Sukses

7 Cara Membuat Obat Herbal dari Bahan Dapur, Bisa Sembuhkan Batuk

Cara membuat obat herbal untuk batuk bisa menjadi alternatif murah dan mudah di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat obat herbal untuk batuk bisa menjadi alternatif murah dan mudah di rumah. Kamu hanya perlu menggunakan bahan-bahan dapur yang biasanya sudah tersedia. Selain itu, pembuatannya juga sangat mudah, biasanya tinggal ditambahkan air saja.

Obat herbal tradisional ini tentunya bisa menjadi bahan alami utama untuk meringankan gejala batuk yang sedang kamu alami. Hal ini menjadi alternatif sebelum kamu membeli obat batuk nonresep ke apotek atau supermarket.

Cara membuat obat herbal sangat mudah dipraktikkan. Menilik manfaatnya yang bisa meredakan berbagai jenis batuk dan juga meredakan beberapa masalah pernapasan, tidak ada salahnya mencoba menggunakan obat herbal dari bahan alami ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/7/2021) tentang cara membuat obat herbal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Obat Herbal dari Jahe dan Kunyit

Jahe

Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai obat herbal adalah jahe. Meminum jahe yang telah dilarutkan ke dalam air hangat atau teh dapat membantu meredakan gejala batuk.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antibakteri dan antivirus yang dimiliki oleh jahe, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dalam saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga merupakan zat analgesik (pereda nyeri) alami yang dapat memberi efek menghangatkan tubuh.

Sensasi hangat dari bahan tradisional ini membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan, batuk berdahak pun akan mereda. Tak hanya itu, jahe sebagai obat batuk alami mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk kering.

Cara membuat obat herbal dari jahe ini juga sangat mudah. Kamu tinggal melarutkannya dalam air hangat saja. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya dengan air perasan lemon, teh, ataupun madu. Kemudian, minumlah dua kali sehari selama mengalami batuk.

Kunyit

Obat herbal lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan batuk adalah kunyit. Kunyit dipercaya dapat mengurangi gejala batuk menerus, terutama untuk obat batuk kering alami.

Cara membuat obat herbal dari kunyit juga tidak sulit, kamu tinggal menghancurkan kunyit menjadi bubuk halus dan mencampurkannya ke dalam satu gelas susu panas.

Kunyit dapat meredakan gejala batuk karena memiliki curcumin yang memiliki sifat antiradang. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk melawan partikel asing penyebab infeksi di saluran pernapasan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Obat Herbal dari Madu dan Lemon

Madu

Cara membuat obat herbal dari madu juga tidak sulit dan bisa menjadi alternatif meredakan batuk. Kamu bisa minum satu sendok teh madu secara langsung dalam keadaan perut kosong.

Selain itu, bisa juga mencampurnya ke dalam susu atau teh herbal dengan perasan lemon. Kombinasi madu dan lemon bisa lebih baik menyembuhkan batuk karena membantu melancarkan pergerakan udara di saluran pernapasan.

Kandungan yang dimiliki madu bisa efektif menyembuhkan penyakit batuk jika dikonsumsi secara rutin. Zat analgesik yang terdapat pada bahan alami ini mampu menghentikan infeksi pada penyakit yang menyebabkan batuk kering maupun batuk berdahak.

Lemon

Lemon juga bisa menjadi salah satu obat herbal yang kamu konsumsi untuk meredakan batuk. Sebagai obat batuk, lemon mampu mengurangi radang yang terjadi di bagian tenggorokan, sekaligus memberi asupan vitamin C untuk tubuh.

Vitamin C berguna untuk meningkatkan kekuatan sistem daya tahan tubuh dalam membasmi infeksi kuman, termasuk infeksi yang berlangsung di saluran napas yang menjadi penyebab batuk.

Cara membuat obat herbal untuk batuk dengan lemon yaitu mencampurkan satu sendok teh perasan lemon dengan satu sendok teh madu. Minumlah beberapa kali dalam sehari. Cara lain mengonsumsi lemon sebagai obat batuk adalah dengan mencampurkan lada dan madu ke dalam air perasan lemon.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Obat Herbal dari Bawang Putih, Garam, dan Cuka Apel

Bawang Putih

Sifat antimikroba yang terdapat dalam bawang putih mampu menghentikan infeksi ataupun iritasi yang menimbulkan dahak. Hal itu berkat senyawa allicin yang dapat membasmi bakteri dan virus di dalam tenggorokan.

Cara membuat obat herbal dari bawang putih adalan dengan mencampur bawang putih halus, madu, serta teh. Minumlah larutan obat batuk ini paling tidak dua kali sehari untuk meredakan batuk dan rasa sakit di tenggorokan.

Air Garam

Salah satu obat herbal yang bisa kamu gunakan untuk meredakan batu adalah air garam. Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan. Garam  juga bisa membantu mengencerkan dahak yang menggumpal di belangkang tenggorokan, sehingga batuk lebih reda.

Cara membuat obat batuk dari larutan garam yaitu, masukkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, lalu aduk hingga larut. Kemudian berkumurlah menggunakan larutan ini setiap tiga jam sekali selama 3-4 kali dalam sehari.

Cuka Apel

Zat antibakteri dalam cuka apel mampu memecah gumpalan lendir dan mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakannya sebagai obat herbal untuk batuk.

Cara membuat obat herbal dari cuka apel adalah dengan mencairkan 1-2 sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air. Kemudian, berkumurlah dengan larutan ini dan minum secara langsung.

Ulangi cara ini secara berturut-turut selama satu sampai dua kali dalam satu jam. Sebelum berkumur dengan larutan obat batuk tradisional dari cuka apel selanjutnya, minumlah air putih sebanyak-banyaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini