. Pemasaran digital atau digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, pengertian digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

Revolusi digital telah mengubah pendekatan perusahaan terhadap konsumen secara drastis. Internet membuat konsumen mampu menganalisis harga, menurut pendapat yang beredar, dan terkadang bahkan mendiktekannya.

Perkembangan teknologi digital telah menyebabkan munculnya konsumen siber dan bisnis siber. Revolusi digital memungkinkan penerapan model hubungan baru dengan konsumen, yang merupakan tantangan bagi perusahaan, yang ingin meningkatkan pangsa pasar mereka.

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang tidak dapat lepas dari perkembangan teknologi, khususnya smartphone dan media sosial. Smartphone dan media sosial memberikan dampak tertentu pada perkembangan dinamis pemasaran digital.

Oleh karena itu, cara menjangkau calon klien melalui telepon seluler dan jejaring sosial merupakan saluran komunikasi terkini, yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan, sehingga meningkatkan penjualan. Ada beragam akses bagi calon konsumen agar dapat melihat penawaran kamu, seperti pada Website, Blog, hingga Media sosial (Instagram, Whatsapp, Twitter, dan sebagainya). 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memiliki begitu banyak kelebihan dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional, di antaranya adalah:

- Kemudahan dalam menjangkau target pasar yang lebih luas. Hal ini juga bisa menjangkau target pasar yang spesifik.

- Biaya yang dibutuhkan lebih kecil.

- Menggunakan komunikasi dua arah dengan calon konsumen.

- Dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.

- Digital marketing adalah strategi pemasaran yang dapat diterapkan di berbagai bidang bisnis. Hal ini tentunya membuat kamu dapat meningkatkan pendapatan secara efektif.

- Selain itu, digital marketing adalah pemasaran yang dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Langkah-Langkah Digital Marketing

Digital Marketing
Perbesar
Ilustrasi Digital Marketing Credit: pexels.com/pixabay

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang perlu mengikuti langkah-langkah tertentu agar hasil yang diinginkan tercapai. Berikut langkah-langkah tertentu dalam digital marketing, dalam rangka memperkenalkan produk kamu ke pasar atau konsumen:

- Awareness (Kesadaran). Dalam digital marketing, perusahaan membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.

- Interest (Ketertarikan). Ketertarikan akan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline adalah konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online adalah konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google dan sebagainya) dan jejaring sosial (Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain).

- Desire (Keinginan). Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.

- Action (Tindakan). Tahap terakhir sebagai penentuan apa yang dilakukan oleh pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya