Pahami Perbedaan Tujuan dan Sasaran Dalam Bisnis Maupun Organisasi

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 26 Jul 2021, 10:50 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 10:50 WIB
Pahami Perbedaan Tujuan dan Sasaran Dalam Bisnis Maupun Organisasi
Perbesar
ilustrasi gedung perusahaan. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Meskipun istilah sasaran dan tujuan keduanya mengacu pada hasil yang diinginkan yang ingin dicapai seseorang, organisasi maupun bisnis, ada perbedaan yang signifikan di antara istilah tujuan dan sasaran.

Tujuan merupakan penjabaran dan operasionalisasi atas pernyataan misi yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu satu sampai dengan lima tahun. Sedangkan, sasaran merupakan penjabaran lebih lanjut dari tujuan, yang dirumuskan secara spesifik dan terukur untuk dapat dicapai dalam kurun waktu lebih pendek dari tujuan. 

Dengan begitu, dalam sebuah organisasi maupun bisnis tujuan dan sasaran ini diperlukan untuk mencapai sebuah hal yang diinginkan yang mampu membuat sebuah organisasi maupun bisnis tersebut semakin berkembang lebih maju.

Untuk lebih detailnya, berikut ini penjelasan mengenai perbedaan tujuan dan sasaran dalam organisasi maupun bisnis yang dapat Anda ketahui yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengertian Tujuan

Sebelum mengetahui perbedaan tujuan dan sasaran, perlu untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian tujuan secara umum. Tujuan atau goals adalah pernyataan singkat tentang hasil yang diinginkan untuk dicapai dalam jangka waktu yang lama, biasanya tiga hingga lima tahun. Ini adalah pernyataan luas yang berfokus pada hasil yang diinginkan dan tidak menggambarkan metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengertian Sasaran

Sebelum mengetahui perbedaan tujuan dan sasaran, perlu untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian sasaran secara umum. Sasaran atau objectives adalah target spesifik dan dapat ditindaklanjuti yang perlu dicapai dalam kerangka waktu yang lebih kecil, seperti satu tahun atau kurang, untuk mencapai ojektifitas tertentu. Sasaran menggambarkan tindakan atau kegiatan yang terlibat dalam mencapai tujuan. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbedaan Tujuan dan Sasaran

Pahami Perbedaan Tujuan dan Sasaran Dalam Bisnis Maupun Organisasi
Perbesar
Ilustrasi Perusahaan. Credit: freepik.com

Tujuan adalah hasil yang ingin Anda capai, sedangkan sasaran adalah tindakan spesifik dan langkah terukur yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan. dalam bisnis kedua hal ini juga biasa dikenal dengan Goals and Objectives. Tujuan dan sasaran bekerja bersama-sama untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda membuat tujuan tanpa sasaran yang jelas, Anda berisiko tidak mencapai tujuan Anda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan tujuan dan sasaran, diantaranya:

1. Keselarasan dan Keteraturan

Perbedaan tujuan dan sasaran dalam organisasi dan bisnis terletak pada keselarasan dan keteraturan. Tujuan ditetapkan untuk mencapai misi organisasi atau individu, sedangkan sasaran ditetapkan untuk pencapaian tujuan. Dengan demikian, urgensi tujuan lebih tinggi daripada sasaran.

2. Cakupan

Perbedaan tujuan dan sasaran dalam organisasi dan bisnis terletak pada cakupan. Tujuan adalah maksud yang luas dan seringkali tidak dapat diukur dalam satuan yang dapat diukur. Sasaran lebih sempit dari tujuan dan dijelaskan dalam hal tugas-tugas tertentu.

3. Kekhususan

Perbedaan tujuan dan sasaran dalam organisasi dan bisnis terletak pada kekhususan. Tujuan adalah pernyataan umum tentang apa yang ingin dicapai. Mereka tidak menentukan tugas yang perlu dilakukan untuk menyelesaikannya. Sasaran, di sisi lain, adalah tindakan spesifik yang dilakukan seseorang dalam jangka waktu tertentu.

4. Tangibility

Perbedaan tujuan dan sasaran dalam organisasi dan bisnis terletak pada tangibility. Tujuan bisa tidak berwujud dan tidak terukur, tetapi tujuan didefinisikan dalam hal target yang nyata. Misalnya, tujuan untuk “menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik” tidak berwujud, tetapi sasaran untuk “mengurangi waktu tunggu pelanggan menjadi satu menit” adalah nyata dan membantu dalam mencapai tujuan utama.

5. Jangka Waktu

Perbedaan tujuan dan sasaran dalam organisasi dan bisnis terletak pada jangka waktu. Tujuan ditetapkan untuk dicapai dalam jangka waktu yang lama, sedangkan sasaran dimaksudkan untuk jangka waktu yang lebih singkat. Sebuah tujuan biasanya dibagi menjadi beberapa sasaran yang tersebar di beberapa kerangka waktu.

6. Bahasa

Perbedaan tujuan dan sasaran dalam organisasi dan bisnis terletak pada bahasa. Bahasa yang digunakan dalam menggambarkan tujuan lebih terfokus pada pemikiran konseptual, sedangkan yang digunakan dalam sasaran lebih pada sisi kreatif.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Pahami Perbedaan Tujuan dan Sasaran Dalam Bisnis Maupun Organisasi
Perbesar
Ilustrasi Badan Usaha Credit: pexels.com/Cadeo

Dengan menetapkan tujuan dan sasaran dalam organisasi maupun bisnis, akan memberikan manfaat yang akan berdampak besar pada Anda yaitu:

1. Dengan adanya tujuan akan memberikan arah pada upaya Anda, dan menetapkan sasaran dapat mengukur kemajuan Anda

2. Dengan menetapkan tujuan dan sasaran, maka akan meningkatkan keyakinan Anda dalam pencapaian.

3. Dengan menetapkan tujuan dan sasaran, maka akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang sulit.

4. Dengan menetapkan tujuan dan sasaran, maka mampu mengkonfirmasi kepercayaan Anda pada strategi.

5. Dengan menetapkan tujuan dan sasaran, maka mampu membantu Anda mencapai potensi penuh yang Anda miliki.

6. Dengan menetapkan tujuan dan sasaran, maka mampu membantu Anda menetapkan prioritas.

7. Dengan menetapkan tujuan dan sasaran, maka mampu memotivasi Anda untuk bertindak.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya