Sukses

12 Manfaat Toner untuk Wajah dan Cara Memilih Sesuai Jenis Kulit

Toner sangat penting dalam perawatan wajah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat toner sangat penting dalam perawatan wajah. Toner termasuk bagian dari perawatan kulit sehari-hari. Manfaat toner memiliki peran dalam merawat kulit secara keselurhan.

Menambahkan toner wajah skincare harian seringkali bisa menjadi kunci untuk tampilan kulit bercahaya dan lebih segar. Manfaat toner untuk wajah berfungsi sebagai double cleansing. Toner bisa digunakan sebelum tidur saat membersihkan wajah.

Manfaat toner efektif membersihkan kulit dari kotoran dari hanya sekadar sabun pembersih. Manfaat toner juga membuat kulit lebih terlindungi dari tekanan lingkungan. Manfaat toner bisa dirasakan oleh semua jenis kulit.

Berikut manfaat toner untuk wajah dan cara memilih sesuai jenis kulit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(8/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat toner untuk wajah

Membersihkan

Manfaat toner yang utama adalah membersihkan kulit. Toner membantu membersihkan residu facial foam, sisa kotoran dan polusi dari kulit dan menjadikannya lebih sehat dan cerah. Toner akan menghilangkan sisa riasan yang terlewatkan oleh pembersih biasa. Plus, toner dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di siang atau malam hari.

Melembapkan

Toner dapat membantu mengembalikan kelembapan pada kulit dan menjaganya agar tidak terasa dan terlihat kering. Banyak dari produk toner yang diresapi dengan bahan-bahan pelembab seperti asam hialuronat yang menjaga kulit tetap lembab, elastis, dan awet muda.

3 dari 8 halaman

Manfaat toner untuk wajah

Menyegarkan

Selain membersihkan, manfaat toner berperan sebagai penyegar kulit. Toner berperan untuk membersihkan kulit dari kotoran, bekas riasan, minyak berlebih, dan bahkan membuat kulit terus terhidrasi. Efek ini membuat kulit jauh lebih segar dan terhindari dari kulit kering.

Menghidrasi

Saat menggunakan sabun pembersih, proses ini dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, menjadikannya kering dan gatal. Toner dapat membantu menjaga hidrasi kulit agar tetap lembap dan segar. Toner wajah memberikan hidrasi pada kulit yang penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembaban dan penampilan yang lebih muda.

Hidrasi kulit yang tepat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan memberikan dasar yang efektif untuk aplikasi kosmetik wajah. Banyak toner wajah juga menyediakan vitamin dan nutrisi kulit penting lainnya untuk menjaga kulit tetap sehat dan seimbang.

4 dari 8 halaman

Manfaat toner untuk wajah

Seimbangkan pH kulit

Manfaat toner membantu melindungi mantel asam yang menjaga keseimbangan pH. Toner dapat digunakan untuk menyeimbangkan kadar asam dengan cepat. Tingkat pH menunjukkan tingkat keasaman kulit. Pada skala 0-14, 7 adalah level netral pH kulit. Namun, pH optimal kulit manusia adalah 5,5. Keringat dan sebum yang dilepaskan oleh kulit membentuk mantel asam yang melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi.

Mengecilkan pori-pori

Menggunakan toner wajah akan mengencangkannya secara teratur, mencegah kotoran, minyak, dan polusi masuk dan menyumbat. Pori-pori kulit yang besar adalah tempat kotoran dan polusi masuk ke kulit, menyebabkan penyumbatan dan jerawat.

5 dari 8 halaman

Manfaat toner untuk wajah

Angkat minyak berlebih

Manfaat toner saat membersihkan wajah juga membantu mengangkat minyak berlebih. Ini cocok bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Menerapkan toner dengan bola kapas dapat membantu membersihkan minyak berlebih dan membuat wajah bercahaya tanpa kilap minyak yang mengganggu.

Melindungi kulit

Toner bermanfaat menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut asap dan residu kimiawi lainnya dari kulit. Bahan-bahan pelindung dalam toner dapat membantu menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV dan menjaga kulit tampak sehat.

Toner dapat membantu menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel setelah pembersihan, mengurangi penetrasi kotoran dan kontaminan lingkungan ke dalam kulit. Toner juga bisa melindungi dan menghilangkan klorin dan mineral yang ada dalam air.

6 dari 8 halaman

Manfaat toner untuk wajah

Cegah jerawat

Manfaat toner juga penting untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas jerawat. Pembersihkan dengan toner juga aan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari. Toner mencegah penumpukan kotoran di pori-pori dan mengurangi sekresi minyak dan sebum yang berlebihan. Ketika kulit bersih dan jernih, tidak ada ruang untuk pembentukan jerawat.

Bantu proses perawatan kulit

Toner dapat membantu memaksimalkan produk perawatan kulit lainnya dengan memungkinkannya menyerap lebih efektif. Toner membantu meningkatkan kemanjuran produk perawatan kulit lainnya. Mereka memastikan bahwa kulit siap menyerap semua kebaikan dari produk-produk skin care lainnya. Karenanya, jangan hilangkan toner dari rutinitas perawatan kulit dan pilih yang sesuai dengan jenis kulit.

7 dari 8 halaman

Manfaat toner untuk wajah

Mengencangkan kulit

Toner wajah adalah peremajaan yang luar biasa. Toner membantu membuat kulit tampak lebih kencang. Toner dapat membantu menyeimbangkan kulit berminyak, mengencangkan pori-pori, dan meminimalkan kilau dan sarat dengan bahan anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Kunci untuk riasan yang tampak lebih baik

Toner juga dapat meningkatkan tampilan riasan dengan membantunya menempel lebih baik di kulit lebih lama. Mempersiapkan kulit dengan toner yang meningkatkan kilau dan melindungi kulit.

8 dari 8 halaman

Cara memilih toner sesuai jenis kulit

Kulit berminyak

Semua toner dapat membantu memerangi minyak berlebih. Namun untuk hasil yang maksimal, cobalah mattifying toner yang mengandung salicylic dan glycolic acid untuk pengelupasan kulit. Niacinamide adalah bahan yang baik untuk dicoba jika ingin mengecilkan pori-pori.

Kulit berjerawat

Jika kamu rentan terhadap noda atau berjerawat parah, carilah formula yang ringan dan lembut. Sebaiknya jauhi toner berbahan dasar alkohol. Cobalah toner dengan satu atau dua asam alfa hidroksi untuk mengangkat kulit mati dan mengurangi minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Kulit kering

Jenis kulit kering membutuhkan toner yang mengandung humektan. Humektan adalah bahan yang ditemukan dalam losion dan pembersih yang menghidrasi kulit dengan menarik molekul air seperti magnet. Hindari bahan-bahan keras, seperti alkohol, yang dapat mengeringkan kulit. Sebagai gantinya, cari bahan yang menenangkan dan melembapkan seperti asam hialuronat, vitamin E, dan gliserin.

Kulit kombinasi

Pilih toner dengan formula yang akan menghilangkan minyak berlebih sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi. Saat mempertimbangkan produk lain, cari antioksidan bergizi dan asam lembut seperti hialuronat, salisilat, dan asam laktat.

Untuk kerusakan akibat sinar matahari atau tanda-tanda penuaan lainnya

Antioksidan adalah bahan utama untuk memerangi tanda-tanda penuaan. Untuk kulit yang rusak atau memiliki tanda penuaan, piih toner yang mengandung vitamin C dan E yang bisa melindungi kulit. Kandungan ini juga bisa bekerja untuk memperbaiki beberapa kerusakan. Asam hialuronat juga penting untuk tampilan terhidrasi, sementara asam glikolat dapat mengelupas dan mendorong produksi kolagen.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini