Harga Tiket Kereta Api Menurut Kelas, Ketahui Cara Ceknya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 20 Jul 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 20 Jul 2021, 17:45 WIB
Ilustrasi – kereta api melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto. (Foto: Liputan6.com/KAI Daop 5 PWT/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi – kereta api melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto. (Foto: Liputan6.com/KAI Daop 5 PWT/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Jakarta Harga tiket kereta api pasti menjadi pertimbangan ketika hendak melakukan perjalanan. Kereta api termasuk moda transportasi pilihan masyarakat. Menggunakan kereta api, terutama untuk perjalanan jauh, dinilai lebih nyaman dan praktis.

Harga tiket kereta api berbeda tiap kelas. Harga tiket kereta api paling murah berada pada kisaran Rp 30 ribu. Sementara harga tiket kereta api paling mahal berada pada kisaran Rp 1 jutaan. Harga tiket kereta api ini disesuaikan dengan tujuannya.

Harga tiket kereta api juga pastinya disesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan. Berikut cara cek harga tiket kereta api, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(20/07/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kelas kereta api

Ilustrasi penumpang kereta
Perbesar
Ilustrasi penumpang kereta (dok.unsplash)

Harga tiket kereta api biasanya disesuaikan dengan kelas yang ada. Kelas kereta api adalah penggolongan jenis fasilitas dan layanan yang akan didapatkan saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Di Kereta Api Indonesia ada tiga kelas, ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Masing-masing kelas juga memiliki tipe kelasnya sendiri. Berikut kelas kereta api yang ada di Indonesia:

Ekonomi

Kelas ekonomi adalah kelas kereta penumpang dengan harga tiket kereta api dari kelas lainnya. Kereta ekonomi yang ada di Indonesia dibagi menjadi kereta kelas Ekonomi, Ekonomi Plus Kemenhub, Ekonomi Plus New Image, dan Ekonomi Premium. Salah satu ciri khas kereta kelas ekonomi adalah pada beberapa jenis kereta, tempat duduk berhadapan 2-3 dan 3-3. Durasi perjalanan kereta ekonomi cenderung lebih lama dibanding kelas lain. Ini karena biasanya kereta kelas ekonomi berhenti di banyak stasiun.

Bisnis

Kereta bisnis merupakan kelas kereta dengan harga tiket kereta api cenderung menengah. Harga tiket kereta api bisnis tidak serendah kelas ekonomi namun juga tidak setinggi kelas eksekutif. Kereta api bisnis adalah kelas kereta penumpang di bawah kelas eksekutif. Berbeda dengan tempat duduk kelas ekonomi, tempat duduk kereta bisnis bisa disusun 2-2 tanpa berhadapan. Durasi perjalanan kereta bisnis tidak secepat kelas eksekutif namun, bisa lebih cepat dari kelas ekonomi.

Eksekutif

Kereta eksekutif merupakan kelas paling atas yang ditawarkan oleh KAI. Harga tiket kereta api eksekutif tertinggi di antara kelas bisnis dan ekonomi. Pelayanan dari kereta eksekutif juga terbilang lebih nyaman. Tempat duduk disusun 2-2 yang lebih nyaman dari kereta bisnis. Durasi perjalanan juga relatif lebih cepat karena kereta tidak berhenti di tiap stasiun.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sub kelas kereta api

Ilustrasi mimpi, kereta api
Perbesar
Ilustrasi kereta api. (Photo by Ankush Minda on Unsplash)

Selain kelas utama, dalam sebuah rangkaian kereta terdapat sub kelas. Sub kelas ini juga memengaruhi harga tiket kereta api. Berikut sub kelas yang ada di kereta api:

Sub Kelas Kereta Api Ekonomi

Sub kelas yang dimiliki kelas ekonomi adalah C, P, Q, S, Z. Harga tertinggi ada pada sub kelas C dan harga terendah reguler ada pada sub kelas S. Sementara sub kelas Z adalah harga tiket promo.

Sub Kelas Kereta Api Bisnis

Sub kelas yang dimiliki kelas bisnis adalah B, K, N, O, Y. Harga tertinggi ada pada sub kelas B dan harga terendah reguler ada pada sub kelas O. Sementara sub kelas Y adalah sub kelas dengan harga promo.

Sub Kelas Kereta Api Eksekutif

Sub kelas yang dimiliki kelas eksekutif adalah A, H, I, J, X. Harga tertinggi ada pada sub kelas A dan harga terendah reguler ada pada sub kelas J. Sedangkan X adalah sub kelas dengan harga promo.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara cek harga tiket kereta api

Ilustrasi mimpi, kereta api
Perbesar
Ilustrasi kereta api. (Photo by 🇨🇭 Claudio Schwarz | @purzlbaum on Unsplash)

Setelah mengetahui kelas dan sub kelas yang ada di kereta api, saatnya menentukan pilihan kereta. Kamu bisa mengecek harga tiket kereta api dan mengetahui kelasnya. Berikut cara harga tiket kereta api:

Melalui website KAI

Cara cek harga tiket kereta api yang pertama adalah melalui website resmi KAI. Berikut langkah cek harga tiket kereta api dari website resmi KAI:

1. Buka browser, masuk ke situs booking.kai.id atau kai.id.

2. Pada kolom pemesanan tiket kereta api, pilih stasiun asal dan stasiun tujuan.

3. Isi tanggal keberangkatan.

4. Pilih cari & pesan tiket.

5. Situs akan menampilkan kereta yang tersedia, lengkap dengan harga dan kelasnya.

Melalui KAI Access

Selain melalui website, kamu bisa memesan tiket kereta dari aplikasi resmi KAI yang dinamakan KAI Access. Berikut cara mengecek harga tiket kereta api dari aplikasi KAI Access:

1. Unduh aplikasi KAI Access.

2. Isi data diri untuk mendaftar akun.

3. Pilih jenis kereta yang kamu inginkan, untuk kereta api jarak jauh kamu bisa pilih intercity train, sedangkan untuk kereta api lokal kamu bisa pilih local train.

4. Pilih stasiun awal dan stasiun tujuan, jadwal keberangkatan dan jumlah penumpang.

5. Pilih kerta api sesuai dengan stasiun asal dan stasiun yang kamu tuju.

6. Lakukan konfirmasi pemesanan dengan cara memberikan tanda centang pada syarat dan ketentuan yang tercantum di layar.

7. Mengisi data diri penumpang.

8. Membayar Transaksi, dapat dilakukan melalui Link Aja, ATM/Mobile Banking/Internet Banking, Gerai Retail dan Kartu Kredit.

Melalui pihak ketiga

Selain melalui website dan aplikasi resmi KAI, kamu bisa mengecek harga tiket kereta api melalui website dan aplikasi pihak ketiga. Contohnya kamu bisa mengecek di Traveloka, Tiket.com, atau layanan perjalanan lainnya. Berikut caranya:

1. Buka website atau aplikasi pihak ketiga.

2. Pilih menu kereta api.

3. Masukkan stasiun asal dan stasiun tujuan.

4. Masukkan tanggal keberangkatan.

5. Pilih Cari.

6. Website atau aplikasi akan menampilkan kereta yang tersedia beserta harga tiketnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya