Yuk, Jaga Kesehatan Mata Selama WFH

Oleh Reza pada 14 Jul 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 14 Jul 2021, 06:00 WIB
Mata
Perbesar
Ilustrasi lensa kontak. (unsplash.com/amandadalbjorn)

Liputan6.com, Jakarta Menatap laptop terlalu lama ketika work from home kerap membuat mata lelah. Jika terus dibiarkan mata akan mengalami gangguan. Mumpung di rumah saja, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata. Dilansir liputan6, berikut penjelasannya.

Beralih ke makanan sehat

Semua indera tubuh dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi. Jika selalu makan makanan sehat, tentu tubuh akan sehat, sebaliknya, tubuh akan mudah sakit jika terus mengonsumsi makanan tidak sehat.

Kamu memerlukan nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Makanan yang dianjurkan untuk kesehatan mata yakni sayuran berdaun hijau (bayam, kangkung, dan sawi), ikan (salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya), telur, kacang-kacangan, jeruk.

Jaga jarak dengan laptop

Menatap layar komputer selama bekerja di rumah akan menyebabkan beberapa penyakit mata misalnya ketegangan mata, penglihatan kabur, kesulitan fokus pada jarak jauh, mata kering, sakit kepala, nyeri leher, punggung, dan bahu.

Untuk melindungi mata ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan misalnya dengan menggunakan kacamata anti radiasi, gerakkan layar sehingga mata sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan Anda melihat sedikit ke bawah layar. Selain itu, istirahatkan mata setiap 20 menit. Bangunlah setidaknya setiap 2 jam dan istirahatlah selama 15 menit.

Rutin ke dokter mata

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil. Ini akan membantu melindungi penglihatan Anda dan memungkinkan melihat yang terbaik.

Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit, seperti glaukoma , yang tidak memiliki gejala. Penting untuk mengenali mereka sejak dini, saat mereka lebih mudah diobati.

Minum vitamin

Selain menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi aneka sayur dan buah, kamu juga membutuhkan tambahan vitamin yang berfungsi menjaga kesehatan mata.

Untuk vitamin, kamu perlu memilih yang mengandung lutein dan selenium yang dapat mendukung fungsi mata dengan melindungi mata dari perubahan makula.

Selain itu, pilih vitamin yang mengandung ekstrak tagetes erecta (Marigold) yang dapat menyaring blue light serta selenomethionine yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mata agar terhindar dari radikal bebas.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya