Sukses

7 Peralatan Dapur di Berbagai Negara Ini Unik Banget, Jarang Diketahui

Peralatan dapur di berbagai negara ini punya keunikan tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Beragam peralatan dapur sangat dibutuhkan untuk menyajikan makanan yang berbeda. Untuk menghasilkan setiap makanan, tentunya dibutuhkan peralatan dapur yang berbeda-beda. Pasalnya untuk satu makanan dan makanan lainnya biasanya alat yang digunakan tidaklah sama. 

Rupanya peralatan dapur di berbagai negara punya keunikannya tersendiri. Setiap makanan mempunyai makanan khas masing-masing, yang di mana makanan tersebut dibuat dengan menggunakan alat yang sulit ditemukan bahkan tidak ditemukan di negara lain.

Sederet peralatan dapur di berbagai negara dunia juga tentunya jarang diketahui oleh masyarakat dari negara lain. Pasalnya, jika datang berkunjung ke suatu negara, wisatawan hanya tertarik untuk mencicipi makanan khasnya tanpa mengetahui detail resep atau peralatan yang digunakan untuk memasak.

Bisa dikatakan, peralatan dapur di berbagai negara ini hanya bisa ditemukan di negara yang memang menciptakan makanan dengan peralatan dapur tersebut. Tak hanya bentuknya yang unik, fungsinya yang unik pun jarang diketahui.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang peralatan dapur di berbagai negara yang unik banget, Rabu (14/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tajine (Maroko)

Peralatan dapur unik yang pertama adalah tajine yang berasal dari Maroko. Tajine merupakan tembikar tanah liat tradisional Afrika Utara merupakan bagian integral dari masakan Maroko.

Bentuknya yang lonjong, membuat uap terakumulasi di bagian atas tutupnya terlebih dahulu sebelum kondensasi mengalir ke bawah dengan lancar. Proses ini diulang sampai hidangan benar-benar matang.

3 dari 8 halaman

2. Topper (Jerman)

Topper yang berasal dari Jerman ini biasa digunakan untuk telur. Telur rebus adalah bagian tak terelakkan dari sarapan Jerman. Tapi seringkali, telur tidak bisa dikupas dengan mudah dan akhirnya pengupasan kulit telur rebus ini tidak rapi.

Hal tersebutlah yang membuat orang Jerman yang inventif menggunakan peralatan dapur bernama topper ini. Topper membantu menghilangkan cangkang dari telur dengan rapi. Toppers bisa memiliki bentuk yang berbeda, tetapi fungsinya tetap sama. Ini adalah alternatif yang sempurna untuk sendok.

4 dari 8 halaman

3. Dolsot (Korea)

Dolsot adalah mangkuk batu tempat hidangan bibimbap disajikan. Makanan bernama bibimbap asal Korea tentunya sudah tak asing lagi bukan? Bahkan tak dipungkiri jika makanan ini juga menjadi makanan favorit masyarakat dari negara lain.

Makanan asal Korea bernama bibimbap ini terdiri dari nasi dengan daging dan sayuran. Hidangan yang disajikan di dolsot terus matang bahkan setelah dikeluarkan dari kompor. Itu sebabnya perlu untuk meletakkannya di atas tatakan gelas, agar tidak merusak meja.

5 dari 8 halaman

4. Pembuat Raclette (Swiss)

Peralatan dapur unik selanjutnya berasal dari Swiss. Peralatan dapur ini biasa digunakan oleh masyarakat Swiss khusus untuk memasak di rumah. Raclette adalah nama hidangan nasional, yang di dalamnya terdapat bahan utama keju. Keju harus dicairkan dan dimakan bersama sayuran atau daging.

Raclette sering dimasak di resor ski di mana mereka meletakkan kepala keju di dekat kisi-kisi. Untuk memasak hidangan ini di rumah, orang Swiss menggunakan pembuat raclette khusus untuk rumah.

6 dari 8 halaman

5. Paellera (Spanyol)

Paella adalah hidangan nasional Spanyol yang terbuat dari nasi dan makanan laut. Panci tempat hidangan ini dimasak disebut "paellera." Paellera ini diameternya cukup besar sehingga bisa digunakan untuk memasak dalam jumlah yang banyak. Lantaran bentuknya yang cukup besar sehingga bisa menyajikan makanan untuk keluarga dalam sekali masak saja.

7 dari 8 halaman

6. Labu (Amerika Selatan)

Peralatan dapur unik selanjutnya adalah berasal dari Amerika Selatan yang bernama labu. Hampir semua negara di Amerika Selatan mempunyai peralatan dapur unik yang bernama labu. Labu adalah mangkuk khusus untuk membuat teh mate. Sementara teh mate merupakan minuman tonik yang sangat populer di wilayah ini

The mate diseduh dalam labu, yang dipadukan dengan tabung yang disebut bombilla. Sisi tabung yang dicelupkan ke dalam mangkuk memiliki saringan saringan. Jika tidak menggunakan bombilla maka akan sangat tidak nyaman ketika diminum karena daun tehnya sangat kecil.

8 dari 8 halaman

7. Pembuat Pelmeni (Rusia)

Tradisi membuat pelmeni (pangsit) di rumah bersama seluruh keluarga masih dilestarikan oleh masyarakat Rusia. Untuk mempercepat proses, banyak orang menggunakan perangkat khusus. Ini membantu membuat pangsit lebih cepat dan dalam bentuk khusus. Perangkat khusus untuk membuat pelmeni ini tentunya memudahkan seseorang untuk membuat pangsit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.