Sukses

6 Keunikan Rumah di Inggris, Garasi Bukan untuk Menyimpan Mobil

Keunikan rumah penduduk di negara Inggris menjadi ciri khas tersendiri yang jarang atau bahkan tidak ditemukan di negara lain.

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara di dunia tentunya mempunyai keunikannya masing-masing. Tak dipungkiri, keunikan tersebut membuat suatu negara menjadi lebih dikenal oleh negara lainnya. Keunikan tersebut merupakan sebuah ciri khas agar bisa menarik wisatawan agar datang berkunjung.

Keunikan sebuah negara tak hanya terlihat dari tempat wisata, budaya ataupun keunikan dari warga negaranya. Keunikan sebuah negara juga bisa dilihat dari rumah penduduk yang menjadi ciri khas dari negara tersebut.

Salah satu negara yang selalu punya ciri khas adalah Inggris. Rumah penduduk di Inggris mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan tersebut menjadi salah satu hal unik tentang kehidupan sehari-hari orang Inggris.

Tak hanya keunikan tentang rumah secara umumnya, tetap ruangan-ruangan rumah penduduk di Inggris juga menjadi keunikan yang jarang diketahui orang banyak. Mengetahui tentang keunikan di negara Inggris membuat warga negara lain lebih mengenal dekat negara tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightiside tentang keunikan rumah di negara Inggris yang punya ciri khas tersendiri, Kamis (29/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rumah di Inggris Jarang Gunakan AC

Keunikan pertama tentang rumah di negara Inggris yakni adalah rata-rata semua rumah di negara Inggris tidak menggunakan pendingin ruangan atau AC. Iklim di Inggris tidak vegiru hangat, sehingga tidak ada kebutuhan khusus untuk menggunakan AC atau pendingin ruangan.

Jika orang Inggris yang di dalam rumah membutuhkan udara lebih, biasanya orang Inggris akan membuka jendela rumah atau menggunakan kipas angin agar merasakan kesejukan.

3 dari 7 halaman

2. Karpet Diletakkan di Setiap Ruangan

Keunikan rumah penduduk di Inggris selanjutnya adalah karpet yang diletakkan hampir di semua ruangan, terkecuali dapur. Kamar mandi rumah di negara tersebut pun tetap dilapisi karpet. Jika ada tangga di rumah, itu akan memiliki beberapa karpet di atasnya juga. Karpet ini digunakan agar kaki orang tidak terpeleset, yang berarti risiko jatuh dari tangga sangat rendah.

Namun masalah yang ditemukan ketika melapisi seluruh ruangan dengan karpet adalah karpet lebih mudah kotor dan dapat menyerap kelembapan di kamar mandi. Meskipun demikian, kebanyakan orang Inggris terbiasa berjalan di dalam ruangan dengan alas kaki. Membersihkan karpet di setiap ruangan adalah pekerjaan berat, tetapi hal tersebut merupakan tradisi.

4 dari 7 halaman

3. Garasi Tidak Digunakan untuk Menaruh Mobil

Keunikan rumah di negara Inggris selanjutnya adalah garasi yang ada di rumah tidak digunakan untuk menaruh mobil. Melansir dari Brightside, secara tradisional, garasi di Inggris berukuran kecil hal tersebut dikarenakan mobil dulunya adalah miniatur, itulah sebabnya mobil modern tidak cukup di dalamnya. Akibatnya, banyak orang menggunakan garasi sebagai ruang penyimpanan untuk menyimpan banyak barang yang berbeda.

5 dari 7 halaman

4. Pintu Terbuka Mengarah ke Dalam

Kebayakan rumah di banyak negara, arah pintu rumahnya ketika dibuka mengarah ke luar, tetapi berbeda dengan Inggris. Pintu terbuka mengarah ke dalam memang bukan hanya di negara Inggris, tetapi ada sejarah unik dibalik mengapa arah membuka pintu rumah di negara Inggris mengarah ke dalam.

Meskipun membuka pintu interior ke luar akan lebih menghemat ruang, di sebagian besar rumah tua, pintu terbuka ke dalam. Salah satu alasannya untuk menjaga kerahasiaan tradisional yakni ketika seseorang berjalan di sepanjang koridor melewati kamar, mereka tidak akan melihat, bahkan jika pintunya setengah terbuka.

Alasan selanjutnya mengapa pintu terbuka mengarah ke dalam adalah keamanan, perlindungan dari cuaca buruk, dan kepraktisan (lebih mudah untuk menarik barang-barang setelah perjalanan belanja jika pintu terbuka ke dalam).

6 dari 7 halaman

5. Menerima Surat Melalui Celah Khusus di Pintu

Keunikan selanjutnya tentang rumah di negara Inggris adalah terkait pintunya yang di desain untuk menerima surat. Ada banyak jenis kotak surat di Inggris, yakni kotak itu bisa berupa kotak berdiri terpisah, sekelompok kotak di lantai dasar di dalam pintu masuk gedung apartemen, atau alamat kotak surat yang disewa secara pribadi. Slot untuk surat di pintu hanya tersedia di Inggris Raya.

7 dari 7 halaman

6. Jendela Teluk

Jendela teluk sangat popular di Inggris. Jendela rongga atau jendela teluk adalah jendela yang terdiri dari beberapa jendela selempang persegi panjang yang menonjol dari bagian utama rumah.

Jendela seperti itu dianggap tradisional, dan salah satu kelebihannya adalah memberikan lebih banyak cahaya daripada jendela biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.