Percaya Hilangkan Kutu dengan Mandi Kunyit, Kucing Ini Malah Mirip Lebah

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 04 Jul 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2021, 16:00 WIB
Percaya Hilangkan Kutu dengan Mandi Kunyit, Kucing Ini Malah Mirip Lebah
Perbesar
Percaya Hilangkan Kutu dengan Mandi Kunyit, Kucing Ini Malah Mirip Lebah (Sumber: mStar)

Liputan6.com, Jakarta Memelihara hewan di dalam rumah kerap menjadi hal yang dilakukan oleh banyak orang. Berbagai hewan dapat menjadi pilihan untuk dipelihara dan dirawat di dalam rumah. Seperti burung, kucing, ikan dan lain sebagainya. Salah satu hewan peliharaan yang paling populer di kalangan pecinta binatang adalah kucing.

Hewan peliharaan yang satu ini menjadi pilihan banyak orang karena sifatnya yang jinak, lucu dan menggemaskan. Namun memelihara kucing tentunya juga memiliki banyak kendala dalam perawatannya. Seperti kutu yang membandel dan sulit dihilangkan dari tubuh kucing. Berbagai cara kerap dilakukan untuk menghilangkan kutu yang ada pada kucing

Seperti yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga asal Malaysia ini. Wanita bernama Afiffah Roslan itu melihat kutu beranak-pinak di tubuh kucing kesayangannya. Ia pun mencoba mencari cara untuk membasmi kutu-kutu tersebut. Hingga akhirnya ibu rumah tangga berusia 31 tahun itu menemukan cara tradisional untuk menghilangkan kutu kucing pada sebuah video di TikTok.

Cara tersebut tergolong unik, karena menggunakan air kunyit. Afiffah mencoba mempraktekkan cara tersebut dan memandikan kucing kesayangannya yang bernama Lolo dengan air kunyit. Cara tersebut rupanya cukup ampuh untuk menghilangkan kutu pada kucing. Namun yang mengejutkan dan bikin tertawa adalah bulu si kucing malah berubah menjadi berwarna kuning.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Serbuk Kunyit Terlalu Banyak

Percaya Hilangkan Kutu dengan Mandi Kunyit, Kucing Ini Malah Mirip Lebah
Perbesar
Percaya Hilangkan Kutu dengan Mandi Kunyit, Kucing Ini Malah Mirip Lebah (Sumber: mStar)

Afiffah membagikan foto anabul kesayangannya itu di sebuah grup Facebook. Ia mengatakan usahanya memandikan kucing dengan air kunyit membuahkan hasil. Kutu yang hinggap di tubuh sang kucing seketika keluar saat dimandikan dengan air kunyit. Namun rupanya kunyit yang ia pakai terlalu banyak, hingga membuat kucing kesayangannya berwarna kuning.

"Sepertinya ini kelebihan kunyit, sebab video yang saya lihat di TikTok tidaklah pekat (warna kuning pada kunyit) seperti ini," ungkap Afiffah seperti dikutip Liputan6.com dari mStar, Minggu (4/7/2021).

"Mama minta maaf ya karena jadiin kamu kuning," tambah ibu rumah tangga yang tinggal di Beranang, Selangor ini dengan rasa menyesal.

Foto unggahan Afifah tersebut menarik perhatian warganet. Banyak yang mengatakan Lolo yang kini sudah bebas dari kutu tersebut seperti seekor lebah. Bagaimana tidak, bulu kucing bernama Lolo itu yang tadinya bercorak hitam dan putih kini berubah menjadi hitam dan kuning bak seekor lebah.

Afiffah mengatakan, kucingnya yang baru berusia setahun tersebut memang dipelihara di dalam rumah, namun juga sering keluar untuk bermain. Ia juga telah mencoba menghilangkan kutu kucingnya dengan menggunakan obat kutu.

"Sebelumnya saya juga menggunakan obat kutu yang saya beli di Shopee tapi sudah habis.

"Mau pesan obat kutu lagi tapi sampainya lama. Kucing ini tidur dengan kami dan anak saya, jadi saya takut anak kena gatal-gatal," tutur ibu dari tiga orang anak ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Warna Kuning Hilang dalam Seminggu

Menurut Afiffah, cara membasmi kutu tersebut ia ambil dari sebuah video TikTok dari Indonesia. Ia juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan kunyit tersebut untuk memandikan kucing.

"Saya taruh serbuk kunyit campur garam kasar, masukkan dalam wadah setelah itu campurkan air dan mandikan Lolo." kata Afifah.

Menurutnya, Lolo adalah kucing persia campuran kucing kampung yang kini menjadi satu-satunya peliharaan di keluarganya. Beruntung, warna kuning pada bulu Lolo tak bertahan terlalu lama. Afifah berkata, setelah hampir seminggu, warna kuning pada kucingnya itu kian memudar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya