Sukses

6 Penyebab iPhone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya, Cegah Kerusakan

iPhone bisa cepat panas karena sejumlah alasan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab iPhone cepat panas bisa menandakan adanya masalah pada ponsel. iOS hingga saat ini adalah salah satu sistem operasi seluler paling tangguh. Beberapa versi iPhone bosa mengalami panas berlebih. IPhone atau iPad bekerja paling baik antara 0 °C dan 35 °C

iPhone memang punya manajemen daya dan panas otomatis. Namun, terkadang mereka juga bisa cepat panas karena sejumlah alasan. Penyebab iPhone cepat panas biasanya dipicu oleh penggunaan berlebihan. Selain itu, penyebab iPhone cepat panas juga bisa jadi tanda adanya masalah pada baterai.

Penyebab iPhone cepat panas dapat disebabkan oleh banyak faktor berbeda. Penyebab iPhone cepat panas yang mengindikasikan masalah biasanya dibarengi dengan kondisi lain seperti pengisian daya melambat atau berhenti, layar meredup, atau grafis tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab iPhone cepat panas ini bisa diatasi dengan beberapa cara. Berikut penyebab iPhone cepat panas dan cara mengatasinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(15/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Penyebab iPhone Cepat Panas

Prosessor bekerja terlalu berat

Jika kamu bermain game dengan grafis intensif, mengedit dan mengekspor video 4K, kamu mungkin akan melihat baterai cepat terkuras dan panas yang meningkat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tidak ada kipas untuk mendinginkan prosesor, seperti yang ditemukan di laptop dan PC desktop. Selain itu, casing aluminium iPhone tidak mampu mengeluarkan cukup panas dengan sendirinya.

Berada di tempat yang panas

Menyimpan iPhone di dalam mobil yang panas atau terkena sinar matahari langsung jelas merupakan sesuatu yang harus dihindari. Ini diperparah secara drastis jika ponsel memiliki casing hitam. Warna hitam menyerap semua panjang gelombang cahaya, tidak seperti warna putih yang memantulkan sebagian besar cahaya.

Ini akan menyebabkan panas yang berlebihan, yang dapat merusak baterai dan komponen lainnya. Karena itu, jika berada di tempat panas, simpan iPhone di bawah handuk berwarna terang atau di tempat teduh. Paparan panas yang terus-menerus dapat memengaruhi baterai iPhone dari waktu ke waktu. Saat terlalu panas, baterai tidak dapat menyimpan energi secara efisien sehingga kamu akan mulai merasakan kelambatan dalam kinerja ponsel.

3 dari 8 halaman

Penyebab iPhone Cepat Panas

Kerusakan baterai

Baterai yang rusak dapat mengeluarkan banyak panas. Jika kamu yakin ini masalahnya, segera matikan perangkat dan perbaiki. Sangat jarang hal ini menjadi masalah, karena iOS memiliki langkah-langkah yang harus diikuti jika terjadi kerusakan baterai – terutama, iOS meminta perangkat untuk dimatikan tanpa masukan pengguna.

Kamu dapat menjalankan diagnostik baterai untuk memeriksa tanda-tanda kegagalan baterai, cara menghindarinya, dan langkah-langkah untuk memperbaiki iPhone.

Menggunakan iPhone saat sedang diisi daya

Menggunakan iPhone saat sedang diisi dayanya dapat menjadi penyebab IPhone cepat panas. Ketika menggunakan ponsel saat mengisi daya, baterai mengisi daya lebih lambat dari biasanya. Meski tidak masalah menggunakannya saat sedang diisi daya, penggunaan berlebihan dapat memicu iPhone cepat panas.

4 dari 8 halaman

Penyebab iPhone Cepat Panas

Menggunakan GPS dalam waktu lama

Aktivitas intensif CPU seperti navigasi GPS bisa membuat prosesor bekerja keras. GPS dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas karena jumlah daya pemrosesan yang diperlukan. Banyak aplikasi juga meminta penggunaan GPS setiap saat. Menggunakan aplikasi yang membutuhkan sambungan GPS bisa jadi alasan iPhone cepat panas.

Streaming video HD atau bermain gim terlalu lama

Saat menonton video atau konten streaming langsung, layar ponsel tetap menyala sementara CPU dan GPU bekerja terus menerus. Hal ini meningkatkan konsumsi daya dan ponsel mungkin memanas, terutama saat data seluler sedang digunakan. Aplikasi streaming menghabiskan banyak daya CPU yang dapat menyebabkan panas berlebihan.

5 dari 8 halaman

Cara mengatasi iPhone yang cepat panas

Periksa penggunaan baterai

Buka aplikasi Pengaturan (settings). Ketuk Battery dan periksa penggunaan baterai aplikasi selama 24 Jam Terakhir dan 10 hari Terakhir. Lihat persentase keseluruhan, serta total waktu di layar dan di latar belakang untuk masing-masing aplikasi. Lalu, ketuk General > Background App Refresh. Nonaktifkan aplikasi yang menghabiskan sumber daya yang signifikan di latar belakang.

Hapus Aplikasi yang Tidak Stabil

Aplikasi yang terpasang di perangkat dapat macet di latar belakang saat berfungsi. Meskipun mungkin tidak terlihat, iPhone atau iPad akan tetap hangat atau terlalu panas dalam beberapa kasus ini. Meskipun sulit untuk menyelesaikan masalah ini, ada triknya.

Buka aplikasi Pengaturan. Ketuk Privacy > Analytics & Improvements > Data Analytics. Periksa data analitik aplikasi yang baru saja diinstal. Setelah menemukan aplikasi jahat segera hapus.

6 dari 8 halaman

Cara mengatasi iPhone yang cepat panas

Kurangi Kecerahan

Jika kecerahan layar di atas 50% atau lebih, perangkat bisa jadi cepat panas. Kamu harus mengurangi kecerahan untuk mengurangi panas.

Koneksi jaringan

Terkadang, koneksi jaringan yang buruk dapat memanaskan perangkat saat sedang mencari sinyal. Ini dapat terjadi di area dengan konektivitas jaringan yang buruk. Sampai meninggalkan area tersebut, kamu mungkin bisa beralih ke Mode Pesawat untuk mencegah pengurasan baterai dan peningkatkan panas yang tidak perlu.

7 dari 8 halaman

Cara mengatasi iPhone yang cepat panas

Nonaktifkan GPS

Jika mendapati ponsel terlalu sering kepanasan, nonaktifkan GPS. Jika ini tidak memungkinkan, tolak izin aplikasi untuk menggunakan GPS kecuali jika benar-benar diperlukan. Kamu juga dapat mengaktifkan mode hemat daya atau hemat baterai untuk menghentikan pembaruan GPS di latar belakang.

Jangan masukkan ke pendingan

Paling pasti jangan letakkan perangkat ke dalam lemari es atau freezer dengan harapan mempercepat proses pendinginan. Meskipun ini adalah metode untuk memecahkan masalah, itu akan lebih merusak daripada membantu. Karena peningkatan dan penurunan suhu yang cepat, kapasitas pengisian baterai secara keseluruhan akan turun karena kerusakan.

8 dari 8 halaman

Langkah yang bisa dilakukan ketika iPhone panas

Berikut langkah yang bisa dilakukan ketika iPhone panas:

- Lepas casing agar panas lebih mudah keluar

- Tutup semua aplikasi yang berjalan dan menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang

- Aktifkan mode daya rendah.

- Matikan Bluetooth

- Jauhkan perangkat dari lingkungan yang panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.