Sukses

Wamenkes Ungkap 90-94 Persen Pasien COVID-19 yang Meninggal Belum Vaksin

Vaksinasi COVID-19 ampuh menurunkan risiko berat. Salah satunya mengurangi risiko kematian.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), dr Dante Saksono Harbuwono, Sp. PD-KEMD, PhD menegaskan keampuhan vaksin Covid-19. Baik bagi mereka yang terserang Covid-19 maupun bagi yang belum.

Khusus bagi orang yang terkena Covid-19, vaksinasi ampuh menurunkan risiko berat. Salah satunya mengurangi risiko kematian.

"Laporan yang masuk pada kami setelah divaksin apabila terkena maka angka kematiannya akan menurun," kata Dante di Jakarta, Minggu (25/7/21).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebagian besar pasien meninggal akibat Covid adalah orang yang belum divaksin

Menurutnya, berdasarkan data yang dipegang Kemenkes tercatat sebagian besar pasien meninggal akibat Covid-19 merupakan mereka yang belum divaksin.

"Laporan terakhir angka kematian akibat infeksi Covid pada beberapa saat ini, 90 persen sampai 94 persen adalah mereka yang belum divaksinasi," ungkapnya.

Sebab vaksin membantu memperkuat imun tubuh. Baik pada saat terinfeksi maupun ketika sudah terjangkit Covid-19.

"Dengan adanya vaksinasi akan memberikan respon imun tubuh yang lebih baik. Baik itu apabila belum terinfeksi maupun setelah terinfeksi," pungkasnya.

Saat ini, baru sekitar 17,1 juta masyarakat Indonesia yang divaksinasi Covid-19.

"Jadi, ini masih jauh dari target vaksinasi 180 juta masyarakat Indonesia dan Presiden memberikan target vaksinasi tiga juta orang per hari hingga Oktober mendatang," terang Sandiaga Uno pada Sabtu (24/7/21).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini