20 Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi, Dari Destinasi Alam Hingga Bangunan Bersejarah

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 29 Jul 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 16:30 WIB
20 Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi, Dari Destinasi Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Ilustrasi rawa pening.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai wisata di Ambarawa wajib Anda kunjungi bersama keluarga maupun teman sembari mengisi waktu liburan. Ambarawa merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Meskipun hanya berupa kecamatan, Ambarawa ternyata menyimpan berbagai macam destinasi wisata yang cukup populer di masyarakat. Salah satu kecamatan di wilayah kabupaten semarang ini memiliki banyak wisata, mulai dari bangunan bersejarah, wisata edukasi, hingga destinasi alam yang memukau dan sayang untuk dilewatkan.

Kecamatan Ambarawa ini termasuk daerah dataran tinggi, tak heran jika hawa sejuk sangat mendominasi dan membuat kamu betah untuk menikmati masa liburan di sini. Tak hanya wisata alam, sejarah, hingga edukasi, namun kamu juga ada wisata religi yang dapat kamu kunjungi.

Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Ambarawa yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga maupun teman, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (29/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi

20 Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi, Dari Destinasi Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Danau Rawa Pening (sumber: iStock)

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata di Ambarawa rekomendasi pertama adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini merupakan peninggalan masa kolonial Belanda. Museum ini berupa stasiun kereta api yang pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat pengangkut tentara Belanda ke Semarang. Kemudian setelah Belanda tidak berkuasa, tempat ini berubah menjadi museum kereta api.

Hingga saat ini museum kereta api Ambarawa ini masih dibuka untuk pengujung. Selain melihat koleksi lokomotif, pengunjung juga bisa naik kereta api yang masih berfungsi. Biasanya bagi pengunjung yang ingin merasakan fasilitas ini akan berangkat dari rute Ambarawa – Bendono dan Ambarawa – Tuntang. Tentu ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung bisa naik kekreta api kuno jaman kolonial Belanda.

2. Benteng Pendem Ambarawa

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah Benteng Pendem Ambarawa. Benteng Pendem Ambarawa ini juga sering dikenal dengan Benteng Fort Williem I. Benteng ini dahulu merupakan benteng perang yang digunakan pada masa penjajahan.Berbeda dengan tempat bersejarah lainnya, tahun 2003 benteng ini sempat dialihfungsikan menjadi lapas tahanan. Bukan hanya itu, beberapa bagian benteng juga dijadikan sebagai tempat tinggal. Bagi yang penasaran dengan jejak sejarahnya, bisa mengunjungi salah satu wisata di Ambarawa ini. Kamu bahkan bisa mendapatkan spot foto menarik yang khas dengan desain dan bangunan zaman dahulu.

3. Monumen Palagan Ambarawa

Wisata di Ambarawa berikutnya adalah Monumen Palagan Ambarawa. Tempat ini menjadi saksi bersejarah pertempuran yang berlangsung pada 12 – 15 Desember 1945. Untuk mengenang jasa pahlawan dalam pertempuran ini, kemudian dibangun monumen besar yang bernama Palagan Ambarawa.Hingga kini, monumen Palagan Ambarawa masih menjadi destinasi wisata bersejarah yang populer. Di sini, pengujung akan disuguhkan dengan koleksi-koleksi bekas sejarah pertempuran. Seperti senjata perang atau juga koleksi seragam tentara Indonesia dan Jepang. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat pesawat Mustang Belanda yang berhasil di tembak dan jatuh ke Rawa Pening.

4. Kampoeng Rawa

Wisata di Ambarawa berikutnya yaitu berupa wisata alam Kampoeng Rawa. Tempat wisata ini juga menyajikan spot menarik dengan pemandangan alam yang asri. Di sini kamu bisa melihat pemandangan danau yang jernih. Bukan hanya itu, di tempat ini, juga bisa menikmati berbagai sajian makanan yang disajikan oleh rumah makan apung.Selain restoran apung, Kampoeng Rawa juga terdapat fasilitas pemancingan yang bisa kamu coba. Selain beberapa fasilitas yang dapat dinikmati, kamu juga bisa melihat pemandangan gunung Merbabu dan Telomoyo yang menakjubkan. Udaranya yang sejuk dan asri pun membuat setiap pengunjung betah menghabiskan waktu di tempat wisata ini.

5. Rawa Pening

Wisata di Ambarawa selanjutnya tidak lain adalah Rawa Pening. Rawa pening ini merupakan sebuah danau cukup luas yang terletak di antara empat kecamatan di kabupaten Semarang, yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Di tempat ini, kamu bisa melihat tanaman eceng gondok yang tumbuh subur di setiap sudut danau. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan masyarakat setempat untuk membuat kerajinan. Kamu juga bisa pergi ke tengah danau untuk mendapatkan objek foto pemandangan yang menarik dengan perahu motor yang disewakan. Ini tentu menjadi pengalaman yang menarik bagi setiap pengunjung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi

20 Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi, Dari Destinasi Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Kampoeng Rawa (Sumber: visitjawatengah.jatengprov)

6. Gua Maria Kerep Ambarawa

Wisata di Ambarawa rekomendasi selanjutnya adalah Gua Maria Kerep. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah umat Katholik, Gua Maria Kerep ini juga dapat menjadi destinasi menarik untuk umum. Di dalam tempat ini terdapat sebuah patung berukuran besar bernama patung Maria Lourdes. Biasanya banyak umat Katolik berkunjung dan berziarah ke Gua Maria ini pada hari Minggu. Jumlah pengunjung bahkan bisa mencapai ribuan orang.

7. Air Terjun Semirang

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah air terjun Semirang. Jika ingin berwisata alam dengan pemandangan yang masih sangat asri, salah satu pilihan yang ada di Ambarawa adalah Air Terjun Semirang. Air terjun ini terbilang sangat cantik, apalagi di musim hujan ketika debit airnya cukup banyak. Ada batu-batu dan hutan yang menjadi latar belakang dari air terjun ini. Hawanya sejuk dan membuat piknik di tempat ini terasa sangat menyenangkan. Air terjun ini termasuk salah satu wisata alam paling terkenal di kota ini, tak heran jika tempatnya termasuk padat pengunjung.

8. Goa Rong View

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah goa rong view. Ambarawa termasuk dataran tinggi yang sudah pasti memiliki banyak perbukitan dan menyajikan pemandangan indah. Salah satu cara untuk menikmati pemandangan Ambarawa adalah dengan berkunjung ke Goa Rong View. Tempat ini ada di puncak bukit, dari atas sini, pemandangan kota Ambarawa, termasuk hutan-hutan hijaunya bisa terlihat dengan jelas. Bagi anak-anak muda, tempat ini merupakan spot selfie yang paling dicari-cari.

9. The Fountain Water Park

Untuk tempat wisata yang terbilang cocok untuk seluruh keluarga dan konsepnya cukup modern, ada The Fountain Water Park. Tempat ini adalah wahana wisata air bagi anak-anak dan dewasa. Ada berbagai kolam renang dan fasilitas lainnya yang tersedia di tempat ini, termasuk papan seluncur, kolam anak-anak, dan lain-lain. Lokasi The Fountain Water Park terbilang mudah ditemukan karena ada di pusat kota Ambarawa. Siapapun bisa bersenang-senang di tempat ini karena fasilitas yang disediakan oleh pengelola water park cukup lengkap dan harga tiket masuknya juga terbilang tidak terlalu mahal untuk dibeli.

10. Desa Bejalen

Desa Bejalen merupakan desa wisata yang unik. Letaknya ada di pinggir sungai dan jika dilihat sekilas mungkin terlihat seperti pemukiman penduduk biasa. Namun, rumah-rumah di desa ini hampir semuanya dicat warna-warni sehingga nampak seperti kampung pelangi. Tak heran jika di desa ini, semua orang sibuk berfoto-foto dengan background rumah-rumah penduduk yang warna-warni tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi

20 Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi, Dari Destinasi Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Benteng Fort Willem I atau Benteng Pendem. (dok. Instagram @exploresemarang/Solopos.com)

11. Argo Wisata Kebun Tlogo

Bagi penggemar argo wisata, ada satu tempat wisata di Ambarawa dengan konsep argo wisata yang cocok dikunjungi. Namanya adalah Argo Wisata Kebun Tlogo. Tempatnya asri dan koleksi tanaman di sini sangat beragam. Jika membutuhkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, tempat ini tentu saja bisa memberikannya. Udara di sini juga sejuk dan siapapun bisa merasa sangat rileks dan merasa lebih segar saat berkunjung ke tempat ini.

12. Candi Gedong Songo

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah Candi Gedong Songo. Jejak sejarah kota Ambarawa sudah ada jauh sebelum jaman Belanda. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya candi di kota ini. Salah satu candi paling terkenal di sini adalah Candi Gedong Songo. Kompleks candi ini sangat cocok dijadikan tempat wisata sejarah. Suasananya masih asri dan ada beberapa spot menarik untuk berfoto di sini. Salah satu hal yang sangat wajib dilakukan wisatawan adalah menyewa kuda untuk dinaiki dan berkeliling kompleks candi ini. Tentu saja hal ini unik dan belum tentu bisa dijumpai di kawasan lain.

13. Losari Coffee Plantation Resort

Bagi yang ingin merasakan nongkrong di tempat yang unik, seperti di rumah peninggalan Belanda, tempat yang cocok dikunjungi adalah Losari Coffee Plantation Reso. Di tempat ini, ada kebun kopi. Ada juga kafe yang bisa untuk tempat kumpul-kumpul. Suasana di sini khas jaman dulu dengan konsep rumah peninggalan Belanda dan juga pemandangan perkebunan yang jauh dari hiruk pikuk kota.

14. Curug Lawe

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah Curug Lawe. Di sini, ada curug atau air terjun yang cukup besar dan debit airnya cukup banyak. Suasanya khas pedesaan nan asri bisa langsung terasa ketika mengunjungi tempat yang satu ini. Jika ingin berkunjung di sini, pastikan membawa baju ganti karena pasti semua orang akan tergoda untuk berenang dan bermain air di bawah air terjun yang sangat indah ini. Di sinilah tempat yang cocok untuk menikmati suasana alam.

15. Kampoeng Kopi Banaran

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah Kampoeng Kopi Banaran. Tempat ini merupakan lokasi wisata untuk menikmati aneka jenis kopi dan kuliner lain khas Ambarawa dan daerah di sekitarnya. Konsepnya sangat unik dan menarik. Jika berkunjung kesini, kita bisa merasakan nikmatnya kopi dan sejuknya pemandangan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi

20 Wisata di Ambarawa yang Wajib Dikunjungi, Dari Destinasi Alam Hingga Bangunan Bersejarah
Perbesar
Candi Gedong Songo. (Liputan6.com/Johan Tallo)

16. Lereng Kelir

Wisata Lereng Kelir merupakan wisata yang terletak di ketinggian. Konsepnya adalah wisata selfie dengan background ketinggian, termasuk ada awan-awan dan langit membentang di atas dan pemandangan hijau di bawahnya. Di tempat ini sudah disediakan spot selfie khusus yang bisa dinaiki oleh pengunjung. Jika ingin hasil fotonya bagus, pengelola tempat ini juga sudah menyediakan jasa foto dengan kamera profesional.

17. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Salah satu kolam renang paling populer di Ambarawa adalah Kolam Renang Argo Siwarak. Kolam renang ini sudah ada bertahun-tahun dan menjadi tempat tujuan bagi orang tua yang ingin mengajak anaknya berenang. Ada beberapa jenis kolam renang di sini dengan berbagai varian kedalaman. Selain kolam renang, di tempat ini juga sudah tersedia kafetaria dan tempat-tempat untuk membeli aneka barang yang bisa digunakan ketika berenang.

18. Masjid Agung Ungaran

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah masjid Agung Ungaran. Bangunannya sangat megah dengan konsep arsitektur yang unik dan lain daripada yang lainnya. Bagi yang sedang berada di sekitar lokasi, tentu saja masjid ini bisa digunakan sebagai tempat untuk salat dan beribadah. Di sekitar lokasi masjid, ada pemandangan kota Ambarawa yang bisa dinikmati dan juga ada beberapa spot wisata kuliner dan penjual oleh-oleh yang bisa melengkapi kunjungan di kota ini.

19.  Wana Wisata Penggaron

Wisata di Ambarawa yang tidak kalah populer berikutnya adalah Wana Wisata Pengaron. Tempat wisata ini adalah wisata alam yang mempunyai hawa sejuk dan tempat berkemah. Sangat cocok bagi wisatawan yang suka dengan liburan ramah lingkungan dan berada di dekat hamparan pepohonan. Beberapa fasilitas yang ada di tempat ini antara lain adalah area permainan anak dan lapangan golf. Berlibur ke wana wisata penggaron akan sangat mengasikkan jika bersama orang tersayang dan mencoba camping di sini akan lebih mengasikkan.

20. Kebun Durian Watu Simbar

Durian merupakan buah khas Indonesia yang siapa saja pasti menyukainya. Buah dengan aroma yang khas menyengat ini bisa ditemukan dengan mudah di Ambarawa, terutama di Kebun Durian Watu Simbar. Kebun Durian ini merupakan tempat pembibitan buah durian yang hampir selalu panen tiap tahunnya. Jika datang ke sini, tentu saja pengunjung bisa menikmati aneka jenis buah durian dengan rasanya yang mantap.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya