21 Destinasi Wisata Indonesia yang Terkenal dan Mendunia, Penuh Pesona

Oleh Husnul Abdi pada 30 Jun 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 30 Jun 2021, 20:15 WIB
Dunia bawah laut
Perbesar
Keindahan dunia bawah laut | pexels.com/@w-w-299285

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Indonesia yang populer terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari destinasi pegunungan, kebudayaan, hingga pantai. Dari puncak gunung yang sejuk dengan pemandangan yang begitu memesona, hingga alam bawah laut yang alami dengan ikan warna-warni bisa kamu temukan.

Kekayaan pariwisata Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa menemukan destinasi yang unik dari Sabang hingga Merauke. Bahkan, pariwisata Indonesia begitu terkenal di dunia, sehingga banyak yang menyempatkan diri berkunjung.

Destinasi wisata Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini karena di setiap pulau besar, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua terdapat berbagai destinasi wisata yang elok. Kamu tinggal memilih destinasi wisata seperti apa yang kamu inginkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (30/6/2021) tentang destinasi wisata.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Destinasi Wisata Indonesia Bawah Laut

Ilustrasi keindahan bawah laut.
Perbesar
Ilustrasi keindahan bawah laut. (dok. Kracmar/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Potensi wisata Indonesia yang terkenal salah satunya adalah keindahan alam bawah laut. Berikut beberapa destinasi wisata untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia:

- Raja Ampat

Raja Ampat mulai dikenal sebagai surga tersembunyi di Timur Indonesia. Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, gundukan pasir, dan beting yang mengelilingi empat pulau utama yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Destinasi wisata Indonesia satu ini menjadi tujuan utama para penggemar pesona bawah air. Wilayah Raja Ampat meliputi 9,8 juta hektar tanah dan laut, rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Raja Ampat menjadi kekayaan laut yang paling beragam di dunia.

- Gili Trawangan

Lombok menjadi daya tarik wisata yang tak kalah eksotis dari Bali sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. Jajaran pantai, gugusan pulau kecil, dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, pulau Lombok menjadi paket lengkap untuk berlibur di kawasan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, Lombok juga terkenal dengan Gili yang dimilikinya. Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak. Lombok memiliki lebih dari 20 Gili. Tiga yang paling diminati wisatawan adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

- Bunaken

Taman Nasional Bunaken termasuk dalam International Heritage yang menjadi favorit para penyelam. Bunaken terkenal dengan underwater great walls atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar berbentuk vertikal dan melengkung ke atas.

- Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan gugusan pulau yang keindahannya sudah memikat dunia internasional. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di kepulauan Derawan adalah spesies ubur-ubur yang tidak berbahaya. Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan ubur-ubur ini.

Pemandangan baik di daratan maupun pemandangan di bawah laut kepulauan derawan ini benar-benar sangat mengagumkan. Pantai dengan pasir putih dan lautan yang biru dan sangat jernih sehingga menjadi lokasi diving yang sangat populer saat ini baik untuk penyelam lokal maupun penyelam dari laur negeri. Dengan memiliki lebih dari 30 gugusan pulau yang begitu indah membuat atensi wisatawan semakin hari semakin besar kepada Kepulauan Derawan ini.

- Wakatobi

Kabupaten Wakatobi telah ditetapkan sebagai Taman Laut Nasional. Wakatobi memiliki total 1,4 juta hektar, 900.000 hektar di antaranya dihiasi dengan berbagai jenis spesies terumbu karang tropis. Wakatobi dikenal secara luas memiliki jumlah spesies terumbu dan ikan tertinggi di dunia.

Pulau-pulau ini juga terkenal sebagai penghalang karang terbesar di Indonesia, kedua setelah Great Barrier Reef di Australia. Tidak heran Wakatobi menjadi salah satu destinasi wisata alam Indonesia terbaik.

Wakatobi menjadi pusat penyelaman yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Ada lebih dari 50 situs menyelam spektakuler yang mudah diakses dari pulau-pulau utama. Wakatobi sendiri dikatakan memiliki 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang dari total 850 koleksi dunia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Destinasi Wisata Indonesia Kebudayaan

Rambu Solo
Perbesar
Rambu Solo, ritual kematian dalam masyarakat adat Tana Toraja. (dok. Istimewa/Liputan6.com)

- Tana Toraja

Indonesia memang kaya akan adat dan budaya yang menarik mata dunia. Salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal akan kekayaan tradisi budayanya adalah  kabupaten Tana Toraja. Terletak di Sulawesi Selatan dikawasan pegunungan yang indah, kamu bisa melihat uniknya keseharian dan tradisi masyarakat adat Tana Toraja.

Selain keindahan arsitektur tradisional rumah Tongkonan, wisatawan juga bisa mengamati tradisi unik upacara kematian yang dikenal sebagai Rambu Solo yang biasanya diselenggarakan pada Juli dan Agustus. Keunikan dari tradisi ini menjadikan Tana Toraja sebagai tempat wisata asal Indonesia yang memiliki daya tarik mendunia.

- Candi Borobudur

Salah satu ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia lainnya adalah Candi Borobudur. Sebagai candi Budha terbesar di dunia dengan luas tak kurang dari 123 X 123 meter, candi yang dibangun pada masa kerajaan Mataram kuno ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitektur yang memukau.

Setiap tahunnya, tak cuma wisatawan domestik tetapi banyak juga wisatawan asing yang tertarik untuk mengamati keindahan dari Candi Borobudur. Berbagai relief yang menceritakan mengenai berbagai ajaran dalam agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga mencapai pencerahan sempurna bisa ditemukan di tempat wisata favorit asal Indonesia ini. Candi Borobudur sendiri memiliki total tak kurang dari 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief pada dinding-dindingnya.

- Pura Besakih

Pura yang berdiri megah di ketinggian 915 kaki di kaki Gunung Agung ini terlihat mengagumkan dengan gaya arsitektur khas Bali yang memukau. Bangunan yang dibangun sejak abad ke-10 Masehi ini menjadi pusat kegiatan spiritual Hindu Dharma di Pulau Dewata. Dengan segala fitur yang dimiliki Pura Besakih, tidak aneh jika situs ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO sejak selamat dari erupsi Gunung Agung pada tahun 1963.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Destinasi Wisata Indonesia Danau

Papua
Perbesar
Danau Sentani di Kabupaten Jayapura. (Liputan6.com / Tarsi Acex)

Indonesia juga punya bentang alam indah berupa danau. Danau-danau ini terbentuk dengan berbagai cara, mulai dari letusan gunung berapi atau fenomena alam ribuan tahun lalu. Berikut destinasi danau indah di Indonesia:

- Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Danau kawah besar ini memiliki sebuah pulau hampir seukuran Singapura di tengahnya yaitu pulau Samosir. Pulau Samosir menjadi destinasi untuk belajar sejarah, seperti kuburan batu dan desa tradisional.

Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut memiliki iklim sejuk, jauh dari panas, kelembaban, dan polusi kota. Pada akhir tahun warga sekitar biasa menggelar Festival Danau Toba.

- Danau Sentani

Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau terluas di Papua ini memiliki 21 buah pulau kecil yang ditinggali oleh SUku Sentani. Di danau ini juga terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Destinasi Wisata Indonesia Konservasi

Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).Foto Istimewah
Perbesar
Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).Foto Istimewah

Keanekaragaman bentang alam yang tersebar, membuat Indonesia memiliki banyak lokasi cagar alam atau konservasi. Cagar alam ini bertujuan melindungi flora dan fauna agar terhindar dari kepunahan. Berikut destinasi wisata konservasi di Indonesia yang bisa dikunjungi:

- Taman Nasional Komodo

Terletak di antara pulau Sumbawa dan Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo menjadi Taman Nasional Komodo, kadal terbesar di dunia yang hanya dapat ditemui di wilayah ini. Pada tahun 1986, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia dan Cagar Manusia serta Biosfer oleh UNESCO.

Taman Nasional Komodo meliputi total 29 pulau vulkanik termasuk 3 pulau utama Rinca, Padar dan Komodo. Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini merupakan rumah bagi sekitar 2.500 Naga Komodo dan fauna darat lainnya.

Medan taman ini unik dan beragam, terdiri dari lereng pegunungan, hutan hujan tropis, padang rumput hutan, dan pantai berpasir putih bersih. Lingkungan laut di Taman Nasional Komodo adalah salah satu yang terkaya di dunia dalam flora dan fauna.

- Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera merupakan lokasi pelestarian untuk beberapa spesies yang hampir punah seperti harimau sumatera, orangutan sumatera, gajah sumatera dan badak sumatera bercula dua. Hutan Hujan Tropis terbagi menjadi beberapa area, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

- Taman Nasional Way Kambas

Destinasi wisata Indonesia di Pulau Sumatera ini adalah Taman Nasional Way Kambas di Lampung. Bagi kamu yang menyukai kegiatan alam yang seru dan menyenangkan bisa mengunjungi taman nasional ini. Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Way Kambas tentunya adalah tempat konservasi gajah yang sangat terkenal. Kamu tentunya harus mengunjungi tempat ini setidaknya sekali seumur hidup.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Destinasi Wisata Indonesia Pegunungan

Gunung Rinjani
Perbesar
Meski tidak sepopuler jalur pendakian Senaru dan Senalun, Torean oleh masyarakat lokal kerap digunakan “jalan singkat” untuk langsung sampai ke Danau Segara Anak. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Indonesia dikelilingi oleh gunung berapi baik aktif maupun tidur. Kawasan pegunungan di Indonesia menjadi destinasi wisata alam menarik yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut destinasi wisata pegunungan yang terkenal di Indonesia:

- Rinjani

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangannya. Salah satu daya tarik terbesar Rinjani adalah Danau Segara Anak dengan warna biru lautnya.

- Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo merupakan kawasan pegunungan eksotis di Jawa Tengah. Dieng adalah dataran tinggi yang curam dan terjal, tetapi ditanami oleh berbagai macam tanaman dan sayuran.

- Gunung Bromo

Gunung Bromo tentunya tidak boleh dilupakan sebagai destinasi wisata Indonesia terbaik. Tak berbeda jauh dengan pemandangan Gunung Semeru yang indah, Bromo menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas.

Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini tidak terlalu tinggi, kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Selain itu kamu juga dapat berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda. Bromo mungkin salah satu wilayah yang paling tidak boleh dilewatkan bagi kamu pecinta wisata alam.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Destinasi Wisata Indonesia Pantai

Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali
Perbesar
Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Indonesia memiliki jajaran pantai cantik dan eksotis. Pantai-pantai ini menjadi potensi destinasi wisata alam Indonesia yang banyak menarik wisatawan. Berikut beberapa pantai terindah yang ada di Indonesia:

- Nusa Penida

Salah satu tempat wisata Indonesia terbaik dari Pulau Bali adalah Nusa Penida. Nusa Penida sekarang tentunya sangat banyak diminati wisatawan. Apalagi dengan keindahan yang ditawarkan oleh Nusa Penida dengan berbagai pantai uniknya. Tidak salah bila Nusa Penida menjadi salah satu destinasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan. 

Nusa Penida cocok dijadikan destinasi liburan pelepas penat. Keindahan pemandangan alam pantai yang asri dengan pengalaman bermain air yang sangat seru bisa kamu dapatkan. Berbagai destinasi menarik bisa kamu kunjungi seperti Pantai Kelingking, Angel’s Billabong, Pantai Atuh, Pasih Uug (Broken Beach), Crystal Bay, hingga Mata Air Tembeling.

- Pantai Pink

Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

- Pantai Ora

Destinasi wisata Indonesia di Maluku yang memiliki keindahan tiada tara adalah Pantai Ora di Seram Utara. Dengan pantai yang dihiasi oleh pegunungan, laut biru yang jernih serta pepohonan yang rindang, panorama alamnya membuat siapa saja betah tinggal di sini. Selain pemandangan yang luar biasa indahnya, pondok-pondok yang eksotik menambah keunikan Pantai Ora.

- Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi dikenal dengan bebatuan granit raksasa di sepanjang pesisirnya. Pantai Tanjung tinggi diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Keistimewaan dari pantai berpasir putih ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

- Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu destinasi wisata alam Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Pantai ini bahkan masuk dalam 17 besar World’s 100 Best Beaches In The World oleh CNN pada 2016 lalu. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air super jernih, dan panorama matahari terbenam yang cantik.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya