25 Tempat Wisata di Sukabumi, Favorit Rekreasi Jawa Barat

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 28 Jul 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 18:15 WIB
Menikmati Keindahan Curug Awang yang Jadi Ikon Ciletuh Geopark
Perbesar
Pemandangan Curug Awang yang berada di desa Taman Jaya, Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat (24/6). Curug Awang ini merupkan ikon dari Geopark Ciletuh karena bentuknya mirip dengan air terjun Niagara. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Sukabumi termasuk destinasi favorit di Jawa Barat. Sukabumi memiliki daya tarik wisata alam yang mengagumkan. Tempat wisata di Sukabumi menjadi pilihan tepat untuk berekreasi.

Ada beragam tempat wisata di Sukabumi yang bisa dikunjungi. Sukabumi memiliki bentang alam yang luas dan beragam. Tempat wisata di Sukabumi tersebar mulai dari kawasan pantai sampai pegunungan.

Tempat wisata di Sukabumi juga tak begitu jauh dari Ibukota. Ini membuat tempat wisata di Sukabumi menjadi alternatif destinasi wisata akhir pekan. Berikut 25 tempat wisata di Sukabumi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(28/07/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

Wisata Geopark Ciletuh
Perbesar
Pencari ikan berdiri di atas bebatuan Curug Cimarinjung, Kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, Sabtu (23/6). Kawasan yang dikenal sebagai salah satu taman batu tertua di Pulau Jawa ini resmi mendapat predikat UNESCO Global Geopark. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh berada di 8 kecamatan di 74 desa/kelurahan di Sukabumi. Geopark ini adalah satu-satunya geopark atau taman bumi di Jawa Barat sekaligus yang pertama dan yang ke tiga di Indonesia. Di sini terdapat kawasan dengan keragaman geologi, hayati, dan budaya yang dikelola melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan. Beberapa obyek yang bisa ditemukan di tempat wisata di Sukabumi ini adalah Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Panenjoan, Pulau Batik, Penangkaran Tukik dan Penumbangan.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak berlokasi di Jl. Raya Cipanas, Malasari, Kabandungan, Sukabumi. Kawasan ini memiliki puncak tertinggi yaitu Gunung Halimun (1.929 m) dan Gunung Salak (2.211 m). Lebih dari 700 jenis tumbuhan berbunga hidup di hutan alam di taman nasional ini. Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga merupakan tempat tinggal beberapa kelompok masyarakat adat, antara lain masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy.

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang berada di wilayah Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Ciri khasnya terletak pada lokasi dan bangunan rumah yang masih berpegang pada tradisi orang Sunda zaman dulu. Kampung Adat Ciptagelar didirikan oleh pasukan Kerajaan Sunda yang menuruti perintah Prabu Siliwangi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

Berwisata ke Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara di Kala Pandemi
Perbesar
Pengunjung melintasi Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi, Minggu (20/9/2020). Seperti diketahui, Jembatan Gantung tersebut resmi dibuka untuk umum pada 2018 lalu itu memiliki panjang 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan berada di atas ketinggian 107 meter. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Situ Gunung Sukabumi

Situ Gunung merupakan tempat wisata di Sukabumi yang memiliki beragam obyek wisata seperti jembatan gantung , tempat camping, dan objek wisata lainnya. Salah satu andalan di tempat wisata ini adalah jembatan gantungnya. Selain itu, ada banyak tempat rekreasi keluarga, kelompok, hingga tempat berfoto Instagramabele. Situ Gunung Sukabumi berada di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi.

Jembatan Gantung Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung. Objek wisata Sukabumi ini merupakan salah satu jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Jembatan Gantung Situ Gunung memiliki panjang yang membentang sepanjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter. Jembatan ini menghubungkan area Situ Gunung ke area Curug Sawer.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

ilustrasi pantai
Perbesar
ilustrasi pantai (sumber: Nenad Radojčić/Unsplash)

Pantai Palabuhanratu

Tempat wisata di Sukabumi ini memiliki perpaduan pantai yang curam, landai, dengan karang yang terjal. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini. Pantai Pelabuhan Ratu juga punya kisah mistis tersendiri. Konon, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan Gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng termasuk tempat wisata di Sukabumi yang istimewa. Pantai Ujung Genteng juga disebut sebagai “Mutiara yang Tersembunyi” karena keindahan dan kealamian tempatnya. Pantai ini termasuk pantai berpasir putih yang dikenal memesona. Selain keindahan pantainya, kamu bisa menyaksikan aktivitas warga sekitar yang bermatapencarian sebagai nelayan.

Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang atau yang juga dikenal dengan Pantai Cipatuguran berada di esa Jayanti, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini terkenal akan pemandangan sunsetnya yang indah. Kawasan pantai ini juga kerap dijadikan wisata memancing ikan di Pelabuhan Ratu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

Ilustrasi pantai (unsplash)
Perbesar
Ilustrasi pantai (unsplash)

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan pantai yang berada di teluk Pelabuhan Ratu. Pantai Cimaja juga dikenal memiliki ombak besar yang biasanya digunakan para peselancar untuk berselancar. Pantai Cimaja sudah terkenal sebagai pantai surfing sejak tahun 1970-an. Pantai ini juga selalu mengadakan kejuaraan berselancar tingkat dunia.

Pantai Citepus

Pantai menawan lainnya di Sukabumi adalah pantai Citepus. Pantai Citepus terletak di tepi jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Lokasi pantai ini sangat strategis membuat pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Garis pantai di pantai ini memikiki ukuran yang panjangnya mencapai 3-5 km.

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban merupakan pantai alternatif yang bisa dikunjungi selain pantai Pelabuhan Ratu. Dibanding dengan Pantai Pelabuhan Ratu, pantai dengan pasir hitam ini lebih sepi wisatawan. Suasananya yang tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat bersantai.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

rafting
Perbesar
rafting (sumber: freepik)

Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok berada di Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi. Jika pemandian air panas biasanya berada di dekat pegunungan, pemandian satu ini justru berada di dekat pantai. Tempat wisata di Sukabumi ini berada sekitar 15 km dari pantai Pelabuhan Ratu. Di sini sumber air panas keluar langsung dari bebatuan. Ada tiga titik semburan air panas dengan suhu yang cukup tinggi rata-rata 80 derajat Celcius. Pengunjung hanya diperbolehkan berendam di aliran sungai dan kolam yang sudah disediakan.

Water Park Palabuhanratu

Water Park Palabuhanratu merupakan tempat rekreasi favorit di Sukabumi. Water Park ini dibangun di area seluas 1,7 hektar di Kelurahan Citepus. Water Park Palabuhanratu berada di kawasan wisata Pantai Citepus. Ada beragam wahana yang bisa dinikmati di tempat ini seperti Family Slide, kolam sport, kolam arus, dan Boowel.

Rafting Citarik

Di Sukabumi kamu juga bisa merasakan mengalaman rafting menyusuri sungai Citarik. Banyak penyedia tur yang menawarkan paket rafting di daerah ini. Arus sungai di Citarik cukup deras sehingga cocok sebagai lokasi arung jeram.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Tebing ini terletak di Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata Sukabumi ini dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan dari atas ketinggian. Tebing Panenjoan berada di atas ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut.

Wisata Gunung Sunda

Wisata Gunung Sunda berada di Jl. Padaasih, Padaasih, Kec. Cisaat, Sukabumi. Dari puncak Gunung Sunda kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit atau terbenam dengan latar Gunung Gede Pangrango. Puncak Gunung Sunda bisa diakses melalui jalur pendakian melalui perkebunan bambu.

Bukit Karang Para

Bukit Karang Para berada di Desa Kebon Manggu, Sukabumi. Tempat wisata di Sukabumi ini menawarkan spot foto indah dengan latar belakang alam yang alami. Tempat wisata yang memaparkan pemandangan hijauan dari atas bukit menjadi daya tarik tersendiri.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi gua. (dok. pexels.com/Jeremy Bishop)

Gua Lalay

Lalay dalam bahasa Sunda berarti Kelelawar. Di gua ini pengunjung bisa menyaksikan jutaan kelelawar yang menghuni Gua. Gua Lalay hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai Pelabuhan Ratu. Berdasarkan kepercayaan penduduk setempat, Kelelawar-kelelawar ini terbang juga ke daerah lain seperti Banten, Bogor, Jakarta Bahkan Bandung. Biasanya rombongan Kelelawar ini mulai keluar menjelang senja sekitar jam 17.00.

Gua Buniayu

Gua Buniayu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang berlokasi di Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Ada tiga gua di area, namun hanya dua gua yang dibuka untuk umum. Sementara satu gua lainnya hanya dibuka untuk penelitian dan profesional.

Danau Bacan

Danau Bacan atau Batu Bacan berlokasi di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat. Dinamai Bacan karena danau ini memiliki warna air biru kehijauan mirip batu bacan. Danau Bacan tidak terbentuk dari air resapan di bawahnya melainkan dari air hujan yang tertampun sejak lama.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat wisata di Sukabumi

Curug Awang
Perbesar
Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa berada di Curug ini memiliki dua tingkatan. Tingkatan atas memiliki bentuk batuan berlapis-lapis yang disebut Undak Tengah. Sementara tingkatan bawah berbentu batu menyerupai kubah yang disebut Batu Masigit. Bentuk Curug Cigangsa terjadi akibat gempa yang kuat, membuatnya terlihat berundak-undak.

Curug Awang

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Curug Awang. Curug ini juga berada di Geopark Ciletuh. Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebarnya 60 meter. Ketinggian tersebut membuatnya dijuluki sebagai Niagaranya pulau Jawa. Curug Awang berada diantara pesawahan dengan rimbunnya pepohonan.

Curug Sawer

Curug Sawer merupakan objek wisata Sukabumi dengan air terjun tunggal. Air terjun atau curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter lebih. Curug ini berada tak jauh dari jembatan gantung Situ Gunung. Kalau selesai berkunjung ke jembatan gantung Situ Gunung, kamu bisa sekalian mampir ke curug ini.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi dengan pemandangan alamnya yang asri. Curug ini dikelilingi pepohonan rindang dan tebing kapur yang indah. Curug Cimarinjung berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso

Curug Cikaso dikenal dengan airnya tang berwarna biru kehijauan. Ada tiga curug di kawasan ini yaitu Curug Aki, Curug Aseupan, dan Curug Meong. Curug Cikaso berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya