Sukses

Daftar Harga Triplek Terbaru 2021 Lengkap dari Berbagai Jenis dan Ukuran

Ini beberapa jenis, ukuran, dan harga triplek terbaru 2021.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui harga triplek dapat sebagai patokan Anda sebelum membelinya. Triplek atau disebut juga sebagai plywood adalah sebuah papan pabrikan yang dibuat dari beberapa lapis kayu veneer yang direkatkan secara bersama-sama agar menjadi sebuah papan.

Material tersebut adalah salah satu produk hasil olahan kayu yang paling sering digunakan untuk berbagai keperluan. Papan tersebut menjadi sangat diminati karena sifatnya yang fleksibel sehingga sangat memudahkan untuk dibentuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Triplek sering digunakan sebagai bahan utama embok luar rumah sekaligus partisi ruangan di dalam rumah, selain itu juga dipakai untuk berbagai furnitur yang ada di rumah serta bisa digunakan untuk pintu rumah Anda. Triplek memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Apabila Anda mempunyai budget yang terbatas maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan triplek untuk konstruksi rumah Anda. 

Berikut ini ada beberapa daftar harga triplek dari berbagai jenis dan ukuran yang dapat Anda jadikan patokan sebelum membelinya, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (20/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Triplek yang Paling Sering Digunakan

Di bawah ini adalah beberapa jenis yang umumnya bisa Anda temui pada toko material di sekitar Anda:

1. Medium Density Fiberboard atau MDF

Jenis papan kayu yang pertama adalah Medium Density Fiberboard atau sering disebut sebagai MDF. Bahan ini adalah kayu lapis yang dibuat dari hasil campuran serat kayu lunak dan keras yang ditempel bersama dengan memakai lem. Papan MDF mempunyai pori-pori yang rapat dan membuatnya sangat cocok untuk menjadi material utama furnitur seperti meja kecil.

2. Teakblock

Jenis yang berikutnya adalah teakblock. Jenis yang ini dibuat dari lembaran papan kayu jati yang sudah ditumpuk menjadi satu. Karena dibuat dari kayu jati yang kuat dan tahan terhadap rayap menjadikan papan teakblock mempunyai harga yang cukup tinggi. Kayu teakblock juga umumnya dipakai sebagai pelapis papan kayu karena tahan terhadap benturan dan perubahan kondisi cuaca.

3.  Blockboard atau Triplek Meranti

Varian berikutnya adalah blockboard atau disebut juga triplek meranti. Papan jenis ini dibuat dari tiga buah susunan kayu yang berbeda-beda. Lapisan luar dari blockboard cukup tipis namun didukung dengan lapisan dalam yang tebal dan dibuat dari kayu akasia yang kuat dan solid.

4. Melaminto

Papan melaminto adalah salah satu triplek yang seringkali disebut juga dengan istilah decorative plywood. Bahan melaminto merupakan salah satu jenis kayu lapis yang dipakai untuk menghias dan mempercantik papan kayu. Melaminto mempunyai permukaan yang dilapisi oleh melanin dan polyester dan membuat tekstur luarnya menjadi mulus dan rapi.

5.  Particle Block

Particle block adalah salah satu jenis material dengan harganya yang murah dan sangat diminati. Papan kayu ini dibuat dari berbagai serpihan kayu yang sudah dicetak menjadi papan. Memang dibalik harganya yang murah papan kayu ini tidak disarankan untuk menjadi material utama dalam konstruksi bangunan karena sangatlah rentan terhadap air dan bisa lapuk apabila terkena kelembaban yang tinggi.

6. Multiplek

Papan kayu multiplek dibuat dari lapisan kayu yang sudah di press dengan mesin bertekanan tinggi dan membuatnya teksturnya menjadi rapat dan solid. Kayu multiplek juga mempunyai pori-pori yang sangat kecil dan termasuk ke dalam triplek yang tahan terhadap air.

7. Plywood WPC (Wood Plastic Composite)

WPC merupakan panel yang memiliki keunggulan tersendiri terutama dalam hal daya tahan terhadap benturan. Kelebihan lainnya adalah daya tahan yang baik terhadap air dan cenderung mudah dalam proses finishing. Biasanya WPC diaplikasikan sebagai material di area kamar mandi.

3 dari 4 halaman

Ukuran dari Papan Triplek

Ukuran standar dari triplek yang ada di Indonesia adalah 2400 mm x 1120 mm. Ukuran ini dihitung berdasarkan setiap lembaran yang ada dan telah menjadi standar yang ada sejak lama. Selain itu, dilansir dari Ukuran dan Satuan, papan tersebut pada umumnya mempunyai ketebalan yang bervariasi yaitu mulai dari 3 mm hingga 32 mm dan membuat Anda bisa sesuaikan sendiri dengan kebutuhan Anda.

Papan kayu yang diimpor dari negara lain mempunyai standar ukurannya yang berbeda. Anda harus memastikan ukurannya terlebih dahulu sebelum memesan papan tersebut agar tidak terjadi kesalahan ukuran ketika Anda memasangnya pada rumah Anda.

4 dari 4 halaman

Harga Triplek Terbaru 2021

Berikut ini ada beberapa daftar harga triplek yang bisa Anda jadikan patokan sebelum membelinya, yaitu :

1.    Jenis albasia dengan ukuran 3 mm - 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 52.000 - Rp. 167.500.

2.    Jenis sengon dengan ukuran 3 mm - 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 39.000 - Rp. 167.500.

3.    Jenis MDF dengan ukuran 9 mm - 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 100.000 - Rp. 180.000.

4.    Jenis meranti dengan ukuran 3 mm - 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 43.000 - Rp. 225.000.

5.    Jenis tunas dengan ukuran 3 mm - 12 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 39.000 - Rp. 130.000.

6.    Jenis palm dengan ukuran 3 mm – 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 41.000 – Rp. 165.000.

7.    Jenis blackboard dengan ukuran 15 mm – 25 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 140.000 – Rp. 190.000.

8.    Jenis particle board dengan ukuran 9 mm – 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 75.000 – Rp. 125.000.

9.    Jenis teakwood dengan ukuran 3 mm x 7 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 62.000.

10. Jenis teakwood dengan ukuran 4 mm x 8 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 75.000.

11. Jenis teakwood silver dengan ukuran 4 mm x 8 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 92.000.

12. Jenis plywood WPC dengan ukuran 5 mm – 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 259.200 – Rp. 709.200.

13. Jenis polyester atau melamin dengan ukuran 12 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 412.000.

14. Jenis HMCP dengan ukuran 15 mm – 18 mm, memiliki kisaran harga triplek Rp. 300.000 – Rp. 360.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini