Ini Spesifikasi Laptop untuk Pelajar dari Kemendikbud yang Berupa Chromebook

Oleh Husnul Abdi pada 30 Jul 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 18:15 WIB
Ilustrasi Laptop
Perbesar
Ilustrasi Laptop Credit: pexels.com/Beuw

Liputan6.com, Jakarta Spesifikasi laptop untuk pelajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) sedang banyak diperbincangkan di media sosial. Laptop dengan memori 32 GB dan RAM 4 GB ini dikabarkan menelan anggaran mencapai Rp 17,42 triliun sampai 2024. 

Informasi soal spesifikasi laptop merah putih untuk pelajar ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Alokasi laptop tersebut ditujukan untuk merealisasikan Program Digitalisasi Sekolah gagasan Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Berbekal informasi spesifikasinya, laptop ini dipastikan merupakan Chromebook.

Pemerintah sendiri disebut akan bekerja sama dengan vendor lokal untuk pengadaan laptop ini. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/7/2021) tentang spesifikasi laptop untuk pelajar dari kemendikbud.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Laptop Merah Putih Merupakan Chromebook

Zyrex Chromebook
Perbesar
Vendor laptop lokal Zyrex merilis dua tipe Chromebook untuk mendukung kegiatan belajar siswa siswi di Indonesia (Foto: Zyrex).

Dikutip Liputan6.com dari Lampiran X Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021, menerangkan bahwa pengadaan itu untuk SD, SMP, SMA, SMK, SKB dan PKBM.

Mengacu pada aturan itu, barang yang diadakan bukan hanya laptop, melainkan peralatan TIK, seperti perangkat wireless router, perangkat proyektor, perangkat konektor type C ke HDMI dan VGA, printer, serta scanner, dan layar untuk proyektor.

Berbekal dari informasi spesifikasi laptop tersebut, laptop ini dipastikan merupakan Chromebook. Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu kamu menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan berlapis.

Pemerintah sendiri disebut akan bekerja sama dengan vendor lokal untuk pengadaan laptop ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Spesifikasi Laptop untuk Pelajar dari Kemendikbud

Ilustrasi laptop
Perbesar
Ilustrasi laptop (sumber: freepik)

Berikut spesifikasi laptop merah putih yang dipersyaratkan Kemendikbud:

- Tipe prosesor core: 2, frekuensi: ≥ 1,1 GHz, Cache 1M

- Memori standar terpasang : 4 GB DDR4

- Hard drive : 32GB USB

- Port : dilengkapi USB 3.0

- Networking : WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)

- Tipe grafis : HD integrated

- Audio : integrated

- Monitor : 11 inci LED

- Daya/power : maksimum 50 watt

- Operating system Chrome OS

- Device management: ready to activated chrome education upgrade (harus diaktivisi setelah penyedia ditetapkan sebagai pemenang)

- Masa garansi : 1 tahun.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya