Sukses

Halusinasi 3 Hari Setelah Makan Mi Rebus Pakai Daun Kecubung, Jangan Ditiru

Daun kecubung digunakan secara tradisional sebagai obat di Asia Tenggara tetapi tanaman ini juga dikenal berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Dua kreator konten Indonesia membuat video mukbang unik. Dalam video yang diunggah di kanal YouTube mara FM itu, dua pria ini memakan mi rebus yang dicampur dengan daun kecubung. Alih-alih menikmati, kecubung yang mereka campur ke dalam mi menjadi bumerang setelah mengalami halusinasi selama tiga hari berturut-turut setelah mukbang.

Tampak dua pria sudah menyiapkan beberapa bungkus mi instan dan daun kecubung di atas meja. Mereka siap memasak dua bahan itu dan melahapnya. "Mukbang, daun kecubung bro sama mie biar kita tambah gila," kata pria dengan wajah penuh tato.

Dalam video yang telah ditonton hampir 1,5 juta kali tersebut, memperlihatkan kedua pria itu merebus mie instan dengan daun kecubung sebelum mencicipinya. "Kita mau coba daunnya dulu bro. Kalau buahnya nanti mabok. Kita nggak tunjukin pohonnya ya takutnya nanti bocil (anak kecil) ikut petik dan makan," ucap mereka.

Awalnya, mereka mengatakan bahwa campuran daun dengan mi instan membuat rasa kuahnya cukup pahit. Bahkan, kuahnya malah berubah menjadi kehijauan setelah dicampur. Usai memakannya, kreator YouTube itu mengalami gejala yang tak terduga. Penasaran?

Dilansir Liputan6.com dari World of Buzz, berikut kisah lengkap duo mukbangers yang halusinasi 3 hari setelah makan mi rebus pakai daun kecubung, Senin (5/7/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keracunan

Aksi nekat duo mukbangers ini berakhir memilukan. Mereka mengalami keracunan setelah makan mie rebus dengan daun kecubung, tanaman obat tradisional yang bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Usai merasa kepahitan, mereka kemudian menambahkan beberapa kerupuk ke dalam campuran untuk membuat rasanya lebih netral. Setelah beberapa gigitan, keduanya berkomentar bahwa rasanya masih pahit dan daunnya membuat tenggorokan kering dan sakit.

"Tenggorokannya sakit, ya, kayak seret gitu. Badan juga jadi keringetan," ujar salah satu mukbangers.

Setelah selesai makan, keduanya terlihat sangat mabuk. Mereka kemudian mengklarifikasi bahwa setelah mukbang, mereka berdua menderita halusinasi selama 3 hari berturut-turut. Wajar saja karena daun kecubung diketahui memiliki efek berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

 

 

3 dari 4 halaman

Kandungan Kecubung

Departemen Pertanian Malaysia sebelumnya telah berbagi tentang tanaman kecubung pada tahun 2015 di mana mereka mengatakan bahwa tanaman itu beracun tetapi memiliki sifat obat tertentu yang dapat bermanfaat bagi manusia.

Kecubung, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai tanduk malaikat atau terompet setan adalah tanaman yang berasal dari Cina yang telah digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional.

Tanaman ini mengandung hyosin, oksalat, lemak dan hyosiamine yang beracun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Itu bisa menyebabkan ruam kulit, migrain, halusinasi, kejang, kram dan bahkan membuat seseorang koma. Beruntung, keduanya hanya menderita halusinasi dan bukan sesuatu yang lebih buruk.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video berdurasi 23 menit yang bertajuk "Kapok! Makan mie kecubung sampai lupa ingatan selama 3 hari" ini menuai beragam komentar dari warganet.

Secara alami, daun maupun buah kecubung mengandung zat yang berefek halusinasi. Jadi tolong, jangan pernah coba ini di rumah ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini