Turn Over Karyawan Anda Tinggi? Ini 9 Solusi yang Bisa Dipraktikkan

Oleh Rizky Mandasari pada 12 Jul 2021, 12:36 WIB
Diperbarui 12 Jul 2021, 12:59 WIB
Kantor dan tempat kerja
Perbesar
Ilustrasi kantor dan tempat kerja (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Tentu saja SDM ini berperan melakukan perencanaan, kebijakan, serta aktivitas lain yang kinerjanya menentukan perkembangan perusahaan.

Di sisi lain, kemajuan teknologi membawa arus perubahan yang kuat, menyebabkan lingkungan bisnis berubah semakin dinamis. Perubahan zaman menuntut beragam industri untuk terus berinovasi agar dapat bersaing lebih kompetitif. Akibatnya, perusahaan pun membutuhkan SDM yang berkualitas dan kompeten.

Namun tak sedikit perusahaan yang justru banyak ditinggal karyawannya. Beberapa alasannya antara lain mulai dari tidak kuat dengan sistem kerjanya, tidak bisa beradaptasi, bahkan banyak pula yang bosan dan merasa tidak berkembang.

Menyikapi permasalahan tersebut, sebenarnya perusahaan bisa memberikan program pelatihan kerja bagi SDM. Hal ini digunakan sebagai salah satu media yang efektif untuk memperbaiki performa dan meningkatkan kompetensi karyawan. Akan tetapi, hal ini menjadi kendala bagi perusahaan yang tersebar di Indonesia di mana memiliki banyak karyawan. Beragam kegiatan pelatihan kerja dinilai kurang efisien dan menyebabkan lemahnya efektivitas kinerja perusahaan.

Apalagi, di masa pandemi saat ini, pelatihan kerja dapat meningkatkan resiko penyebaran virus. Ada satu aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi LMS ruangkerja merupakan sebuah unit bisnis Ruangguru yang berfokus pada pelatihan SDM secara online, hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Banyak perusahaan yang telah bermitra dengan ruangkerja dalam memberikan pelatihan online bagi karyawan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.

Aplikasi ruangkerja dianggap sebuah solusi karena menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan secara efisien dan profesional. Berdasarkan rilis yang diterima Liputan6.com, berikut beberapa fitur unggulan aplikasi ruangkerja serta manfaatnya bagi karyawan dan perusahaan Anda, Senin (12/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Solusi Mengatasi Turn Over Karyawan Perusahaan yang Tinggi

karakter zodiak
Perbesar
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

1. Pelatihan Berbasis Digital

Kapasitas waktu dan tenaga perusahaan yang terbatas dalam memberikan pelatihan kerja dapat diatasi menggunakan aplikasi ruangkerja, sebuah platform pelatihan berbasis digital. Melalui ruangkerja, program pelatihan kerja akan mudah diakses karyawan. Mereka dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, langsung dari perangkat mobile, komputer, atau laptop. Dengan demikian, pelatihan akan jauh lebih efektif dan efisien.

2. Memungkinkan Personalisasi Materi Pelatihan dengan Mudah

Aplikasi ruangkerja memiliki fitur sistem manajemen konten untuk setiap mitra perusahaan. Sistem ini memberi keleluasan bagi perusahaan untuk mengelola materi pelatihannya dalam bentuk apapun, seperti video belajar, bank soal, dan lain sebagainya.

Anda dapat menyusun kelas-kelas pelatihan bagi karyawan secara runtut dan sistematis, sesuai kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Selain itu, Anda juga dapat membuat kelas pelatihan sendiri secepat apa pun yang Anda mau melalui Content Management System (CMS) ruangkerja yang sangat mudah.

3. Sistem Belajar yang Terstruktur dan Up-to-Date

Melalui fitur learning journey, materi belajar disusun secara terstruktur dan sistematis. Fitur ini sangat berguna bagi karyawan atau profesional yang sibuk dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berbasis mobile. Tampilan ruangkerja yang menarik dan user friendly membuat peserta pelatihan nyaman saat menggunakan aplikasi ini.

Semua informasi penugasan pelatihan dan pengingat untuk menyelesaikan kelas akan terkirim secara otomatis melalui email maupun push notification. Hal ini membantu peserta agar selalu up-to-date dengan informasi yang diberikan perusahaan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Solusi Mengatasi Turn Over Karyawan Perusahaan yang Tinggi

Terlalu Banyak Bicara Tetapi Sedikit Bertindak
Perbesar
Ilustrasi Bekerja Credit: unsplash.com/You

4. Kolaborasi dengan Kelompok Secara Online

Di aplikasi ruangkerja, peserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya terkait materi pelatihan melalui fitur forum diskusi. Mereka pun dapat bertanya kepada para ahli mengenai materi yang mereka pelajari. Fitur ini memberikan kemudahan bagi peserta untuk memaksimalkan pemahaman materi, meskipun pelatihan kerja dilakukan secara online.

5. Memudahkan Pemantauan Proses dan Hasil Pelatihan

Perusahaan dapat memantau progres dan hasil pelatihan para peserta dengan mudah melalui fitur monitoring dashboard. Dashboard di aplikasi ruangkerja akan menampilkan data terbaru terkait jalannya pelatihan yang dilakukan peserta beserta hasil penilaian yang mereka peroleh. Tentunya, fitur ini membantu Anda dan Management Team dalam mengambil keputusan.

6. Menyesuaikan Pelatihan dengan Role-based Access Control

Fitur role-based control berfungsi untuk mengatur hak akses masing-masing karyawan sesuai jabatan (role) pada Content Management System (CMS) ruangkerja. Dengan role-based control, tidak semua data bisa diakses oleh peserta. Artinya, peserta hanya dapat mengakses data-data atau materi yang sesuai dengan jabatannya. Hal ini bertujuan untuk keamanan data serta mencegah penyalahgunaan data yang tersimpan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Solusi Mengatasi Turn Over Karyawan Perusahaan yang Tinggi

karakter zodiak
Perbesar
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

7. User Grouping dan Enrollment Peserta Pelatihan

Agar pelatihan peserta dapat berjalan secara efisien dan profesional, ruangkerja menyediakan fitur grouping. Fitur ini akan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok (group) berdasarkan posisinya di perusahaan. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan enrollment peserta secara massal.

8. Meningkatkan Performa Karyawan

Aplikasi ruangkerja dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam menyelesaikan materi yang diberikan. Reward points merupakan salah satu fitur yang mampu memicu antusiasme peserta pelatihan.

Melalui fitur ini, peserta dapat memperoleh poin setelah menyelesaikan modul pelatihan yang ditugaskan. Selain itu, ada juga fitur leaderboard yang dapat mendorong peserta untuk menyelesaikan materi sebaik mungkin dan menjadi yang terbaik di kelas. Bagi peserta yang sudah menyelesaikan seluruh rangkaian materi pelatihan, mereka akan mendapatkan sertifikat digital yang dapat diunduh dan dicetak.

9. Menghemat Investasi dan Waktu Implementasi

Dengan bermitra bersama ruangkerja, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan pelatihan pekerja. Subscription model melalui cloud ruangkerja akan menghemat biaya investasi perusahaan, dibandingkan harus membuat sistem pelatihan sendiri.

Data karyawan dan materi perusahaan disimpan dalam cloud storage ruangkerja. Hal ini tentunya akan mempercepat waktu implementasi. Anda juga tidak perlu khawatir mengalami kebocoran data karena ruangkerja dilengkapi dengan SSL Security yang mampu menjaga seluruh konten dan data Anda.

Banyak sekali fitur-fitur ruangkerja yang dapat mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaan Anda. Aplikasi ruangkerja juga telah mendapat banyak review dan respon positif dari para penggunanya. Aplikasi ini mendapat rating app sebesar 4.8/5.0 dan engagement rate penggunaan social learning 94.8%. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap metode dan pelaksanaan kegiatan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya