Sukses

10 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Efektif, Perhatikan Pola Makan

Cara menurunkan berat badan dengan cepat ini harus dilakukan secara konsisten.

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan berat badan dengan cepat tergantung pada pola hidup seseorang. Asupan nutrisi, kebiasaan makan, olahraga, hingga istirahat merupakan beberapa faktor yang sangat penting diperhatikan agar berat badan turun dengan cepat.

Jika dapat mengatur berbagai faktor tersebut dengan baik, kamu tidak perlu menerapkan diet ketat yang bisa menyiksa tubuh. Makan makanan yang mengandung serat, mengurangi karbohidrat, serta mengonsumsi protein merupakan langkah yang penting dipraktikkan.

Cara menurunkan berat badan dengan cepat ini harus dilakukan secara konsisten. Menerapkan kebiasaan sehat dalam menurunkan berat badan tentunya lebih efektif dibandingkan melakukan diet ketat. Namun, hal ini hanya berlaku bila kamu berkomitmen dan menerapkannya secara disiplin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/7/2021) tentang cara menurunkan berat badan dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Memperhatikan Nutrisi

Kurangi Asupan Karbohidrat dan Gula

Cara menurunkan berat badan dengan cepat yang pertama adalah mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Ketika asupan karbohidrat dikurangi, rasa lapar akan turun, dan kamu biasanya akan makan kalori yang jauh lebih sedikit. Untuk menurunkan berat badan, kamu tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Cukup konsumsi karbohidrat kompleks dengan porsi yang terpantau.

Selain karbohidrat, gula juga perlu dikurangi saat ingin menurunkan berat badan. Makan banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara yang bagus untuk memperbaiki pola makan. Hindari konsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak gula.

Konsumsi Makanan Mengandung Serat

Cara menurunkan berat badan dengan cepat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi banyak serat alami. Makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang setelah makan.

Makanan berserat tinggi biasanya membuat kamu membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses mengunyah. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori. Kamu bisa mengonsumsi gandum dan buah-buahan segar pada pagi hari sebagai cara menguruskan badan dengan makanan berserat.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung memiliki berat badan ideal. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ampuh menguruskan badan. Selain air, nutrisi dan serat, buah dan sayur biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah, sehingga memungkinkan kamu untuk mengonsumsinya dalam porsi besar tanpa menghasilkan banyak kalori.

Konsumsi Protein

Diet tinggi protein dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Diet tinggi protein juga bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Tubuh membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein. Ini membuat diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Protein yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Minum Air Sebelum Makan

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat yang tak kalah penting adalah minum air sebelum makan. Hal ini disebabkan karena meneguk air sebelum makan dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang, sehingga terhindar dari makan dalam jumlah yang berlebihan.

Kamu bisa mencukupi kebutuhan minum air putih setiap harinya. Saat mulai merasa lapar, kamu bisa atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, kemudian tetap makan pada waktunya. Dengan begitu, jumlah kalori yang kamu konsumsi juga akan berkurang.

Jangan Tinggalkan Sarapan

Cara menurunkan berat badan dengan cepat juga bisa dilakukan dengan selalu makan pagi atau sarapan. Sarapan merupakan bagian yang sangat penting dalam menurunkan berat badan. Selalu mengonsumsi sarapan setiap paginya membuat keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat jadi berkurang.

Selain itu, sarapan tentunya dapat mengurangi rasa lapar kamu di siang harinya. Dnegan begitu, hal ini akan membuat keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan saat makan siang juga berkurang. Dengan berbagai manfaat tersebut, tentunya kamu bisa memahami betapa pentingnya sarapan sebagai cara menguruskan badan dengan cepat.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Memperhatikan Kebiasaan Makan

Makan Porsi Kecil

Cara menurunkan berat badan dengan cepat selanjutnya adalah dengan makan dalam porsi kecil. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik sebagai cara menguruskan badan dibandingkan makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, kamu juga perlu makan secara perlahan untuk mendukung penurunan berat badan. Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

Makan dengan Perlahan

Makan yang cepat atau terburu-buru bisa meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Orang yang makan lebih cepat juga lebih mungkin mengalami obesitas. Cobalah untuk makan berlahan. Mengunyah lebih lambat dapat membantumu makan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

Berjalan Setelah Makan

Jika malas berolahraga, maka ada solusi yang lebih sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat. Kamu bisa mencoba berjalan sepuluh menit setelah makan. Hal ini dapat membantu membakar beberapa kalori dengan cepat dan melancarkan pencernaan.

Para peneliti mengatakan bahwa jalan kaki setelah makan membantu membersihkan glukosa dari aliran darah, karena gula darah akan lebih banyak diambil oleh otot saat berjalan. Dengan begitu berat badan akan lebih terkontrol dan tubuh akan kurus secara alami.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga dan Istirahat

Tidur Cukup

Cara menurunkan berat badan dengan cepat tidak hanya bergantung pada makanan saja. Istirahat yang cukup juga sangat penting dalam proses ini. Hal ini karena saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat.

Hal inilah yang mengakibatkan kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Bahkan, beberapa penelitian menyabutkan bahwa kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab obesitas. Jadi, tidur yang cukup sangat penting sebagai cara menguruskan badan dengan cepat.

Tidur pada waktu yang sama setiap harinya sekitar 7-9 jam dapat membuat kamu mendapatkan istirahat yang berkualitas, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Olahraga Rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet. Cara menurunkan berat badan dengan cepat ini bahkan juga dapat memperlancar sistem peredaran darah, memperbaiki suasana hati, memperbaiki kualitas tidur, serta menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

Kamu bisa menerapkan berbagai jenis olahraga seperti bersepeda, berjalan kaki, hingga berenang yang efektif membakar kalori. Luangkanlah waktu setidaknya 30 menit tiap hari untuk berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini