20 Cara Meningkatkan Daya Ingat Setiap Hari, Cegah Pikun

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 30 Jul 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 18:00 WIB
ilustrasi malas berpikir menyebabkan sistem kinerja otak menurun/pexels
Perbesar
Cara Meningkatkan Daya Ingat/pexels

Liputan6.com, Jakarta Cara meningkatkan daya ingat penting untuk kesehatan otak. Tiap orang pasti memiliki saat-saat menjadi pelupa pada satu waktu. Ini bisa terjadi karena banyak faktor mulai dari kurang konsentrasi, sibuk, atau faktor usia.

Meski ini merupakan kondisi normal, melupakan sesuatu terkadang bisa bikin frustasi. Ini sebabnya, cara meningkatkan daya ingat penting dilakukan untuk melatih ingatan. Cara meningkatkan daya ingat bisa membantu meningkatkan kapasitas ingatan dan kerja otak

Ada banyak cara meningkatkan daya ingat yang bisa dilakukan. Mulai dari melatih otak hingga memperhatikan pola makan, cara meningkatkan daya ingat ini patut dicoba. Anda bisa melakukan cara meningkatkan daya ingat ini setiap hari.

Berikut cara meningkatkan daya ingat setiap hari, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Jumat(30/07/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara meningkatkan daya ingat

Tetapkan Tujuan dan Fokus
Perbesar
Ilustrasi Fokus Credit: pexels.com/pixabay

Fokuskan Perhatian

Perhatian adalah salah satu komponen utama dari ingatan. Agar informasi berpindah dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang, perlu secara aktif memperhatikan secara fokus. Cobalah untuk belajar di tempat yang bebas dari gangguan seperti televisi, musik, dan hiburan lainnya. Sisihkan waktu singkat untuk menyendiri dan fokus pada apa yang dikerjakan atau yang ingin diingat.

Latih otak

Melatih keterampilan kognitif dengan bermain permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk cara meningkatkan daya ingat. Teka-teki silang, permainan mengingat kata, tetris, dan bahkan gim ponsel yang didedikasikan untuk pelatihan memori adalah cara terbaik untuk memperkuat memori. Permainan pelatihan otak juga terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara meningkatkan daya ingat

Fokus Selama WFH
Perbesar
Cara meningkatkan daya ingat Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Pelajari hal baru

Kekuatan memori sama seperti kekuatan otot. Semakin banyak digunakan, semakin kuat jadinya. Sama seperti otot yang memerlukan latihan lebih berat untuk menjadi lebih kuat, otak juga harus terus menerus dilatih dengan tingkatan tertentu. Mempelajari keterampilan baru adalah cara terbaik untuk memperkuat kapasitas memori otak. Cara meningkatkan daya ingat ini contohnya seperti belajar bahasa baru, belajar instrumen musik baru, menari, atau kegiatan lainnya.

Coba buat mnemonik

Mnemonik adalah teknik yang sering digunakan oleh siswa untuk membantu mengingat. Sebuah mnemonik adalah cara untuk mengingat informasi. Misalnya, kamu mungkin mengaitkan istilah yang perlu diingat dengan item umum yang sangat dikenal. Perangkat mnemonic dapat berupa akronim, singkatan, lagu, atau pantun.

Gunakan semua indra

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah menggunakan semua indra untuk bekerja. Untuk meningkatkan memori, cobalah untuk tidak hanya mengandalkan satu indra untuk membantu menyimpan informasi. Sebaliknya, hubungkan informasi dengan indera lain, seperti warna, rasa, dan bau.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara meningkatkan daya ingat

Mendapat anugerah dari Tuhan
Perbesar
Cara meningkatkan daya ingat Credit: pexels.com/Andre

Nikmati alam

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah menghabiskan waktu di alam. Keluar ke alam sangat penting untuk kesehatan emosional dan fisik. Menikmati alam bahkan bisa dianggap sebagai bentuk meditasi. Satu studi tahun 2008 berjalan-jalan di taman meningkatkan memori dan perhatian dibandingkan dengan berjalan di kota.

Jangan bergantung pada google

Teknologi memang membuat segalanya terasa lebih mudah. Tetapi sayangnya mereka telah membuat manusia jadi “malas secara mental”. Saat ini tak jarang, ketika lupa sesuatu, seseorang cenderung mencari jawabannya lewat Google. Sebelum meraih ponsel untuk bertanya Siri atau Google, lakukan upaya yang solid untuk mencari jawaban dari pikiran sendiri. Proses ini membantu memperkuat jalur saraf di otak.

Ini sama juga saat ingin mencari arah atau jalan. Kecuali jika benar-benar tersesat atau berada di tempat baru, cobalah untuk mencapai tujuan menggunakan otak daripada hanya mengikuti petunjuk pada GPS.

Lebih terorganisir

Orang yang terorganisir lebih mudah mengingat. Daftar periksa adalah salah satu alat yang baik untuk hidup terorganisir. Menulis daftar periksa secara manual (daripada melakukannya secara elektronik) juga meningkatkan kemungkinan akan mengingat apa yang telah ditulis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara meningkatkan daya ingat

ilustrasi meditasi/unsplash
Perbesar
ilustrasi meditasi/unsplash

Hindari layar terang sebelum tidur

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel, TV, dan layar komputer menghambat produksi melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur-bangun (ritme sirkadian). Siklus tidur yang tidak teratur dapat menurunkan kualitas tidur. Tanpa tidur dan istirahat yang cukup, neuron di otak menjadi terlalu banyak bekerja. Ini dapat menurunkan daya ingat seiring berjalannya waktu.

Meditasi

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah meditasi. Studi menunjukkan bahwa meditasi membantu meningkatkan beberapa fungsi kognitif, seperti fokus, konsentrasi, memori, dan pembelajaran. Meditasi sebenarnya dapat memperbaiki otak dan mendorong lebih banyak koneksi antara sel-sel otak. Teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan memori jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, dari orang-orang berusia 20-an hingga orang tua.

Tidur cukup

Tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi bisa membantu menjaga daya ingat. Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, sebuah proses di mana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan jangka panjang. Kurang tidur telah dikaitkan dengan memori yang buruk.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara meningkatkan daya ingat

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Ola

Olahraga

Latihan fisik memiliki dampak langsung pada kesehatan otak. Olahraga teratur mengurangi risiko penurunan kognitif seiring bertambahnya usia dan melindungi otak dari degenerasi. Cara meningkatkan daya ingat dengan olahraga juga meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke tubuh, dan membantu menciptakan sel-sel baru di otak yang penting untuk penyimpanan memori.

Kelola stres

Saat stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol. Kortisol telah terbukti sangat merusak proses memori otak, terutama kemampuan mengingat jangka panjang. Untuk meningkatkan daya ingat, cobalah untuk mengelola stres dengan meditasi atau menenangkan diri.

Bersosialisasi

Penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung yang kuat seperti sosialisasi sangat penting untuk kesehatan emosional dan otak. Satu studi dari tahun 2007 menemukan bahwa orang dengan kehidupan sosial yang sangat aktif memiliki penurunan memori paling lambat. Hanya 10 menit berbicara dengan orang lain terbukti meningkatkan daya ingat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara meningkatkan daya ingat

Minyak Ikan Kod
Perbesar
Ilustrasi Minyak Ikan Kod Credit: pexels.com/Marsha

Suplemen minyak ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Lemak ini penting untuk mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan kecemasan, dan memperlambat penurunan mental. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan dan suplemen minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua.

Penuhi asupan vitamin D

Rendahnya tingkat vitamin D telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi kognitif. Kadar vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena demensia. Vitamin D bisa dipenuhi dari ikan, hati sapi, dan makanan fortifikasi. Mendapat sinar matahari selama kurang lebih 10 menit di pagi hari juga bisa membantu memenuhi asupan vitamin D. Jika diperlukan, suplemen vitamin D juga bisa dicoba.

Kontrol berat badan

Mempertahankan berat badan yang sehat merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat terbaik. Beberapa penelitian telah menetapkan obesitas sebagai faktor risiko penurunan kognitif. Obesitas juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan peradangan, yang keduanya dapat berdampak negatif pada otak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara meningkatkan daya ingat

Mengonsumsi Air Putih
Perbesar
Ilustrasi Mengonsumsi Air Putih Credit: pexels.com/pixabay

Minum air

Otak sebagian besar terdiri dari air. Air bertindak sebagai peredam kejut untuk otak dan sumsum tulang belakang. Ini membantu sel-sel otak menggunakan nutrisi. Cara meningkatkan daya ingat yang tak kalah penting adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi ringan bahkan dapat menyebabkan penyusutan otak dan gangguan memori.

Kurangi gula

Makan terlalu banyak gula tambahan telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, termasuk penurunan kognitif. Pola makan tinggi gula dapat memperburuk ingatan dan mengurangi volume otak, terutama di area otak yang menyimpan memori jangka pendek. Mengurangi gula tidak hanya membantu ingatan tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kurangi makanan olahan

Mengkonsumsi makanan olahan, terutama karbohidrat dalam jumlah besar seperti kue, sereal, kue kering, nasi putih dan roti putih dapat merusak memori. Makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti tubuh mencerna karbohidrat ini dengan cepat, yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Makanan tinggi karbohidrat olahan telah dikaitkan dengan demensia, penurunan kognitif dan penurunan fungsi otak.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya