Sukses

5 Cara Membuat Buku Sendiri, Cepat Selesai dan Laris Terjual

Cara membuat buku sendiri membuat penulis harus memikirkan modal mencetak, layout, cover, ISBN buku, dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat buku sendiri bukan sesuatu hal yang mustahil dilakukan. Ini bisa dijadikan alternatif bagi penulis yang ingin mandiri menjual bukunya. Hanya saja, modal cara membuat buku sendiri juga tidak sedikit.

Dibanding dilirik oleh penerbit, cara membuat buku sendiri akan jauh lebih membutuhkan usaha. Selain penulis akan disibukkan menyiapkan naskah, cara membuat buku sendiri membuat penulis harus memikirkan layout, cover, dan ISBN buku yang akan diterbitkan sendiri.

Meski begitu, cara membuat buku sendiri tetap bisa dipermudah. Bagaimana caranya? Berikut sudah Liputan6.com ulas penjelasan cara membuat buku sendiri yang cepat selesai dan bisa laris terjual dari berbagai sumber, Minggu (4/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Buku Sendiri

1. Mulai Menyiapkan Naskah

Cara membuat buku sendiri bisa di mulai dari menyiapkan naskahnya. Apa yang akan diterbitkan bila naskahnya tidak ada? Nah, naskah yang bisa disesuaikan dengan minat penulisnya.

Bila penulis ingin cara membuat buku sendiri khusus novel, buatlah naskah novel. Bila penulis ingin cara membuat buku sendiri khusus pengetahuan dan teori, pastikan strukturnya tidak berantakan dan isinya lengkap.

Dalam proses menyiapkan naskah cara membuat buku sendiri, pastikan penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Ini kunci dari keberhasilan cara membuat buku sendiri. Jangan asal membuat isi meski diterbitkan sendiri.

Bila hal ini tidak diperhatikan, maka bisa dipastikan kerugian akan menghampiri diri sendiri.

2. Melakukan Penyuntingan

Untuk proses penyuntingan, lebih direkomendasikan dilakukan oleh selain penulis. Cara membuat buku sendiri ini pun membuat proses penerbitan bisa lebih cepat dirampungkan. Penyuntingan naskah meliputi tanda baca, peletakan kalimat, dan lain sebagainya.

Meski lebih direkomendasikan dilakukan oleh selain penulis, bukan berarti penyuntingan cara membuat buku sendiri tidak bisa dilakukan oleh penulis itu sendiri. Hanya saja penulis harus menyediakan banyak jeda setelah menyiapkan naskah, yang kemudian harus menyunting.

Kesalahan penulisan akan sulit dikenali oleh penulis itu sendiri bila tidak disertai jeda penyuntingan. Cara membuat buku sendiri dengan proses penyuntingan sendiri juga lebih hemat biaya penerbitan. Boleh dicoba!

3. Menyiapkan Modal

Cara membuat buku sendiri dilakukan secara mandiri, termasuk soal biaya penerbitan dan mencetak. Mengenai berapa jumlah biaya yang diperlukan cara membuat buku sendiri, lakukan survei ke lapangan dan tanyakan.

Satu hal yang perlu dipahami sebelum menyelesaikan cara membuat buku sendiri, jumlah ketebalan naskah buku yang akan diterbitkan dan jenis kertasnya sangat memengaruhi besaran modalnya.

Pilihlah tempat mencetak buku yang sekiranya sudah menawarkan paket lengkap, ini sangat memudahkan penyelesaian cara membuat buku sendiri. Pasti ada percetakan yang selain bisa mencetak buku, juga bersedia membuat layout, sampul, hingga ISBN-nya.

4. Menyusun Layout dan Cover

Proses menyusun layout buku sendiri hanya perlu dijadikan perhatian bagi yang bisa menyelesaikannya sendiri. Desain buku yang dilakukan sendiri tentu akan sangat menghemat biaya mencetak bukunya. Selain itu, perhatian desain cover yang nantinya bisa menarik minat pembaca.

Cover buku menentukan keberhasilan cara membuat buku sendiri yang laris di pasaran. Bagian cover adalah satu bagian buku yang bisa dijadikan media promosi penulis buku itu sendiri. Jadi, cara membuat buku sendiri bagian cover harus dirancang sedemikian matang.

Sesuaikan font tulisan, judul, gambar, dan warna buku yang akan dijual.

5. Mengurus ISBN

ISBN (International Standard Book Number) merupakan identifikasi unik buku yang terdiri dari 13 angka. Buku dengan ISBN jauh lebih dihargai oleh pembacanya dibanding yang tanpa ISBN. Lembaga yang mengelola ISBN buku adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Tidak perlu khawatir mengenai biaya cara membuat buku sendiri bagian mengurus ISBN. Pembiayaan ISBN untuk satu judul buku sudah digratiskan atau tanpa biaya sama sekali sejak tahun 2011.

Hal yang perlu dipersiapkan cara membuat buku sendiri bagian ISBN adalah penulis harus mendaftarkan nama penerbit ke tim ISBN atau KDT Perpustakaan Nasional RI. Lalu akan diberikan formulir berupa surat pernyataan dengan stempel penerbit disertai bukti legalitas akta notaris penerbit.

Bila sudah, cara membuat buku sendiri agar segera mendapat ISBN adalah tinggal mengajukan permohonan tersebut. Jangan lupa lampirkan foto kopi halaman judul lengkap nama pengarang, penerbit, daftar isi, kata pengantar, dan bukti transfer biaya administrasinya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Buku Novel

1. Pertama Tentukan Genre

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca pertama adalah tentukan genrenya. Mulai dari yang romantis, misteri, komedi, horor, dan inspiratif. Bagi pemula, cara membuat novel yang menarik untuk dibaca lebih baik pilih genre yang disukai dan paling diminati.

Pentingnya cara membuat novel yang menarik untuk dibaca dengan menentukan genre terlebih dahulu agar penulis lebih fokus dalam membuat novel. Selain itu, genre novel akan mempengaruhi segmentasi atau target pembaca. cara membuat novel yang menarik untuk dibaca untuk menentukan genre novel tepat pada target pasar dan banyak diminati adalah umumnya melakukan survei.

2. Mulailah dengan Menyajikan Konflik

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca kedua mulailah dari penyajian konflik. Tujuan dari cara membuat novel yang menarik untuk dibaca ini agar pembaca merasa penasaran. Banyak yang merasa kesulitan menciptakan konflik, salah satu cara membuat novel yang menarik untuk dibaca dengan menciptakan konflik adalah membuat masalah.

Sama halnya dengan hidup nyata manusia, tanpa permasalahan hidup, hidup terasa hambar. Lalu apa saja yang membuat seseorang berhamburan keluar rumah selain sebuah permasalahan dan kehebohan? Mulailah cara membuat novel yang menarik untuk dibaca dengan menyajikan konflik, ya.

Konflik yang ada dalam novel bermacam-macam bentuknya. Meski sebenarnya ada yang disuguhkan di awal dan akhir cerita, adapula yang disuguhkan ditengah-tengah saja. Jika disuguhkan di awal cerita, biasanya tokoh utama akan menghadapi suatu konflik dan dia gagal. Namun di konflik yang ke-2 (akhir) tokoh utama bisa jadi menang (karena ada juga yang tetap gagal).

3. Pilihlah Sudut Pandang yang Sesuai

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca ketiga adalah memili sudut pandang yang sesuai keinginan penulis. Sudut pandang seorang penulis dalam menyajikan sebuah cerita ini penting. Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca ini nantinya akan mempengaruhi hasil tulisan.

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca terkait dengan penentuan sudut pandang dibagi menjadi tiga hal, sebagai berikut:

- Orang Pertama: Sudut pandang orang pertama penempatkan pembaca sebagai tokoh utama. Tanda sudut pandang orang pertama menggunakan “Aku.”

- Orang Kedua: Sudut pandang orang kedua, pembaca menjadi bagian di dalam cerita, namun bukan sebagai tokoh aku. Melainkan sebagai tokoh penggembira yang terlihat dengan tokoh “aku.”

- Orang Ketiga: Sudut pandang orang ketiga diposisikan sebagai orang lain atau penonton.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Buku Novel

4. Perhatikan bagian Penokohan

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca keempat adalah mengembangkan bagian penokohan. Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca sangat penting memiliki tokoh. Di dalam novel, penokohan ibarat sebagai ruh, novel dengan memiliki beberapa tokoh di dalamnya akan menghidupkan ceritanya itu sendiri.

Bisa dikatakan, cerita novel tanpa adanya tokoh akan datar-datar saja dan tidak hidup, karena tidak ada emosi yang diciptakan di dalamnya. Bentuk penokohan untuk novel sendiri dibagi menjadi beberapa hal. Ada tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis.

Pada tokoh protagonis, tokoh yang menjadi pendukung utama dari cerita tersebut. Tokoh protagonis cenderung memiliki watak yang baik dan membutuhkan tokoh pendukung satu atau dua orang. Pada tokoh antagonis, tokoh yang di setting memiliki watak jahat bagi pembacanya.

Ciri tokoh antagonis ini dibenci oleh dua figure tokoh yang menentang karakternya. Kalau tritagonis, merupakan tokoh pembantu antara tokoh antagonis dan protagonis. Penokohan ini tidak banyak ditemui, bisa mencoba untuk menghadirkannya di dalam novelmu.

5. Susun Alur Cerita

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca kelima adalah menentukan alur atau plot ceritanya. Alur atau plot cara membuat novel yang menarik untuk dibaca ini sangat penting dimiliki pada novel karena bagian tubuh dari novel. Tentunya melihat plot yang indah ibarat melihat tubuh yang indah dalam sebuah cerita.

Tubuh yang terlalu rumit untuk dilihat terkadang membuat plot di dalamnya memusingkan. Jadi memang cara membuat novel yang menarik untuk dibaca bagian alur cerita harus diperhatikan betul, ya. Ada tiga jenis alur atau plot dalam novel sebagai berikut:

- Plot maju: plot ini paling mudah dan paling umum digunakan oleh penulis, karena plot ini pasti akan berjalan maju ke depan terus. Penulis dapat memasukkan flashback dalam plot ini, asalkan tidak mendominasi cerita. Sebab, jika cerita didominasi oleh flashback, maka plot tersebut dapat berubah menjadi plot mundur ataupun maju.

- Plot mundur: ciri-ciri plot mundur biasanya diawali dengan hasil klimaks di depan. Pembaca dalam hal ini akan dibuat bingung dengan situasi yang tiba-tiba sudah terjadi. Seolah-olah ending cerita ada di halaman awal.

- Plot maju-mundur: plot ini biasanya digunakan di dalam novel-novel fiksi. Hanya saja, kamu harus memiliki keahlian khusus dan ketelitian tinggi agar pembaca tidak dibuat pusing dengan cerita di dalamnya. Biasanya plot maju-mundur memiliki presentase plot maju dan mundur sekitar 50:50.

6. Perhatikan Settingnya

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca keenam adalah menentukan setting. Setting sangat penting dalam sebuah novel, bagian ini diibaratkan sebagai panggung yang kamu gunakan untuk sebuah pertunjukan. Perhatikan, cara membuat novel yang menarik untuk dibaca bahwa setting tetap memiliki batasan dan aturan sendiri pada setiap jenis setting yang digunakan.

Tips cara membuat novel yang menarik untuk dibaca bagian setting adalah dengan menciptakan dunia baru milik kamu sendiri. Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca ini memerlukan imajinasi yang tinggi dan memadukan realita dan fiksi. Imajinasi yang terlalu kompleks justru akan menyebabkan pembaca sulit menggambarkan imajinasi, sementara yang dangkal akan membosankan.

7. Sajikan Bagian Klimaks dan Pertegas Amanatnya

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca ketujuh adalah memberikan penyakian klimaks cerita. Tentu cara membuat novel yang menarik untuk dibaca bagian ini sangat ditentukan oleh penulis. Akan lebih menyenangkan bila cara membuat novel yang menarik untuk dibaca bagian ini menyuguhkan sesuatu yang tak terduga.

Meski demikian, cara membuat novel yang menarik untuk dibaca bagian klimaks menyuguhkan sesuatu yang diinginkan pembaca juga tak ada salahnya. Ada banyak cara membuat pembaca ketagihan membaca novelmu. Selain bagian isi cerita novel, bagian klimaks menentukan seberapa populer novel tersebut nantinya.

8. Membuat Penegasan Amanat

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca terakhir adalah membuat penegasan amanat. Biasanya amanat dalam novel ada yang disampaikan secara langsung atau tersurat dan ada yang tersurat melalui sebuah dialog. Buat sesuai dengan keinginan penulis, tuliskan semenarik mungkin. Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan pengarang kepada para pembaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini