17 Tempat Wisata di Batu Malang yang Instagramable, Wajib Dikunjungi

Oleh Husnul Abdi pada 19 Jul 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 19 Jul 2021, 18:30 WIB
Tempat Wisata di Batu Malang
Perbesar
Tempat Wisata di Batu Malang/ Sumber: upload.wikimedia.org

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Batu Malang merupakan destinasi yang cukup populer di Jawa Timur. Berkunjung ke Malang tidak lengkap rasanya bila belum ke Batu. Batu memberikan pengalaman wisata untuk segala usia, baik bagi orang dewasa, anak muda, hingga wisata keluarga.

Batu terkenal dengan alamnya yang indah. Hal ini tidak lepas dari lokasinya yang terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian rata-rata 700-2.000 m di atas permukaan laut. Suasana sejuknya memberikan kamu kenyamanan dan ketenangan.

Tempat wisata di Batu sangat lengkap, dari destinasi alam hingga destinasi modern bisa kamu kunjungi. Jika kamu ingin melakukan perjalanan wisata yang tenang dan nyaman, bisa berkunjung ke wisata alamnya yang memesona. Sementara itu, jika kamu ingin menikmati berbagai destinasi seru, kamu bisa ke destinasi kota yang modern.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021) tentang tempat wisata di Batu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Batu Malang

Museum Angkut
Perbesar
Museum Angkut

Alun-Alun Batu

Seperti banyak alun-alun di berbagai kota di Indonesia, alun-alun Batu makin semarak di Malam hari. Banyak pujasera dengan berbagai makanan khas Batu, street-food, serta wahana ferris wheel atau komedi putar yang bisa Kamu naiki untuk menikmati night view kota Batu dan Malang. Tak lupa ada jajanan terpopuler di Batu yakni Pos Ketan Legenda yang menyajikan kudapan berupa ketan dengan berbagai topping.

Museum Angkut

Museum Angkut adalah museum pertama di Asia Tenggara yang mengambil tema transportasi. Di tempat wisata di Batu Malang ini pengunjung dapat melihat perkembangan moda transportasi, dari yang menggunakan tenaga kuda hingga moda transportasi bertenaga listrik.

Museum ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Museum Angkut memiliki luas sekitar 3,7 hektar. Area tersebut dibagi menjadi beberapa zona. Zona yang ada seperti zona edukasi, zona Jepang, Zona Uni Eropa serta Zona Gangster & Broadway.

Batu Night Spectacular (BNS)

Tak seperti taman hiburan yang ada di Batu kebanyakan, Batu Night Spectacular atau BNS justru buka dari sore hingga tengah malam. Jam operasional resminya mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00.

Tempat wisata di Batu ini menawarkan beberapa wahana penguji adrenalin, taman lampion, hingga arena go kart. Harga tiket masuk ke BNS dipatok 20.000 Rupiah untuk hari biasa, serta 30.000 untuk akhir pekan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Batu Malang Pesona Alam

Taman Wisata Selecta.
Perbesar
Taman Wisata Selecta.

Selecta

Kawasan Batu di Kabupaten Malang adalah dataran tinggi berhawa sejuk dengan hamparan pemkamungan hijau di setiap sisi. Di sini ada Selecta, taman wisata dengan banyak spesies bunga cantik di dalamnya. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 25 ribu saja per orang. Apabila datang bersama rombongan, tiket masuknya jadi lebih murah lagi hanya Rp 20 ribu per orang.

Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian air panas Cangar terletak di Bumiaji kota Batu, yang mendapat sumber air panas dari Gunung Welirang. Temperatur yang tinggi di kolamnya baik dan berkhasiat untuk kulit.

Tempat wisata di Batu ini memang populer di siang hari, namun jam buka dari Cangar cukup fleksibel sehingga Kamu bisa datang di malam hari dan tak perlu berjubel dengan wisatawan lain untuk berendam. Harga tiket masuk Cangar dipatok 10.500 Rupiah belum termasuk parkir kendaraan.

Wisata Petik Apel

Batu dan Malang terkenal dengan produksi apel lokalnya yang biasa disebut dengan apel malang. Perkebunan apel dapat ditemui di kota Batu. Di sini terdapat wisata petik apel yang dikelola oleh warga sekitar yang dapat dinikmati wisatawan. Di sini wisatawan akan disuguhi oleh hamparan perkebunan apel yang segar. Selain itu wisatawan juga dapat memetik dan mencicipi sendiri apel dari pohonnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Batu Malang Pesona Alam

Bukit Paralayang, Batu
Perbesar
Bukit Paralayang, Batu

Paralayang Batu

Paralayang Batu merupakan tempat yang tepat bagi penggemar olahraga ekstrem paralayang. Dari sini wisatawan bisa menikmati alam dari ketinggian bukit. Tempat wisata di Batu ini juga banyak digunakan oleh para atlet paralayang untuk latihan bahkan melukukan kompetisi.

Omah Kayu

Omah Kayu berlokasi di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata di Batu Malang ini merupakan kawasan pegunungan yang sejuk dan asri. Omah Kayu menawarkan penginapan berupa rumah pohon yang unik. Rumah-rumah pohon ini bisa menjadi lokasi ciamik untuk berfoto.

Goa Pinus

Goa Pinus termasuk tempat wisata di Batu Malang kekinian. Tak jauh dari lokasi Omah Kayu, wisata Batu Malang satu ini bisa jadi pilihan menarik untuk mencari spot foto. Tempat ini dinamakan Goa Pinus karena terdapat sebuah gua bekas galian Jepang pada zaman dulu.

Taman Langit

Taman Langit merupakan wisata Batu kekinian selanjutnya. Taman Langit merupakan tempat populer untuk selfie di tengah deretan patung unik di depan pemandangan yang luas. Dari tempat ini juga kamu bisa menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Batu Malang Air Terjun

Coban Talun
Perbesar
foto: Instagram @indtravel

Coban Rondo

Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kabupaten Malang. Coban Rondo termasuk tempat wisata di Malang yang sangat populer. Fasilitas di Coban Rondo juga cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan masih banyak lagi. Di sini juga terdapat area labirin yang bisa menjadi tempat rekreasi menarik.

Coban Talun

Coban Talun berada di Desa Tulung Rejo Kecamatan Bumiaji, Batu. Pengunjung bisa mencapai air terjun itu dengan melakukan treking dan melewati Hutan Pinus yang sejuk. Air terjun setinggi 30 meter ini memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami.

Coban Rais

Coban Rais berada di Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl. Untuk menuju air terjun ini kamu perlu menyusuri hutan sejauh 7 km. Air terjun ini memberikan suasana sejuk menenangkan.

Coban Putri

Coban Putri merupakan tempat wisata di Batu Malang yang berada di Tlekung, Junrejo, Batu. Coban Putri memiliki air terjun bertingkat yang sangat eksotis. Selain air terjun, dari lokasi ini Kamu juga bisa menyaksikan indahnya pegunungan di Batu dari gardu pandang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tempat Wisata di Batu Malang Jatim Park

BKSDA Minta Spot Photo Satwa di Jatim Park Ditutup
Perbesar
Seekor anak Harimau Benggala yang baru lahir di Jawa Timur Park II pada Maret 2016 silam (Zainul Arifin/Liputan6.com)

Jatim Park 1

Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika No. 2 Batu. Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur. Beragam wahana dan atraksi yang bisa ditemukan antara lain seperti 360° Pendulum, Flying Tornado, Volcano Coaster, Science Center, hingga Galeri Etnik.

Jatim Park 2

Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa dengan koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa. Jatim Park 2 berada di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu. Selain kebun binatang dan museum satwa, zona menarik di Jatim Park 2 lainnya adalah Eco Green Park. Di sini terdapat wahana wisata edukasi yang menarik untuk anak.

Jatim Park 3

Jatim Park 3 mengandalkan taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan. Wisata Batu Malang ini berada di Jl. Ir Sukarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu. Jatim Park 3 mengusung tema dinosaurus sebagai daya tarinya. Tujuan wisata baru ini adalah memberikan edukasi sekaligus hiburan kepada pengunjung.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya